Ada banyak cara untuk optimasi seo onpage salah satunya dengan cara optimasi postingan artikel untuk seo onpage, dan untuk melakukan optimasi artikel agar bisa terindeks di google ini memang gampang gampang susah tergantung jenis niche yang dipilh serta artikelya itu sendiri. Untuk optimasi konten postingan website silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini yang bisa digunakan agar postingan yang diterbitkan sesuai dengan standar SEO yang ada di mesin pencarian google.

A. Panjang Artikel

Untuk panjang dari artikel yang disarankan oleh google yakni 300 kata tidak termasuk judul. Tetapi dengan jumlah 300 kata terlalu sedikit karena website lain rata-rata menggunakan minimal 400 kata. Jadi pastikan kata dalam artikel yang dibuat minimal jumlahnya 300 tidak termasuk judul. Untuk judul dari postingan sangat disarankan untuk memiliki jumlah huruf dalam rentang 30-60 huruf.

B. Susunan Artikel

Susunan artikel postingan website yang baik adalah dengan adanya subjudul dengan menggunakan ukuran heading 2 dan kemudian menggunakan ukuran paragraf untuk isi dari konten subjudul. Untuk paragraf pastikan masing masing per satu paragraf maksimal terdapat 150 kata, karena jika lebih dari itu kurang bagus untuk dibaca apalagi saat di device smartphone.

C. Link Internal Artikel

Dalam postingan artikel yang bagus biasanya tersisip sebuah link internal dari website yang kita miliki, tetapi tidak boleh lebih dari 3 link. Untuk link yang bisa disematkan adalah halaman web, postingan artikel, kategori artikel, tags artikel yang sudah ada dalam website. Untuk link eksternal atau link website dari luar dalam satu postingan maksimal tidak lebih dari 5 link eksternal.

D. Gambar dan media

Dalam postingan yang baik minimal terdapat 1 gambar utama untuk dijadikan featured image. Dan gambar yang diupload harus dibuatkan keterangan atau deskripsi sesuai dengan kata kunci dalam sebuah artikel tersebut. Untuk penamaan gambar bebas asalkan tidak asal asalan dalam menamai gambarnya misalkan shfgnhsrhrcsklnflans.jpg

Artike Lainnya  Cara install NodeJS dan NPM di Ubuntu 18.04

Empat point diatas merupakan dasar untuk membuat artikel postingan di website yang baik secara teknis SEO. untuk penggunaan kata dalam artikel tersebut juga disarankan tidak untuk terlalu banyak menggunakan kata sambung. Setelah itu kita akan langsung mencoba posting artikel dalam website secara langsung.

Disarankan agar setiap hari ada postingan baru minimal satu artikel jadi jika mempunyai banyak tulisan untuk diposting dalam website bisa diposting jadwalkan yang sudah ada fiturnya didalam website. Langsung saja menuju langkah pertama untuk cara memposting artikel yang baik.

  • Siapkan file tulisan yang akan diposting, untuk format tulisan yang bisa diposting adalah .docx. Selain itu tidak bisa. Jika mempunyai tulisan dalam format .pdf, .doc tidak bisa diposting dan harus di convert terlebih dahulu menjadi dokumen .docx. Setelah itu kita masuk menu admin website dan klik menu post dan kemudian klik Add New.

postingan artikel seo onpage

Maka akan terlihat tampilan seperti ini (dengan tampilan desktop, disarankan untuk memposting dengan komputer/laptop daripada dengan smartphone). Dan langsung saja di scroll kebawah hingga seperti gambar dibawah ini. Hingga menemukan Mammoth .doxc converter. Silahkan klik telusuri atau cari file artikel di komputer yang akan diposting.

Kemudian setelah terimport maka ada tampilan seperti dibawah ini dari mammoth converternya. Dengan cara ini tidak perlu untuk copy paste satu per satu dari gambar maupun tulisan artikel. Tinggal klik insert to editor maka otomatis akan tersusun dieditor secara otomatis.

postingan artikel seo onpage

Dan setelah masuk di editor postingan maka selanjutnya akan mengedit artikel agar sesuai dengan teknis SEO.

  • Setelah masuk editor maka kita tinggal memasukan judul postingan artikel yang sesuai, singkat, padat, dan jelas. Seperti dibawah ini.

Nanti kita bisa cek berapa panjang judul yang kita buat dari indikator yoast yang berada dibagian akhir/bawah postingan. Biasanya dari warna hijau bagus, kuning kurang/lebih panjang, dan merah sudah melebihi panjang yang disarankan, walaupun melebihi saran tetap bisa digunakan judul tersebut.

Tampilan indikator hijau diatas dari judul yang diketik tidak lebih dari 60 huruf. Kemudian kita juga wajib mengisi meta description yang kosong itu dengan kata kata rangkuman sendiri yang mengandung Focus keyphrase. Untuk panjang dari meta description tidak lebih dari 150 huruf. J

Artike Lainnya  Macam macam Grip Mouse atau cara memegang mouse

ika lebih maka indikator bar berwarna orange, karena biasanya gogle hanya mau menerima meta description maksimal 150 huruf. Pengisian meta description setelah mengisi judul, dan slug (slug merupakan alamat url web yang mudah untuk dibaca, mengetiknya dengan menggunakan tanda atau strip tidak bisa dengan spasi atau underline)

  • Setelah judul di isi kemudian harus ditentukan sebuah Focus keyphrase. Ini berfungsi untuk menargetkan kata kunci pencarian di google, dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Focus keyphrase harus maksimal 4 kata, Focus keyphrase wajib berada di paragraf pertama artikel, kemudian berada di judul, di dalam meta deskripsi, slug (url postingan) dan juga harus berada di deskripsi gambar yang akan masukan untuk menunjang artikel tersebut.

cara mengisi Focus keyphrase cukup scrol ke bagian akhir postingan artikel yang bernama Yoast Seo. sepeti yang ada digambar ini.

Dalam studi kasus ini kita menggunakan Focus keyphras adalah “membuat filter stroy instagram”. Maka kata kata tersebut harus berada di paragraf pertama artikel, di deskripsi dan nama gambar, serta berada di meta deskripsi. Yoast SEO akan mengambil preview tampilan dari meta deskripsi serta gambar yang berada di featured image. postingan artikel seo onpage

Nah setelah memastikan Focus keyphras berada di 4 tempat tadi maka kita akan menambahkan Focus keyphras kedalam gambar postingan serta berada di Featured image.

  • Untuk menambahkan Focus keyphras dalam gambar cukup klik gambar yang akan kita isi dan kemudian klik gambar pensil yang berada sebelah kanan. Dan kemudian isikan kata kuncinya berada di Alternative Text dan juga Image Title Attribute seperti gambar dibawah ini. Kolom merah itu yang wajib disi kemudian pada Caption tidak wajib untuk di isi karena tuliusan yang berada dikolom tersebut akan tampil dalam postingan. Dan kolom Caption ini biasanya di isi untuk menyatakan urutan nomor prosedur dalam artikel disertai contoh dibawah ini.

Kemudian untuk menambahkan featured image sebagai preview post, maka silahkan menuju tab sebelah kanan diblok post scroll hingga menemukan featured image dibawah kolom tag dan post.

Artike Lainnya  Tips dan trik Perawatan Laptop agar bersih

Kemudian pilih gambar yang diinginkan dan juga jangan lupa untuk mengisi semua kolom yang ada di gambar dengan kata kunci yang telah kita tentukan sebelumnya.

postingan artikel seo onpage

optimasi meta gambar

berbeda dengan gambar yang ada dalam postingan, fungsi dari featured image ini tidak akan terlihat caption dan description maka kita bisa isi semua kolom dengan kata kunci yang ada. Dan itulah cara menyeting SEO gambar agar nantinya dimesin pencarian google image akan muncul gambar dari website kita dan langsung menuju ke website.

  • Kemudian jangan lupa jika diperlukan ditambahkan link internal dan juga link eksternal, tetapi jika dalam artikel tidak dibutuhkan maka tidak usah ditambahkan. Cara untuk menambahkan link dalam tulisan artikel cukuplah mudah, tinggal blok kata yang ingin disematkan link kemudian klik insert link di editor dan paste link yang akan ditambahkan

Seperti yang sudah dijelaskan untuk internal link boleh namadomai.com/nama-artikel, namadomai.com/tag/nama-tag, dan juga namadomai.com/category/nama-kategori. Dan untuk link eksternal bebas tetapi sesuai dengan peraturan yang ada diatas tadi.

  • Dan yang terakhir wajib menambakan kategori dan tag dalam setiap postingan. Untuk kategori dan tag bisa dilihat dalam submenu post. Cara menambahkanya di menu blok kanan diatas featured image tadi, untuk kategori tinggal klik kemduian untuk tag tinggal ketik saja. Bisa ditambah atau dihapus sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat tag tidak diperlukan tanda pagar (#) tinggal ketik tag dan kemudian tambahkan koma (,) maka secara otomatis membuat tag sendiri. Untuk kategori tinggal seusuaikan saja.
  • Setelah semuanya diatur baik artikel, gambar, dan post option maka selanjutnya tinggal di publikasikan saja dengan cara klik tombol Publish yang berada di sebelah kanan atas. Atau jika ingin menjadwalkan postingan artikel tersebut bisa klik immediatly dan silahkan pilih tanggal serta jam penjadwalan publikasinya.

Nanti setelah memilih waktu penjadwaalan otomatis tombol publish berganti menjadi tombol schedule .

Itulah cara optimasi postingan artikel seo onpage. postingan artikel juga bisa dilihat indikator seberapa artikel itu bagus menuru Yoast, ada warna hijau, orange, dan juga merah. Minimal artikel yang akan diposting berwarna orange dan jika bisa indikator seo menjadi hijau.

postingan artikel seo onpage