Layar pada komputer merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting. Fungsi monitor LCD pada sebuah laptop memiliki kesamaan dengan layar pada komputer, yaitu sebagai output pada perangkat keras komputer dan fungsinya. Tanpa adanya layar, pengguna akan kesulitan untuk menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan komputer.

Masalah yang dialami oleh pengguna adalah seringkali layar tidak dapat menyala. Baik itu layar komputer ataupun di laptop akan mengalami hal yang sama. Banyak sekali faktor yang menyebabkan layar pada komputer jadi tidak menyala atau jadi lebih gelap sehingga tidak terlihat menu-menu yang ada di dalamnya.

Contoh masalahnya adalah, usia layar, kerusakan kabel, terkena virus, dan lain sebagainya. Akan tetapi, bagaimana jika itu terjadi pada layar laptop? Agar mengetahui bagaimana cara memperbaiki layar laptop yang mengalami gelap setengah. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek Personalize

Atur tingkat kecerahan layar pada laptop, Cek pada bagian personalize. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik kanan pada bagian desktop dan arahkan kursor pada bagian personalize.
  • Setelah diklik, maka akan muncul menu personalization yang berasal dari control panel.
  • Arahkan kursor di bagian “Display”. Klik bagian “Display” dan nantinya kalian akan masuk ke menu “Display”.
  • Coba lihat pada menu bagian kiri, klik “Adjust Brightness”. Kalian akan melihat menu “Power Option”.
  • Pada bagian bawah, ada tulisan “Screen Brightness”.
  • Aturlah kecerahan “Screen Brightness”. Apabila kalian gerakan ke kanan, cahaya pada layar akan semakin terang. Sebaliknya, jika kalian gerakan ke kiri, maka cahaya layar akan semakin gelap.
  • Jika kalian sudah selesai mengaturnya, klik close untuk menutup jendela personalize.
Artike Lainnya  Mengenal Gojek startup Unicorn pertama indonesia

2. Cek Resolusi Layar

Jika cara yang pertama belum berhasil, cobalah dengan cara kedua, yakni mengecek resolusi layar. Pada dasarnya saat resolusi layar jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga laptop itu sendiri, maka layar tidak dapat menahan beban yang dihasilkan. Hal tersebut akan menjadikan layar laptop blank.

Agar dapat mengatasi hal tersebut, kalian harus masuk kedalam windows safe mode. Restart laptop dan cobalah masuk ke dalam safe mode. Setelah itu perbaikilah layar.

3. Cek BIOS Laptop

Kesalahan yang sering terjadi pada BIOS juga bisa mempengaruhi kualitas layar pada laptop. Maka dari itu, cobalah masuk ke dalam BIOS, biasanya menggunakan F2, dan kembalikan fungsi BIOS dalam keadaan normal atau Default.

4. Gunakan Cooling Pad

Laptop yang sering mengalami overheat (kepanasan) juga bisa menyebabkan layar menjadi rusak. Salah satunya akan mempengaruhi fungsi LCD pada layar laptop. Ditambah lagi jika laptop yang panas juga akan membuat VGA pada laptop menjadi panas. Akibatnya LCD pada bagian layar laptop juga akan ikut rusak.

Untuk mengurangi hawa panas pada laptop, kalian harus memakai cooling pad. Fungsi cooling pad sendiri adalah sebagai kipas tambahan untuk mendinginkan laptop dan menjaga suhunya agar tidak terlalu panas.

5. Bersihkan Laptop

Salah satu faktor yang menjadikan laptop overheat adalah karena banyaknya debu yang menempel pada komponen laptop. Terlebih lagi jika laptop yang kalian gunakan sering tidak disimpan dengan baik. Menyimpan laptop tanpa menggunakan sarung laptop hanya akan membuat debu-debu di sekitar ruangan jadi mudah masuk. Debu-debu yang masuk ke dalam sela-sela komponen laptop akan menyebabkan layar jadi kotor serta komponennya jadi cepat panas.

Artike Lainnya  Cara membuat kabel LAN straight dan cross

6. Uninstal Aplikasi Mencurigakan Pada Laptop

Aplikasi yang mencurigakan juga dapat memengaruhi komponen-komponen yang ada pada laptop, termasuk pada layar. Karena, aplikasi yang tidak sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi yang diberikan, akan dapat memberikan beban yang besar pada perangkat keras yang tidak sesuai. Hal itu mengakibatkan perangkat keras pada laptop bisa cepat rusak.

Oleh karena itu, apabila ada aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab layar laptop bermasalah, cobalah masuk ke dalam safe mode lalu uninstall aplikasi tersebut. Jika sudah, coba restart kembali laptop seperti biasa.

7. Ganti Layar

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan dan masih tidak ada perubahan pada layar, maka bisa jadi layar pada laptop kalian benar-benar harus diganti. Cobalah bawa laptopmu ke tempat servis komputer yang terpercaya untuk diganti layarnya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki laptop yang gelap setengah, cara-cara diatas adalah sebagai solusi pertama untuk memastikan masalah yang terjadi dengan layar LCD laptopmu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. jika masih belum bisa silahkan datang ke excellent computer semarang maupun excellent computer salatiga untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.