Bagi kalian yang mau jadi youtuber apalagi youtuber game, atau hanya ingin mengerjakan tugas membuat video tutorial di laptop atau di PC. Pastinya kalian membutuhkan aplikasi untuk merekam layar agar hasil lebih maksimal. Nah apa saja sih aplikasi-aplikasi screen recorder atau perekam layar yang paling bagus? Ini dia ulasannya, disimak yah gaes:

  • Action

aplikasi screen recorder untuk komputer

Untuk aplikasi screen recorder komputer atau pc yang pertama adalah Action, Aplikasi ini menjadi aplikasi screen recorder terbaik karena mempunyai keunggulan melakukan streaming secara real-time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD. Selain itu Action! juga memiliki fitur yang sangat banyak untuk merekam video, dan suara dapat digunakan untuk mengambil gambar

dengan sangat cepat (screenshot) yang sangat cocok untuk memoret gambar untuk tutorial. Format yang dihasilkan dari perekaman video dengan aplikasi Action! ini adalah MP4 dan AVI.

  • Open Broadcaster Software (OBS Studio)

aplikasi screen recorder untuk komputer OBS Studio merupakan salah satu software perekam layar PC dan laptop terbaik juga yang tanpa watermark. OBS Studio bersifat open source dan multiplatform, sehingga kamu dapat memasangnya di Windows, OSX, ataupun GNU/Linux. Dengan ini, kamu dapat menggunakannya untuk merekam video

ataupun broadcast video ke berbagai situs online secara langsung (live streaming). Antarmuka OBS Studio terbilang cukup sederhana, tetapi punya banyak fitur. Seperti merekam desktop, merekam suara dari internal atau external microphone, atau merekam lewat webcam. Kamu dapat memodifikasi secara langsung dengan mengatur area seleksi rekaman dan bahkan dapat menambahkan text ataupun gambar pada live streaming. Sementara untuk kamu yang melakukan perekaman layar, bisa menyimpan dalam bentuk video berformat MP4 atau FLV, geng. Kelebihan

Artike Lainnya  4 laptop rekomendasi untuk desain grafis

OBS Studio yaitu; Kualitas perekaman video dalam kualitas HD untuk format MP4 dan FLV. Dapat digunakan untuk streaming di platform YouTube, Twitch, dan lainnya. Kekurangan OBS Studio; Agak sulit digunakan untuk pemula dengan UI yang kurang user friendly.

  • XSplit Gamecaster

aplikasi screen recorder untuk komputer

XSplit Gamecaster merupakan salah satu software record game paling mudah dan populer digunakan oleh kebanyakan gamer. Keunggulan XSplit Gamecaster adalah menawarkan fitur streaming yang kuat. XSplit mampu melakukan streaming ketika kita sedang bermain game dengan lancar dan sangat stabil. Kamu dapat mulai

merekam dengan menekan satu tombol saja. Menariknya, XSplit akan mengonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan laptop yang kamu gunakan. Selain itu ada juga fitur editing video bawaan, sehingga kamu dapat melakukan perekaman sekaligus penyuntingan dalam aplikasi yang sama, geng. Menarik, kan?

    1. Kelebihan XSplit Gamecaster:
      • Mudah dan praktis digunakan oleh para pemula dengan berbagai pilihan mode yang tersedia.
      • Terdapat fitur editing video yang bisa langsung digunakan setelah melakukan rekaman.
      • Fitur live streaming pada berbagai macam platform online.
    2. Kekurangan XSplit Gamecaster:
      • Hanya tersedia pada platform Windows, tidak ada versi macOS dan Linux.
  • Camtasia

aplikasi screen recorder untuk komputer

Camtasia screen recorder ini salah satu aplikasi screen recorder yang sudah cukup lama keberandaanya. aplikasi ini tersedia untuk versi windows dan machintos (MacOS). camtasia mendukung berbagai jenis screen record sperti ukuran 1 aplikasi, atau 1 dekstop atau juga bisa langsung custom ukuran sesuai keinginan. oh ya untuk aplikasi camtasia ini berbayar atau bisa kalian menggunakannya versi trial selama 1 bulan. camtasia ini juga bisa langsung menekspor menjadi berbagai jenis file video yang ada.

Ya itu dia rekomendasi aplikasi screen recorder untuk komputer yang  terbaik yang bisa kalian gunakan untuk membuat video main game. Atau bisa juga untuk membuat video tutorial. Selamat mencoba, sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.

Artike Lainnya  Aplikasi video conference terbaik untuk remote worker