Sumber: Ron Lach – canva.com

Ponsel saat ini menjadi salah satu benda wajib yang dimiliki orang-orang. Selain penggunaannya mudah dimengerti, ponsel sangat dibutuhkan karena banyak hal yang dapat dilakukan dengan benda tersebut selain berkomunikasi, seperti transaksi antar bank dan bermedia sosial. Jenis dan merek ponsel pun beragam dengan harga yang juga bervariasi, seperti Samsung, iPhone, Xiaomi, dan berbagai merek lainnya.

Akan tetapi, tidak semua ponsel memiliki kapasitas yang bisa menampung banyak data di dalamnya. Ruang penyimpanan yang penuh akan membuat ponsel tidak berfungsi dengan baik, salah satunya adalah membuat lambat kerja ponsel. Masalah tersebut tentu membuat penggunanya menjadi tidak nyaman sehingga kebanyakan memutuskan untuk membeli ponsel baru.

Tahukah Anda bahwa hal tersebut dapat diatasi tanpa harus membeli ponsel yang baru? Yaitu dengan cara memindahkan sebagian data ke laptop atau hard disk, salah satunya adalah foto. Kebanyakan orang memiliki banyak foto yang tentunya memakan banyak kapasitas di ponsel. Anda dapat memindahkan foto dari ponsel ke laptop dengan mudah dengan cara-cara yang telah kami rangkum di bawah ini. Simak penjelasan berikut.

1. Menggunakan Bluetooth

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Bluetooth. Teknologi tanpa kabel ini ada di perangkat elektronik Anda dan dapat disambungkan dengan mudah kepada perangkat lain. Bluetooth dapat digunakan untuk mengirimkan data seperti dokumen, foto, video, memo suara, dan lain-lain. Teknologi canggih yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk memindahkan foto ke laptop.

Artike Lainnya  Cara membuat harddisk laptop menjadi hdd external

Caranya mudah, Anda cukup menyalakan koneksi Bluetooth yang ada di dalam ponsel dan laptop. Setelah itu, sambungkan kedua perangkat tersebut dengan menekan koneksi pada nama perangkat yang ada pada laptop. Setelah tersambung, Anda dapat memindahkan foto ke laptop dan menyimpannya di ruang penyimpanan. Sangat mudah, bukan?

2. Kabel Data

Selain memiliki fungsi untuk mengisi daya pada ponsel, kabel data atau USB dapat Anda manfaatkan untuk memindahkan foto ke laptop. Selain mudah dan praktis, Anda dapat dengan mudah melakukan pemindahan hanya dengan menyeret foto-foto yang ingin Anda pindahkan dari ponsel Android. Cara ini juga dinilai paling efisien dalam memindahkan data ke laptop atau komputer.

Cara yang dilakukan juga sangat mudah, cukup sambungkan kabel data pada ponsel dan laptop. Setelah notifikasi bahwa ponsel Anda sudah terhubung dengan laptop masuk, Anda dapat langsung memilih folder penyimpanan foto dan menyeret foto-foto tersebut ke dalam ruang penyimpanan pada laptop. Tunggu hingga foto-foto tersebut selesai dipindahkan dan selesai! Mudah, bukan?

3. Card Reader

Salah satu cara mudah lainnya untuk memindahkan foto dari ponsel ke laptop adalah dengan menggunakan card reader. Pembaca kartu memang saat ini sudah jarang ditemukan, tetapi kegunaannya masih dapat kamu manfaatkan untuk memindahkan data-data. Penggunaannya juga sedikit lebih ribet jika dibandingkan cara-cara sebelumnya, tetapi tetap bisa jadi pilihan.

Pertama-tama Anda harus mengeluarkan MicroSD dan memasukkannya ke dalam tempat card reader. Selanjutnya, masukkan card reader ke port khusus yang terdapat pada laptop. Tunggu sesaat hingga muncul notifikasi bahwa kartu telah terdeteksi di dalam laptop. Setelah itu, Anda dapat mengeklik file foto dan memindahkannya ke ruang penyimpanan dalam laptop. Tunggu beberapa saat dan seluruh foto yang Anda pilih akan berada di dalam laptop.

Artike Lainnya  Menghubungkan smartphone ke wifi tanpa ketik password

4. Via Email

memindahkan foto dari ponsel

Sumber: Umnat Seebuaphan – canva.com

Email menjadi salah satu bagian penting dalam kegiatan sehari-hari. Memiliki fungsi yang beragam, email dapat kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari saling berkirim surat, metode verifikasi akun media sosial, melamar pekerjaan, hingga mengirim data-data yang penting. Di balik semua fungsi tersebut, email juga dapat Anda gunakan sebagai alat untuk memindahkan foto di ponsel ke dalam laptop.

Dengan cara yang terbilang mudah, menggunakan email tidak perlu menyambungkan dua perangkat. Cukup buka akun Gmail Anda di ponsel dan klik ikon bertanda seperti klip kertas, setelah itu lampirkan file dan pilih foto-foto apa saja yang ingin Anda pindahkan. Anda dapat mengirimkan foto-foto tersebut ke akun Gmail yang terhubung pada laptop. Namun di balik kemudahannya, ada batas dokumen yang dikirimkan melalui Gmail. Untuk itu, pastikan foto-foto yang Anda kirimkan sesuai dengan batasnya, ya.

5. Manfaatkan Google Drive

Saat ini, ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari ponsel yang kita miliki. Salah satunya adalah cloud storage yang berfungsi untuk menyimpan atau mengarsipkan data yang dapat diakses melalui internet. Google Drive termasuk dalam salah satu cloud storage yang ada di HP Android. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan foto-foto sehingga tidak terlalu menumpuk di dalam ponsel dan membuat lemot.

Pertama, Anda harus membuka galeri ponsel dan memilih foto-foto yang ingin dipindahkan ke Google Drive. Setelah memilih, klik ikon bagikan dan pilih opsi simpan ke Google Drive. Dengan begitu, seluruh foto yang Anda pilih sukses dipindahkan ke dalam cloud storage tersebut.

Saat ini, Anda tidak perlu bingung lagi jika memori pada ponsel penuh karena ada banyak cara untuk memindahkan data-data ke dalam laptop termasuk foto-foto. Itulah lima cara mudah yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat!

Artike Lainnya  PC Gaming Alienware Berdaya Besar Dilarang Beredar di Sejumlah Wilayah Amerika Serikat