Jika kalian pengguna dari Sistem Operasi Windows 10, baik PC maupun laptop. Tentunya sudah tidak asing dengan fitur Quick Access yang akan terlihat pertama kali saat membuka File Explorer. Fitur ini adalah salah satu fitur unggulan dalam Windows 10. Fungsi utama dari Quick Access ini adalah kita dapat menampilkan file dan folder yang sering kita kunjungi. Hal tersebut membuat kinerja kita lebih efisien saat akan masuk ke folder tertentu pada File Explorer.

Akan tetapi ada juga sisi buruknya pada Quick Access, jika kita memiliki dokumen rahasia atau yang bersifat pribadi, maka Quick Access ini cukup berbahaya, karena dapat dibaca oleh siapapun yang mengakses komputer maupun laptop kita sendiri. Oleh karena itu, lebih baik Quick Access lebih sering dibersihkan. Untuk cara membersihkannya, berikut langkah-langkahnya :

Cara Menghapus Quick Access di Windows 10 :

Fitur Quick Access ini hampir memiliki kemiripan dengan fitur history pada browser. Karena kita dapat melihat kembali halaman yang telah kita kunjungi tanpa harus bersusah payah mengetik ulang alat web. Tetapi ada kalanya kita harus menghapus history tersebut karena merupakan privasi kita, dan hal tersebut bisa memungkinkan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, untuk dapat menghapus daftar history yang telah kita buka, berikut cara-caranya :

  1. Masuklah ke File Explorer, kalian bisa langsung ke menu Quick Access yang ada di urutan paling atas. Di sana kalian dapat melihat beberapa file yang sering dibuka setiap hari atau dikunjungi.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada menu Quick Access dan pilihlah opsi menu “Option”. Nantinya akan terbuka jendela pop up atau kotak dialog yang perlu kalian pilih.
  3. Kemudian jendela pop up “Folder Option” akan terbuka, langkah selanjutnya ada tulisan “Clear File Explorer History” di bagian “Privacy”, kalian klik saja tombol “Clear” yang ada di sampingnya.
  4. Tunggu sampai prosesnya selesai. Lama atau tidaknya pada proses ini tergantung seberapa banyak file yang ada di dalam Quick Access ini. Jika jumlah filenya banyak maka prosesnya pun akan semakin lama.
Artike Lainnya  Cara Menampilkan Kembali Kursor Yang Hilang

Jika prosesnya sudah selesai, coba sekarang lihat kembali pada menu Quick Access. Jika sudah tidak ada nama file, maka proses permbersihan di dalam Quick Access sudah berhasil.

Apakah kalian juga bertanya-tanya, file yang sudah dihapus ini bisakah dikembalikan lagi? Jawabannya tentu saja tidak. Karena sama halnya dengan fitur history pada browser, beberapa file yang terdapat di Quick Access merupakan jalan pintas untuk masuk ke dalam file yang diinginkan. Jika sudah terhapus, maka data history pada Quick Access pun akan hilang.

Dan jika kalian tidak menginginkan Quick Access ini berjalan, sebenarnya fitur ini bisa nonaktifkan. Dengan menonaktifkan Quick Access ini, tentunya kalian akan lebih aman jika menyimpan beberapa file rahasia atau file pribadi. Untuk mengetahui cara menonaktifkan Quick access ini, berikut caranya :

  1. Klik menu Quick Access
  2. Selanjutnya klik kanan pada Quick Access serta pilih “Options”.
  3. Akan muncul jendela pop up dan pilih tab “General”.
  4. Pada bagian “Privacy” hilangkan centang pada dua kolom. Kolom yang pertama adalah “Show Recently Used Files in Quick Access” dan kolom “Show Frequently Used folders in Quick Access”. Pastikan Anda benar-benar menghilangkan centangannya.
  5. Selanjutnya pada bagian “Open file Explorer to”, kalian ganti dari Quick Access ke bagian “This PC”. Hal tersebut dimaksudkan agar pada saat Windows Explorer dibuka, maka menu awal yang akan muncul bukan Quick Access lagi, tetapi “My Computer” seperti pada menu File Explorer sebelumnya.
  6. Selanjutnya klik “Apply” agar semua pengaturan yang terbaru bisa diterapkan.
  7. Dan tekan “OK” untuk menyimpannya.
  8. Selesai
Artike Lainnya  Cara mengatasi operating system not found pada windows

Itulah cara menghapus Quick Access dengan mudah di Windows 10 ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian yang membacanya. Terimakasih.