Untuk mengatasi startup windows yang gagal booting ada berbagai cara, karena fungsi dari sistem operasi pada perangkat komputer atau laptop sangatlah penting. Pada setiap jenis sistem operasi komputer mempunyai karakteristik tertentu, adapun dengan kelebihan dan kekurangannya. Pada sistem operasi Windows, sudah dilengkapi dengan fitur startup repair. Saat ada beberapa file yang tidak beres pada windows, maka windows secara otomatis akan berada pada menu startup repair. Startup repair adalah fitur yang telah disediakan windows untuk memperbaiki diri. Saat laptop anda dalam mode ini, maka yang harus dilakukan adalah hanya menunggu hingga windows normal kembali. Proses ini biasanya memakan waktu 10 hingga 20 menit.

Akan tetapi tidak semua proses startup repair bisa memperbaiki windows (walaupun fungsi aslinya memang memperbaiki windows). Terdapat banyak kegagalan pada saat proses startup repair ini. Setelah kalian menunggu sangat lama, proses startup repair tak segera berakhir, maka bisa dibilang proses ini gagal. Atau mungkin terdapat pesan yang muncul di laptop kalian “Startup repair has tried several times but still cannot determine the cause of the problem” atau “Startup repair cannot repair this computer automatically”. Yang berarti memang telah terjadi masalah saat proses startup repair.

Berikut adalah cara mengatasi startup windows yang gagal  :

1. Restart Komputer

Ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa kalian lakukan. Mungkin saja terjadinya startup repair karena kesalahan sesaat atau karena kebetulan saja. Kalian bisa memeriksanya dengan cara restart laptop dengan keyboard, atau bisa kalian lakukan dengan cara di bawah ini :

  • Tekan tombol power secara lama sampai laptop kalian mati.
  • Setelah laptop sudah mati, biarkan beberapa saat. Kurang lebih 10 menit.
  • Nyalakan laptop kalian kembali.
  • Jika tidak terjadi masalah, windows akan muncul dan kembali normal.

2. Jalankan Last Know Good Configuration (LKGC)

  • Restart laptop kalian, selanjutnya masuk ke Advanced Option Menu. Jika kalian pengguna windows 8, ada baiknya membaca dulu tentang Startup Settingnya, kemudian pilihlah opsi repair yang tersedia.
  • Selanjutnya pilihlah menu Last Known Good Configuration. Jangan lupa untuk membaca keterangan yang ada.
  • Laptop kalian akan booting dengan sendirinya setelah memilih menu LKGC. Jika berhasil, laptop akan kembali ke keadaan normal.

3. Dengan System Restore

System Restore merupakan menu andalan saat laptop tidak bisa masuk ke windows. Ini juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi startup repair yang gagal.

  • Apabila startup repair gagal dan muncul sebuah pesan yang menyuruh kalian memilih send or don’t send, maka kalian pilihlah don’t send.
  • Akan terdapat gambar baru yang tampil dengan tiga pilihan. Pilihlah view diagnotic and repair details. Kemudian akan muncul history diagnosa dan repair yang sudah dilakukan oleh windows.
  • Scroll terus dan cobalah periksa keadaan windows kalian melalui menu tersebut. Jika tidak terdapat masalah, maka kalian bisa close kembali.
  • Selantjutnya kita kembali ke langkah kedua. Sekarang coba ganti pilihan yang kedua, yaitu View advanced options for system recovery and support.
  • Kemudian akan muncul menu System Recovery Options. Tetapi sebelumnya jika muncul beberapa notif, klik next, isi password, dan klik OK.
  • Klik System Restore pada System Recovery options
  • Laptop kalian kini sedang restoring dalam keadaan windows sebelum terjadi startup repair.
  • Kemudian langkah yang terakhir adalah restar laptop kalian, maka windows akan kembali normal.

Itulah beberapa Cara Ampuh Mengatasi Startup Repair Yang Gagal Pada Windows, ikutilah langkah-langkah diatas dengan teliti agar permasalahan tersebut bisa tersolusi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Terimakasih.