Kualitas dari sebuah film adalah hal penting yang harus diperhatikan. Kualitas film yang buruk akan membuat film yang sebenarnya bagus menjadi tak enak untuk ditonton. Buat kamu yang sering mengunduh sebuah film, tentu kamu tau kualitas mana yang paling bagus dan buruknya. Film dengan kualitas bagus biasanya memiliki ukuran yang cukup besar di memori perangkat.

1. Bluray/BRRip

Jenis ini menjadi kualitas terbaik dan tertinggi untuk film. Gambar dan audio yang ditampilkan dalam film dengan kualitas ini sangat bagus. Bluray/BRRip memiliki resolusi yang tertinggi yaitu 1920×1080 dan 1280×720 (720p). Namun jika ingin mengunduh film kualitas Bluray/BRRip harus memiliki spesifikasi komputer yang tinggi. Jika spesifikasi komputer rendah, maka gambar dalam film akan patah-patah atau tak bisa ditonton.

2. HDTV/HDTVRip

Ini adalah ukuran yang sangat bagus dalam hal ukuran film. Ukuran kualitas ini berasal dari rekaman digital dari saluran tv kabel, tv digital atau tv satelit.

3. mHD (Mini/Micro HD)

Kualitas ini sebenarnya hampir sama dengan Bluray, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tapi tenang saja, gambar dan audio dari film kualitas ini tetap bagus untuk dinikmati saat menonton.

4. Web-DL

Kualitas yang satu ini hampir setara dengan Bluray 720p. Di versi Web-DL biasanya tidak terdapat logo TV atau iklan di layar seperti yang ada pada HDTV.

Artike Lainnya  Mengenal platform IOT: Nodemcu board

5. DVDRip

DVDRip adalah RIP dari DVD asli yang sudah beredar. Film dengan kualitas ini hanya diambil videonya saja tanpa extra featurenya. Kualitas DVDRip tergantung pada proses ripnya, namun kebanyakan DVDRip memiliki kualitas yang sama seperti DVD asli baik itu gambar maupun suara.

6. WEBRip

Kualitas ini diambil langsung dari sebuah situs yang menyediakan video streaming. Kualitas jenis ini cocok untuk kamu yang suka mendownload film menggunakan smartphone. Ini karena resolusi kualitas ini sangat jenis dan pas diputar di smartphone.

7. DVDScr

Kualitas yang satu ini tegolong masih buruk. Dan biasanya kualitas ini diambil dari bioskop-bioskop asia seperti China dan Korea.

8. CAM/HDCAM

Kualitas yang terakhir ini menjadi kualitas terburuk di antara yang lainnya. File ini diambil dari kamera yang merekam jalannya film di bioskop. Gambar dari kualitas ini biasanya goyang dan audionya bercampur dengan suara penonton.