Mungkin kalian mempunyai video yang ingin dirubah format filenya, Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Video memiliki banyak sekali format atau tipe, biasanya masing-masing format sudah dioptimalkan untuk perangkat yang berbeda.

seperti contoh mp4, 3gp, mkv, dan lain sebagainya. Misalnya untuk laptop lebih sering menggunakan format AVI atau MPEG, kemudian untuk ponsel biasanya 3GP atau MP4.Setiap format tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, antara satu dengan yang lain tidaklah sama. Itu sebabnya beberapa perangkat tidak dapat memutar video dengan format tertentu. Untuk mengatasinya, Anda perlu meng-convert atau mengubah format video ke dalam format yang didukung oleh perangkat yang hendak digunakan. Nah, di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara mengubah format video.

Sebenarnya Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, meskipun dilakukan oleh orang awam sekalipun. Tapi kebanyakan dari kita tidak tahu , berikut caranya.

1. Format Factory

cara mengubah format video

  • Pertama, silahkan unduh dan install Format Factory.
  • Jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Klik pada Video lalu pilih format yang akan digunakan.
  • Setelah Anda klik format video, Anda akan dialihkan ke jendela baru. Silahkan Tambahkan File video (lihat nomor 1), pada Folder Keluaran silahkan pilih folder untuk menyimpan video tersebut. Jika sudah, langsung klik Ok.
  • Langkah terakhir, klik pada video tersebut lalu pilih Mulai. Silahkan tunggu proses sampai selesai, lamanya tergantung ukuran video Anda.
  • Jika proses selesai, video akan tersimpan di folder yang Anda pilih sebelumnya.
Artike Lainnya  Mengenal jenis format file video atau film

2. Online Converter

Pertama, silahkan unduh dan install Format Factory.  Jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Klik pada Video lalu pilih format yang akan digunakan.  Setelah Anda klik format video, Anda akan dialihkan ke jendela baru. Silahkan Tambahkan File video (lihat nomor 1), pada Folder Keluaran silahkan pilih folder untuk menyimpan video tersebut. Jika sudah, langsung klik Ok. Langkah terakhir, klik pada video tersebut lalu pilih Mulai. Silahkan tunggu proses sampai selesai, lamanya tergantung ukuran video Anda. Jika proses selesai, video akan tersimpan di folder yang Anda pilih sebelumnya.

Di internet, terdapat bermacam-macam situs yang menawarkan jasa untuk mengganti format video . Bagi yang ingin mengubah format video secara online, silahkan simak langkah di bawah ini:

  • pertama, silahkan kunjungi situs Online Converter.
  • Pada video converter, silahkan pilih format video yang akan digunakan.
  • Kemudian, pilih video yang akan diubah formatnya dengan klik Choose file. Setelah itu proses upload akan berjalan, jika proses upload sudah selesai, silahkan klik Start conversion.
  • jika proses convert sudah selesai, maka langkah terakhir adalah menyimpan video. Biasanya, akan langsung muncul jendela untuk menyimpan, silahkan pilih tempat untuk menyimpan file tersebut.

Itulah cara mengubah format video ke berbagai jenis, dan juga caranya juga mudah dan simpe. yuk silahkan coba.