MKV, Matroska Multimedia Container, adalah format file kontainer gratis standar terbuka. Ia dapat menampung trek video, audio, gambar, atau subtitle dalam jumlah yang tidak terbatas di dalam satu file, sehingga banyak pengguna memilih untuk menyimpan konten multimedia umum, seperti film atau acara TV di MKV.

Namun, beberapa pengguna mengalami masalah saat memutar file MKV. Sekarang, pemain apa yang bisa memainkan MKV? Apa pemain MKV terbaik

1. Pembuat Film MiniTool

OS yang didukung: Windows

Untuk memutar file MKV di Windows, Anda dapat mencoba MiniTool MovieMaker, gratis, tanpa iklan, tanpa perangkat lunak pengeditan video bundel. Selama Anda memiliki pemutar MKV gratis terbaik, Anda tidak hanya dapat memutar file MKV dengan mudah tetapi juga mengkonversi MKV ke MP4, AVI atau format file lainnya.

Fitur Utama dari Player MKV Terbaik untuk Windows 7/8/10

  • Gratis, tanpa iklan.
  • Mainkan MKV, MP4, AVI, MOV, FLV, VOB, dan file lainnya.
  • Konversi MKV ke file video lain, dan bahkan konversi video ke file audio.

Edit file MKV dengan mudah dan cepat termasuk menambahkan subtitle ke video, memutar video , memotong atau membagi video, menambahkan musik ke file video, dll.

2. VLC Media player

OS yang didukung: Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Windows Mobile

VLC Media Player adalah media player open-source yang dapat memutar file MKV tanpa menginstal codec. VLC Media Player mendukung sebagian besar aliran video dan audio yang akan Anda temukan di file .mkv. Jika Anda menggunakan pemutar video multi format yang terkenal ini sebagai pemutar MKV, Anda dapat mengatur dan mengoperasikan banyak video / audio / trek subtitle video MKV dengan cara yang layak.

Artike Lainnya  10 aplikasi browser terbaik 2020

Namun sayangnya, VLC diperlukan untuk membuka file dan tidak memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Meskipun pemutar MKV open-source ini menawarkan beberapa fitur canggih termasuk memutar video, terlalu rumit untuk menanganinya. Disarankan untuk memilih alternatif VLC .

3. 5KPlayer

OS yang didukung: Windows 10/8/7 / XP dan Mac OS X 10.6 atau lebih baru

5KPlayer adalah pemutar file MKV gratis dan bagus lainnya yang mendukung semua jenis file MKV dengan codec video / audio apa pun karena codec MKV bawaannya. Tentu saja, pemutar MKV ini dapat memutar file lain termasuk MP4, HEVC, M2TS, H.264, MPEG-4, AVI, MOV, WMV, FLV, dll. Dalam resolusi apa pun, 720p, 1080p Full HD atau 4K Ultra HD.

Pemutar video MKV gratis ini memang memiliki banyak fitur tambahan sebagai berikut:

  • Mainkan musik lossy / lossless.
  • Unduh film MKV gratis dari 300+ situs video online dan unduh video lagu dari 1000+ situs video.

4. Media Player Classic

OS yang didukung: Windows

Pemutar media klasik (alias. MPC-HC), pemutar video open-source, adalah pemutar file MKV lain yang paling banyak diunduh di Windows. Saat mengunduh pemutar MKV gratis ini, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan karena tidak ada iklan, bilah alat yang mengganggu, atau spyware laten.

Namun, itu memang memiliki beberapa kelemahan. Saat memutar file MKV di Windows 10, Anda akan menemukan pemutar MKV gratis ini mengalami kesulitan untuk menampilkan subtitle MKV untuk ditampilkan karena tidak memiliki codec MKV. Sekarang, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengunduh dan menginstal paket codec Media Player Classic dan menginstal kembali MPC.

5. DivX Plus Player

OS yang didukung: Windows dan Mac

Artike Lainnya  Aplikasi Pembuat Logo terbaik di PC dan Android

DivX Plus Player dapat memutar file MKV dengan cara yang baik. Pemain MKV ini juga menawarkan fitur bagus lainnya. Seperti, ia menawarkan proses pemutaran MKV yang cepat maju dan mundur, dan mendukung hingga 8 MKV beberapa subtitle dan trek audio.

Salah satu masalah terbesar dengan pemutar file MKV ini adalah tidak ada yang gratis untuk pengguna. Kadang-kadang, untuk memberikan rentang yang lebih besar dari opsi pemutaran media MKV, Anda perlu menambahkan fungsi pemutaran video Blu-ray ke pemutar MKV ini.

6. CyberLink PowerDVD

OS yang didukung: Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista

PowerDVD adalah salah satu pemain MKV terbaik untuk Windows 10. Ia menawarkan tiga opsi berbeda, (Standar, Pro, dan Ultra) untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda. Pemutar MKV ini adalah pemutar multimedia serba. Ini memberikan pengalaman 360˚ VR paling mendalam yang mungkin dengan dukungan audio spasial baru. Dan, itu bahkan dapat mengunduh video dari YouTube atau Vimeo. Sayangnya, PowerDVD tidak menawarkan versi gratis. Jika suka, Anda dapat mencoba pemutar MKV ini selama 30 hari.

7. Real Player

OS yang didukung: Windows & macOS & Linux & Android

RealPlayer adalah pemutar video MKV gratis yang dapat memutar file MKV dengan codec video umum. Selain itu, pemutar file MKV ini memungkinkan Anda mengunduh video MKV dari situs online. Selain itu, mendukung konversi video. Dengan demikian, Anda dapat mengubah MKV ke MP4 atau format file lain yang Anda suka.

8. KMPlayer

OS yang didukung: Windows

KMPlayer mendukung pustaka video codec dan format yang luas seperti MPEG 1/2/4, ASF, MKV, FLV, MP4, DVD, dll. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan pemutar ini untuk memutar file MKV. Pemutar MKV ini memungkinkan Anda melakukan beberapa penyesuaian, termasuk pemfilteran gambar, soundtrack, kecerahan, saturasi, zoom, lompatan pemutaran, dll.

Artike Lainnya  5 Rekomendasi keyboard komputer 2020

KMPlayer adalah pemain MKV yang baik tetapi memiliki beberapa kelemahan. Ini berisi perangkat lunak yang dibundel dan iklan yang tidak sesuai.

9. Potplayer

OS yang didukung: Windows

Potplayer dan KMplayer memiliki kesamaan karena bagian dari tim pengembangan Potplayer masih berasal dari KMPlayer. Namun, Potplayer menawarkan decoding perangkat keras GPU yang luar biasa, khususnya untuk video resolusi tinggi 4K. Jadi, ini adalah pemain MKV yang bagus.

Jika Anda memutar video MKV dengan codec HEVC intensif komputer melalui pemutar MKV ini, Anda akan melihat bahwa pemain ini menghasilkan efek pemutaran yang halus, dengan gambar video yang jernih dan suara yang jernih, tanpa pembekuan / lagging atau masalah kegagapan. Di sisi lain, respons sistem Anda akan ditingkatkan karena CPU komputer dapat dikurangi hingga tingkat minimum.

10. GOM Player

OS yang didukung: Windows

Dibuat oleh Korea Selatan, pemain GOM adalah pemain MKV gratis lain yang dapat memutar file MKV dengan codec H264, HEVC, VP8. Tapi, itu tidak bisa memutar file MKV dengan codec VP9.

Aplikasi freeware MKV ini memberikan transparansi informasi yang jauh lebih tinggi dan lebih tulus kepada penggunanya. Itu daftar semua kekurangan. Ini memiliki persyaratan entry-level untuk desktop Anda, ia memberi tahu Anda bahwa ia tidak dapat menangani semua pemutaran video, dll. Semua informasi termasuk kekurangan atau sisi-sisi yang tidak sempurna terdaftar di bawah “Spesifikasi” pada halaman produk produk resminya.