Buat anda yang berkecimpung dalam dunia IT khususnya pada jaringan komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel UTP. Kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya melalui sebuah perangkat jaringan. Tidak hanya itu, kabel ini juga sering digunakan untuk menghubungkan dari komputer ke perangkat jaringan yang lain seperti router dan switch. Kali ini saya akan membagi tips cara membuat Kabel UTP Straight & Cross untuk bisa membuat jaringan pada komputer agar terhubung secara online ke internet maupun lokal. Nah sebelum kita membuat kita harus tahu alatnya. Untuk itu kita harus mempersiapkan dan mempunyai alat-alat sebagai berikut :

  • Tang Crimping

tank crimping

Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor,dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel,alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui.

  • Kabel UTP

kabel utp

Kabel UTP kita gunakan untuk saling menghubungkan jaringan internet dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.

  • Konektor RJ-45

konektor rj-45

Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.

  • Cable Tester

    cable tester

Cable Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel kita, kalau krimpingan kita salah maka lampu di Cable Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis,jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan kita.

Perbedaan kabel lan Straight dan Cross sebelum kita mulai membuat kabel ada baiknya kita mengetahui fungsi dari masing-masing kabel. Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai standar sebagai berikut:

standart cross

Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :

  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router

Kabel cross merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross.

kabel lan straight dan cross

Contoh penggunaan kabel cross adalah sebagai berikut :

  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

A. Membuat Kabel Straight UTP

  1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar gambar.
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
  4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan
  5. pastikan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi sebagai berikut:
  6. Orange Putih pada Pin 1.
  7. Orange pada Pin 2.
  8. Hijau Putih pada Pin 3.
  9. Biru pada Pin 4.
  10. Biru Putih pada Pin 5.
  11. Hijau pada Pin 6.
  12. Coklat Putih pada Pin 7.
  13. Coklat pada Pin 8.

susunan straight urutan pin

  1. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semuapin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar suara “klik”. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
  2. Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.

B. Membuat Kabel Cross UTP

Membuat kabel lan cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari kedua ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung kabel. Ujung pertama sama dengan kabel straight :

  1. Orange Putih pada Pin 1.
  2. Orange pada Pin 2.
  3. Hijau Putih pada Pin 3.
  4. Biru pada Pin 4.
  5. Biru Putih pada Pin 5.
  6. Hijau pada Pin 6.
  7. Coklat Putih pada Pin 7.
  8. Coklat pada Pin 8.

Untuk ujung kabel yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapun susunan warnanya adalah sebagi berikut:

kabel lan straight dan cross

  1. Hijau Putih pada Pin 1.
  2. Hijau pada Pin 2.
  3. Orange Putih pada Pin 3.
  4. Biru pada Pin 4.
  5. Biru Putih pada Pin 5.
  6. Orange pada Pin 6.
  7. Coklat Putih pada Pin 7.
  8. Coklat pada Pin 8.

Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel jaringan UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyala semua setiap led dari nomor 1 sampai 8. Semoga Artikel ini Bermanfaat untuk Kalian..

Artike Lainnya  Mengenal Gojek startup Unicorn pertama indonesia