Gagasan bahwa seluruh studio rekaman akan tersedia di ujung jari seseorang akan dianggap absurd lima belas hingga dua puluh tahun yang lalu, tetapi justru itulah yang terjadi. Dengan semakin menonjolnya Digital Audio Workstation – sering disingkat menjadi DAW – yang sebelumnya membutuhkan ratusan ribu dolar, banyak ruang, dan jam kerja dari banyak anggota staf, sekarang membutuhkan waktu beberapa menit, komputer dengan beberapa gigabyte ruang hard drive yang tersedia, dan beberapa ratus dolar.

A. Apa itu DAW, dan Mengapa Begitu Penting?

Sebuah DAW penting bagi musisi rekaman seperti kanvas penting bagi seorang seniman visual. Dan ya, itu artinya sangat penting jika Anda ingin mendapatkan musik dari kepala Anda ke komputer Anda. Pada tingkat paling dasar, DAW adalah program yang Anda pasang di komputer yang memungkinkan Anda merekam musik ke dalamnya dari berbagai sumber.(mikrofon, gitar, keyboard elektronik, dll.), dan kemudian memungkinkan Anda mengekspor proyek Anda ke trek audio (misalnya format MP3 atau WAV) yang dapat diputar atau diunggah di mana pun Anda inginkan. Tata letak utama sebagian besar DAW adalah kotak musik berbasis waktu yang membentang dari kiri ke kanan, dengan beberapa trek ditumpuk satu sama lain (masing-masing trek menjadi instrumen yang berbeda). Anda dapat memperlakukan sesi atau proyek DAW sebagai kertas awal sederhana, atau pengaturan super rumit dengan ratusan trek dan instrumen; Keindahannya adalah sepenuhnya terserah Anda

Ini adalah tangkapan layar Garageband milik Apple, DAW ringan yang disertakan dalam sebagian besar versi macOS.Blok hijau, kuning, dan ungu adalah lapisan yang berbeda (alias trek) untuk instrumen yang berbeda.

Di satu sisi itu adalah konsep yang cukup sederhana, sama seperti Photoshop dapat dianggap sebagai “kanvas digital” yang relatif sederhana untuk desainer web atau fotografer. Tapi, seperti yang bisa dikatakan oleh mahir dengan Photoshop, DAW memiliki kedalaman yang cukup dalam dalam hal fitur. Selain dari banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda membeli satu (yang akan kita bahas dalam satu menit), setelah Anda menginstalnya dan menjalankannya ada beberapa alur kerja dan pandangan yang berbeda yang perlu Anda biasakan. Cara menggunakan DAW berada di luar cakupan panduan ini, tetapi ada BANYAK sumber daya online untuk membantu Anda mengetahuinya (Equipboard bahkan merekomendasikan beberapa di Cara Membuat Musik Elektronik kami.artikel). Pada artikel ini, tujuannya adalah untuk pergi dengan ide bagus tentang opsi apa yang Anda miliki ketika memilih DAW terbaik untuk Anda, dan beberapa alasan Anda harus memilih satu sama lain.

B. Cara Memilih DAW Terbaik untuk Anda

OK, jadi sekarang setelah Anda mengerti apa itu DAW, bagaimana Anda bisa mengevaluasi mana yang akan didapat? Ada puluhan DAW di luar sana, dengan sekitar 5 dianggap lebih besar, yang lebih populer (diukur dengan hal-hal seperti seniman pro menggunakannya, komunitas besar untuk dukungan, jumlah tutorial online, dan sebagainya). Seperti banyak perangkat lunak, Anda dapat memilih untuk mendapatkan DAW yang dikirimkan kepada Anda dalam kotak dari pengecer perlengkapan musik (cara yang lebih tradisional), atau mengunduhnya dari situs web produsen (cara yang lebih modern).Mari kita bahas beberapa hal yang perlu dipikirkan ketika mengevaluasi DAW mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

  • Sistem Operasi
    Sistem Operasi (OS) komputer Anda dapat membuat DAW tertentu tidak tersedia untuk Anda. Sebagai contoh, Logic Pro X hanya berfungsi pada OS X, dan FL-Studio Image-Line hanya untuk Windows. Jadi, kecuali jika Anda bersedia untuk membuat peralihan yang cukup drastis ke OS yang berbeda demi menggunakan DAW yang berbeda (yang pasti dilakukan sebagian orang), pasti ingat batasan ini. Untuk membuatnya mudah, sebelum setiap DAW kami sarankan kami akan mencantumkan Sistem Operasi yang didukung.

  • Computer Specs
    DAW adalah program komputer yang lumayan kuat, yang mampu membuat komputer yang kuat pun bertekuk lutut, terutama pada proyek yang terisi penuh. Ini akan membebani memori Anda (RAM), CPU, dan dapat mengambil sedikit ruang hard drive. Jika Anda dapat memutakhirkan komponen individual dari komputer Anda, itu adalah tiga untuk fokus. Ada tips dan trik di luar sana untuk meringankan beban DAW pada mesin Anda, tetapi perlu diketahui bahwa jika komputer Anda sudah lamban dan lama, Anda mungkin tidak memiliki waktu yang baik mengerjakan musik Anda dengan DAW yang membeku atau macet karena Anda terlalu rendah pada RAM atau ruang hard disk.

  • Anggaran Anda
    Suatu hal yang sangat penting, anggaran Anda menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk DAW. Sebagian besar DAW memiliki paket atau edisi yang berbeda. Ableton Live misalnya hadir dalam tiga edisi – Essentials, Standard, dan Suite, yang berkisar dari $ 99 hingga sekitar $ 750. Itu perbedaan harga yang BESAR ! Dalam beberapa kasus, edisi paling mendasar (dan paling murah) cukup bagus untuk digunakan. Paket yang lebih mahal biasanya mencakup lebih banyak fitur, lebih banyak instrumen, efek, dll. Ketika Anda semakin dalam dan dalam memproduksi atau merekam musik, kemungkinan Anda ingin membeli plugin (instrumen dan efek) yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan Anda. Jadi, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin memulai dari yang sederhana dan berkembang sedikit demi sedikit, atau berinvestasi dalam banyak tambahan di muka. Kami merekomendasikan berbagai strategi tergantung pada DAW, jadi pastikan untuk membaca ulasan lengkap kami di bawah ini.

  • Format Plugin
    Jika Anda seorang pelukis dan DAW adalah kanvas Anda, plugin seperti cat Anda. Mereka adalah bagian dari perangkat lunak dalam DAW Anda yang “plug-in” itu (bisa dikatakan). Plugin dapat berupa efek seperti jenis distorsi khusus, reverb atau Auto-Tune, atau instrumen seperti piano virtual. Banyak tersedia di seluruh Web sebagai unduhan gratis, tetapi beberapa yang berkualitas lebih tinggi perlu dibeli. Sayangnya, plugin datang dalam berbagai format yang dapat membingungkan. Beberapa format yang akan Anda temui adalah VST, AU, AAX, dan RTAS. Jika Anda baru memulai, jangan terlalu khawatir tentang ini, karena sebagian besar plugin populer dapat digunakan dengan kebanyakan DAW . Anda harus khawatir tentang hal ini hanya jika Anda memiliki plugin khusus yang tidak dapat Anda hidup tanpanya, dan DAW yang Anda pilih tidak mendukung formatnya.

  • Tidak berwujud
    Mungkin ada beberapa alasan yang sangat pribadi bagi Anda mengapa Anda harus memilih satu DAW daripada yang lain. Mungkin saat Anda menjelajahi Equipboard, Anda memperhatikan bahwa Mat Zo menggunakan Ableton , jadi itulah yang ingin Anda gunakan. Atau mungkin Anda menemukan saluran YouTube yang mengajarkan cara membuat genre musik favorit Anda dan mereka menggunakan FL Studio 12, jadi itu DAW yang Anda inginkan. Hubungan antara Anda dan DAW Anda penting, dan berpotensi jangka panjang; apakah Anda seorang produser musik hardcore atau penggemar hobi kasual, DAW kemungkinan adalah program pertama yang akan Anda jalankan, dan mau tidak mau Anda akan menghabiskan berjam-jam bergulat dengan masalah atau meneliti bagaimana menyelesaikan tugas tertentu. Jika Anda punya alasan gila di usus Anda mengapa Anda harus memilih DAW tertentu, lakukanlah! Yang penting Anda menikmatinya.
Artike Lainnya  Cara mengatasi sound tidak bunyi di windows 10

C. Bagaimana Kami Membuat Daftar Ini?

Ini adalah pertanyaan penting, karena panduan pembelian tidak baik jika Anda tidak tahu dari mana informasi itu berasal. Beberapa kali kami mengatakan DAW terbaik , tapi itu sedikit menyesatkan, karena sangat sulit untuk membandingkan mereka dengan fitur fitur dan datang dengan TERBAIK mutlak. DAW terbaik untuk Anda akan menjadi cara yang lebih tepat untuk memikirkannya. Karena itu, beberapa DAW dianggap lebih baik di beberapa fungsi daripada yang lain.

Untuk membuat daftar panduan memilih daw terbaik, kami menjelajahi puluhan (jika tidak ratusan) diskusi forum di mana orang-orang bertanya, “Apa DAW yang harus saya dapatkan?” Kami menghitung tanggapan orang-orang, dan mencatat setiap tren yang dapat kami temukan dalam mengapa DAW tertentu menerima lebih banyak rekomendasi daripada yang lain. Kami juga membaca banyak ulasan, dan mempekerjakan para ahli – biasanya produser musik penuh waktu – yang memberi kami ikhtisar setiap seluk beluk DAW. Kami juga melihat penggunaan pro pada Equipboard, untuk mendapatkan gambaran umum tentang yang paling banyak digunakan oleh produser dan insinyur rekaman musik DAW.

D. 5 DAW Terbaik

Kami menggabungkan semua penelitian ini, dan menghasilkan daftar 5 DAW teratas yang kami rasa adalah pilihan yang benar-benar luar biasa, tidak peduli apakah Anda seorang pemula, atau pengguna tingkat lanjut yang ingin beralih ke yang baru. Meskipun poin harga awal mereka dapat sedikit berbeda, bahkan jika Anda menggunakan edisi paling dasar (paling murah), Anda akan mendapatkan banyak alat bawaan sehingga Anda memiliki semua yang Anda perlukan untuk mengambil lagu dari awal hingga selesai dengan harga yang wajar.

CATATAN: Anda mungkin terkejut bahwa nomor versi pada DAW yang kami rekomendasikan sangat tinggi. Logic Pro ada di versi X (yaitu 10), Ableton Live ada di versi 9, FL Studio ada di 12, dll. Alasannya adalah karena DAW sudah ada sejak lama – beberapa dekade dalam beberapa kasus – dan pembuatnya memiliki telah meningkatkan perangkat lunak dengan setiap versi. Bagi Anda, hal yang baik tentang masuk ke permainan DAW sekarang adalah Anda mendapatkan versi DAW yang cukup fantastis, karena mereka sudah bertahun-tahun bekerja melalui bug dan rasa sakit yang meningkat, dan memasukkan umpan balik pengguna. Cukuplah untuk mengatakan mendapatkan versi terbaru DAW Anda memastikan Anda mendapatkan yang terbaik yang ditawarkan.

Artike Lainnya  Cara menghapus Virus Shortcut Windows 10

1. Logika Pro X

panduan memilih daw terbaik

Versi Singkat: Ini hanya tersedia di Mac, jadi asalkan Anda masuk ke ekosistem Apple, sesuai kualitas dan harga, tidak ada DAW lain yang benar-benar mengalahkan Logic. Tugas MIDI dan Audio intuitif, dan plug-in built-in berlimpah dan termasyhur (banyak produsen terkenal sudah sangat jauh hanya dengan plugins Logic stok). Manfaat lain adalah peralihan yang mudah dari Garageband, dan hanya ada satu Logic edition yang tersedia sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk membandingkan fitur & harga.


Sistem Operasi: macOS
Edisi yang Tersedia: Hanya satu edisi, $ 199,99.

2. Ableton Live 9

panduan memilih daw terbaik

Salah satu DAW paling populer di sekitar karena menjadi master yang tidak perlu untuk penanganan MIDI, dan pertunjukan langsung. Di sisi positifnya Anda mendapatkan MIDI dan fleksibilitas pengontrol yang gila, versi Intro sangat terjangkau, dan tidak ada eksklusivitas OS utama. Kekurangannya adalah versi Intro terbatas dan kurang, Ableton tidak stabil dan ramah pemula seperti orang lain dalam daftar ini, dan lompatan dari Intro ke Standar curam $$$.

Sistem Operasi: macOS, Windows
Edisi yang Tersedia: Pengantar ($ 99), Standar ($ 449), Suite ($ 749)

3. Image-Line FL Studio 12

panduan memilih daw terbaik

Underdog yang diremehkan dan kokoh dari dunia DAW, FL Studio telah mengatasi stigma untuk menjadi program yang sangat dicintai yang digunakan oleh para pemimpin industri dan orang-orang yang ramah lingkungan. Ini kokoh dan dapat diandalkan, dan plugin yang disertakan berkisar dari kompeten hingga hebat. Pada sisi negatifnya, plugin tambahan bisa menjadi mahal dengan cepat, dan itu hanya PC / Windows.

Sistem Operasi: Windows
Edisi yang Tersedia: Fruity / Intro ($ 99), Produser ($ 199), Signature ($ 299), Semua Kumpulan Plugin ($ 737)

Artike Lainnya  Cara menghapus chromium di windows

4. Cakewalk SONAR

panduan memilih daw terbaik

DAW yang sangat solid, dapat diandalkan, dan terjangkau, sayangnya terbatas pada pengguna PC yang menjalankan Windows. Meskipun tidak seperti di mana-mana di dunia produksi musik elektronik seperti Ableton, FL Studio, atau Logic, popularitasnya meningkat. Pengeditan MIDI-nya benar-benar bagus.

Sistem Operasi: Windows
Edisi yang Tersedia: Artis ($ 99 atau $ 9,99 / bulan), Profesional ($ 199 atau $ 19,99 / bulan), Platinum ($ 499 atau $ 49,99 / bulan)

5. Steinberg Cubase

Seorang oldie tetapi goodie, Cubase terus mengimbangi antara DAW top di luar sana. Meskipun tidak melakukan satu hal pun dengan baik, itu sangat solid. Integrasi plugin-nya super kuat (bagaimanapun juga Steinberg yang menciptakan standar VST), dan Cubase kuat ketika harus memanipulasi audio. Dongle eLicenser sedikit menyeret, tapi sedikit mengganggu.

Sistem Operasi: macOS, Windows
Edisi Yang Tersedia: Elemen ($ 99,99), Artis ($ 299,99), Pro ($ 549,99)

Sebenarnya ada BANYAK DAW di luar sana. Untuk 5 teratas kami, kami memilih yang memiliki penggunaan paling kuat dan komunitas pengguna yang ada, perpaduan fitur yang baik, nilai uang, dan aksesibilitas ke pemula.

Hubungi spesialis produk kami jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan produk komputer untuk mendukung produktifitas musik anda.