Teknologi telah mengubah peradaban dunia semakin pesat sehingga secara tidak sadar manusia dihadapkan pada masa depan, suatu masa dimana teknologi menjadi salah satu kebutuhan pokok bahkan dapat menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

Hingga saat ini, industri teknologi semakin maju dan berkembang menjadi ranah yang lebih cerdas. Berikut ini teknologi yang akan mengubah peradaban dunia secara signifikan.

1. Kecerdasan Buatan (AI/Artificial Intelligence)

Ketika kita berbicara tentang kecerdasan buatan (AI), tidak sedikit yang akan mengaitkannya dengan robot atau mesin yang suatu saat akan menggantikan kehidupan manusia dan dapat menghancurkan makhluk hidup secara perlahan.

Ternyata film, dongeng, dan cerita tentang kecerdasan buatan telah menjadi kenyataan dan datang dalam berbagai bentuk, kecuali ancaman kehancurannya. Meski belum mampu bekerja dengan sempurna, namun AI telah melengkapi hampir semua industri dari teknologi lainnya.

2. Cyber Security

Masalah teknologi yang umum dalam industri teknologi adalah masalah keamanan. Mereka yang bekerja di bidang teknologi begitu fokus pada inovasi baru sehingga mereka melupakan keselamatan.

Serangan siber yang bisa ditimbulkan, seperti peretasan misalnya, kerap mengincar produk teknologi dengan sistem keamanan yang sudah sangat ketinggalan zaman.

Karena itulah semua pihak di industri teknologi harus menyadari bahwa Cyber Security itu sangat penting. Dengan kebutuhan transaksi uang elektronik yang sedang berkembang saat ini, pengguna tentu tidak ingin kehilangan uangnya karena keamanan platform penyediaan layanan tidak terjaga dan terdapat celah.

Artike Lainnya  4 laptop rekomendasi untuk desain grafis

3. Internet Of Things

peran teknologi perubahan dunia

Era IoT akan segera merevolusi cara dunia bekerja dalam waktu dekat. IoT adalah sebuah teknologi untuk dapat menghubungkan semua perangkat di sekitar kita ke internet, sehingga semua perangkat dapat saling berkomunikasi.

Tidak hanya laptop dan smartphone, internet juga sudah terkoneksi dengan segala macam perangkat lain seperti televisi, pendingin ruangan (air conditioner), lemari es, lampu, bahkan bisa disambungkan ke pintu. Teknologi mobil Otonom juga merupakan bagian dari IoT, yang telah digabungkan dengan teknologi AI.

Manfaat IoT tentunya sangat besar untuk berbagai aspek. IoT akan membuat hidup menjadi sangat mudah dan sangat cepat tanpa harus menghabiskan banyak energi.

Dalam bidang bisnis akan lebih efektif, karena pekerjaan dapat dipantau dari mana saja dan kapan saja dengan data laporan yang jelas dan real-time, sehingga lebih akurat dan target yang benar-benar ingin dihasilkan akan lebih maksimal dengan menggunakan teknologi ini.

4. Transformasi Digital

peran teknologi perubahan dunia

Transformasi digital kini menjadi salah satu alat perang tercanggih di kalangan bisnis. Semua jenis perusahaan berlomba-lomba mendigitalkan produknya untuk memberikan kepraktisan bagi pelanggannya.

Penerapan teknologi transformasi digital juga sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan manusia, contohnya dompet digital yang dapat membuat mayoritas masyarakat saat ini tidak membutuhkan uang tunai saat bepergian jauh.

Gaya hidup belanja online juga merupakan salah satu contoh teknologi digital. Meski masih banyak orang yang lebih memilih untuk pergi ke toko atau ke mall tanpa harus berbelanja online, dalam beberapa tahun ke depan dapat dipastikan belanja online akan menjadi salah satu gaya hidup setiap orang.

Transformasi digital juga dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis yang harus bersaing dengan perusahaan yang berorientasi digital dengan yang lain. Artinya pelaku bisnis tidak hanya bisa bersaing dalam menjual produk, tetapi juga bersaing dalam teknologi untuk bisa mendigitalkan produknya.

Artike Lainnya  Rekomendasi printer Dot Matrix terbaik 2020