Google meluncurkan sebuah layanan Google Street View pada tahun 2007, guna memudahkan kita dalam mencari lokasi dengan foto panorama keadaan yang sebenarnya. Google mengambil foto panorama dengan mengitari semua jalan di seluruh dunia. Akan tetapi penggunaan Google Street View sering kali disalah gunakan untuk dapat mengintip ke tempat privasi seseorang seperti rumah pribadi. Dengan adanya Google Street View semua orang di dunia ini dapat melihat halaman sekitar, jendela, bahkan ruang tamu di rumah seseorang. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk disalah gunakan oleh orang jahat, seperti pencuri atau penguntit dan hal lain yang dapat merugikan seseorang. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Jangan khawatir, ternyata ada solusinya agar gambar rumah kita bisa diburamkan secara permanen dari Google Street View.

Berawal dari penduduk Kota Minnesota Amerika Serikat yang tidak ingin foto-foto rumahnya terlihat di layanan Google, pada tahun 2008 penduduk tersebut mengancam akan menuntut pihak Google dikarenakan publikasi foto rumah orang tanpa seizin pemilik, hingga beberapa hari kemudian Google menghapus gambar tersebut dari Google Street View.

Pada tahun 2009, Keluhan resmi di lontarkan oleh Organization Privacy International ke Kantor Komisaris Informasi (ICO) di Inggris, dengan tuduhan bahwa Google telah gagal menghapus identitas korban kekerasan yang secara tidak sengaja terekam oleh kamera Google Street View. Mengutip dari Mashable, Organization Privacy International mengungkapkan “Beberapa dari mereka adalah seorang wanita yang telah pindah rumah untuk pisah dari pasangan yang melakukan tindak KDRT, tetapi karena beberapa dari wanita tersebut terekam kamera Google Street View, mereka dapat dengan mudah dikenali di luar rumah barunya”. Selain itu, beberapa orang dirugikan oleh Google Street View karena terekam sedang melakukan hal yang membuat mereka malu. Dan perwakilan dari Privacy Internatioanl juga mengungkapkan dua rekannya mengeluh ketika digambarkan dalam posisi yang membuat mereka malu ketika gambar itu di edarkan di tempat kerja mereka.

Artike Lainnya  Fakta Unik dan Menarik Dari Perusahaan Google

Pada tahun 2010, Google mengakui bahwa selama bertahun-tahun kendaraan Street View diam-diam telah mengumpulkan semua informasi dari jaringan WiFi tidak terenkripsi selama mengitari jalan di seluruh dunia.

SV

Jika ingin privasi keamanan kita terjaga atau khawatir karena dengan adanya gambar rumah kamu muncul di Google Street View dapat mengundang orang asing mengintip ke dalam jendela atau penguntit online, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini.

Berikut ini cara menghapus gambar di Google Street View:

  1. Buka Google Maps dan ketik di pencarian alamat rumah yang ingin kita buramkan.
  2. Masuk mode Street View dengan menekan Tombol Opsi Detail Peta yang terletak di bawah kolom pencarian.
  3. Pilih Stret View, kemudian hampir di semua jalan di tandai dengan warna biru yang menandakan bahwa Street View pada maps telah aktif.
  4. Pilih nama rumah yang telah di beri tanda maps oleh Google, kemudian masuk ke peta di depan rumah kita.
  5. Setelah itu kita di perlihatkan gambar peta 360° di depan rumah kita. Perhatikan di kanan atas layar yang terdapat tombol tiga titik, kemudian pilih Laporkan Masalah.
  6. Pusatkan kotak merah pada rumah kita yang ingin di buramkan, dibawahnya terdapat opsi Meminta Pemburaman pilih Rumah Saya.
  7. Tulis pada kolom yang di sediakan, alasan mengapa kita ingin gambar di buramkan (misalnya, kita mungkin khawatir tentang keamanan dan privasi).
  8. Masukkan alamat email kita yang aktif, kemudian lakukan verifikasi reCAPTCHA dengan memiih Saya bukan robot, dan pilih Kirim.

Alasan apapun yang kita kirim, sangat mudah meminta Google untuk memburamkan gambar rumah atau apartemen kita di Google Street View. Yang perlu di pastikan adalah rumah yang akan kita buramkan itu benar-benar rumah kita, karena Google akan memberi peringatan bahwa setelah memburamkan rumah kita di Street View bersifat permanen.

Artike Lainnya  Cara install composer di windows dengan xampp

SV-1

Setelah menekan Kirim, kita akan menerima email dari Google yang menyatakan bahwa Google sedang meninjau gambar yang kita laporkan, dan Google akan mengirimkan email kembali saat permintaan di selesaikan. Kemudian laporan kita akan di tindak lanjuti Google, namun jika kurang jelas, Google akan meminta kita untuk lebih spesifik dalam menjelaskan mengenai area yang ingin diburamkan. Jika kita mengalami hal tersebut, kita perlu melakukan seluruh proses dari awal lagi dengan jelas merincikan area dari gambar yang ingin kita buramkan.

Itulah bagaiamana caranya menghapus foto rumah kita di Google Street View. Mohon maaf jika terdapat tata bahasa yang keliru dan ada penulisan yang salah. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.