Pernahkah kalian mendengar istilah tentang “penyimpanan awan”, atau istilah kerennya yaitu “cloud storage”. Penyimpanan dengan secara “awan” bukan berarti kalian bisa menyimpan file digital di awan asli pada langit atas rumah kalian ya. Maksdyd dari penyimpanan berbasis awan ini adalah sebuah teknologi untuk menyimpan berkas-berkas digital dengan server berkapasitas yang sangat bersar sebagai media penyimpanannya, dimana penggunanya bisa mengakses semua berkas-berkas tersebut meskipun lokasi servernya sangat jauh dari lokasi pengguna.

Konsep dengan cloud storage ini adalah salah satu implementasi dari berbagai jenis cloud computing yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah. Secara fisik, sebenarnya berkas-berkas tersebut masih tersimpan di dalam sebuah server yang memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat besar. Akan tetapi, berkas-berkas tersebut bisa terjamin keamanan dan kehandalannya karena terdapat pemeliharaan yang dilakukan oleh penyedia jasa penyimpanan awan atau cloud storage.

Banyak dari penyedia jasa yang menawarkan layanannya sebagai tempat penyimpanan data yang berbasis cloud dengan masing-masing keunggulan yang mereka miliki. Salah satu penyedia jasa tersebut yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini adalah Google dengan layanan Google Drive. Layanan yang satu ini telah diluncurkan pada bulan April 2012. Dengan menggunakan dukungan infrastruktur yang dimiliki oleh Google, layanan cloud storage yang satu ini memiliki kecepatan upload dan download yang sangat cepat dan juga stabil.

Agar bisa menggunakan layanan Google Drive ini, kalian harus terdaftar dan memiliki akun Google. Jika kalian belum memiliki akun Google alias belum terdaftar di Google, ada baiknya untuk membuatnya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, pendaftarannya gratis kok, tidak berbayar alias 0 rupiah. Dengan menggunakan akun Google ini, kalian juga bisa menikmati semua layanan lainnya yang telah disediakan oleh Google seperti GMail, Youtube, Blogger, Google Maps, Google Kalender, dan masih banyak yang lainnya.

Artike Lainnya  Rekomendasi printer Dot Matrix terbaik 2020

Apaila kalian pengguna perangkat Android, biasanya aplikasi Google Drive sudah terinstal di dalam perangkat Android kalian secara otomatis. Sehingga kalian tidak perlu lagi untuk menginstalnya. Akan tetapi jika kalian tak menemukan aplikasi Google Drive di perangkat Android kalian, kalian bisa mendownload dan menginstalnya melalui Google Play Store. Untuk bisa melakukannya, kalian juga harus memiliki akun Google Play Store jika kalian belum terdaftar.

Kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive beberapa diantaranya adalah kapasitas gratis yang diberikan sebesar 15 GB dan terdapat fitur berbagi berkas. Kapasitas 15 GB tersebut tentunya sudah cukup untuk penggunaan standar, apalagi ditambah dengan adanya fitur berbagi.

Tetapi suatu saat kalian bisa saja pernah mengalami masalah ketika hendak mendownload berkas yang dibagikan atau mendownload kembali berkas yang pernah kalian upload ke Google Drive. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Google Drive sudah membatasi jumlah download dari berkas tersebut. Alasannya adalah karena dalam rentang waktu 24 jam, terdapat banyak orang yang mengakses berkas tersebut. Kasus ini biasanya akan muncul pada berkas Google Drive yang telah dibagikan oleh seseorang. Hal ini mengakibatkan kalian jadi tidak bisa mendownload berkas tersebut di Google Drive.
  • Terdapat masalah pada koneksi internet yang kalian gunakan. Karena Google Drive ini adalah tempat penyimpanan berkas yang berbasis cloud, maka kalian harus selalu terkoneksi dengan internet agar bisa mengakses berkas kalian di Google Drive. Yang artinya koneksi internet kalian harus dalam kondisi stabil.

Maka dari itu pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive. Berikut ini pembahasannya:

1. Cara Mengatasi gagal Download di Google Drive karena Limit Download

Langkah-langkah yang satu ini bisa kalian terapkan di Google Drive versi PC atau yang diakses menggunakan web browser terbaik yang biasa kalian gunakan. Apabila kalian menggunakan Google Drive yang sudah diinstal di PC atau smartphone (dengan aplikasi, bukan melalui web), maka langkah-langkah di bawah ini tidak dapat dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi tidak bisa download di Google Drive karena limit download:

  • Salin alamat link yang sudah didapatkan dari fitur berbagi berkas pada Google Drive.
  • Masukkan kembali alamat link yang telah dibagikan dengan cara klik kanan pada kolom alamat di web browser kalian, kemudian pilih “Tempel” atau “Paste”.
  • Selanjutnya pada alamat link, hapus bagian “&export=download”, kemudian ganti bagian “uc”dengan tulsan “open” (semuanya ditulis tanpa tanda kutip).
  • Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman web yang memuat tampilan sekilas dari berkas tersebut dengan tombol “Download”. Pada bagian pojok kanan atas halaman tersebut, cobalah untuk meng-klik logo “Google Drive +” > “Drive Saya”. Dengan tujuan berkas tersebut ditambahkan terlebih dahulu ke penyimpanan Google Drive yang kalian punya.
  • Selanjutnya klik kanan pada berkas yang akan didownload, kemudian klik “Buat Salinan”.
  • Kemudian buka halaman beranda dari Google Drive kalian. Berkas yang tadi telah ditambahkan, kini telah tersimpan di Google Drive kalian dengan nama berkas yang diawali dengan nama “Salinan”.
  • Lalu klik kanan pada bagian berkas tersebut atau klik ikon 3 titik di sebelah nama berkas. kemudian klik “Download”.
  • Tunggu hingga proses download selesai.
  • Sampai tahap ini telah Selesai, masalah tidak bisa download di Google Drive akibat limit download kini sudah teratasi.
Artike Lainnya  Aplikasi foto terbaik di android

2. Cara Mengatasi gagal Download Berkas di Google Drive menggunakan IDM

Siapa yang tak mengenal IDM alias Internet Download Manager? Ya, software yang satu ini sangatlah diandalkan dalam mendownload semua jenis berkas dari internet, termasuk video, file terkompresi, dokumen, dan lain sebagainya. Terkadang saat menggunakan IDM untuk mendownload berkas yang ada di Google Drive, kalian mendapatkan masalah yang membuat berkas tersebut tidak bisa didownload. Berikut ini akan kami berikan cara-cara untuk mengatasinya. Sebagai catatan, cara-cara berikut ini hanya bisa kalian lakukan di Google Drive yang diakses menggunakan web browser saja yaa.

  • Buka link download pada berkas Google Drive seperti biasa.
  • Lalu, hapus pada bagian “drive.google.com/file/d” dan pada bagian “/view”. Kedua hal tersebut akan menyisakan ID File Host dari berkas yang kalian download.
  • Selanjutnya tambahkan alamat URL “https://googledrive.com/host/” di depan ID File Host tersebut. dan tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Maka secara otomatis, kalian akan mendownload berkas tersebut. Akan tetapi, nama berkasnya akan berubah dan tidak akan sama dengan judul aslinya.
  • Selanjutnya buka jendela Download pada browser yang kalian gunakan. Apabila kalian menggunakan Google Chrome, cobalah untuk klik “Show All Downloads”, lalu klik “Cancel”.
  • Kemudian klik kanan pada nama berkas yang tadi didownload. Dan pilih “Copy link” atau “Salin alamat tautan”.
  • Buka kembali software IDM, lalu klik “Add URL”
  • Tempel / paste alamat link yang tadi telah di salin ke kolom alamat di IDM. Kemudian klik OK.
  • Apabila sudah mulai muncul jendela yang menjelaskan rincian berkas yang akan didownload, klik “Start Download”.
  • Selesai. Kini kalian sudah bisa mengatasi masalah tidak bisa download di Google Drive menggunakan IDM.
Artike Lainnya  Cara install dan setting Bind9 di server Linux debian

3. Cara Mengatasi gagal Download karena Masalah Koneksi Internet

Apabila penyebab kalian tidak bisa download berkas di Google Drive karena masalah koneksi internet, maka berikut ini adalah hal-hal yang harus kalian lakukan:

  • Jika kalian menggunakan koneksi LAN, cobalah untuk melepaskan kabel RJ45 dari port LAN komputer atau laptop kalian dan sambungkan kembali beberapa saat kemudian.
  • Coba untuk mereset router tempat LAN kalian tersambung. Bisa juga koneksi LAN kalian mengalami masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN.
  • Akan tetapi jika kalian menggunakan koneksi jaringan seluler, maka periksa ketersediaan sinyal jaringan seluler di daerah kalian berada.
  • Setelah kalian melakukan langkah-langkah di atas dan ternyata koneksi internet kalian masih bermasalah, mungkin penyebabnya bisa jadi karena kalian belum membayar tagihan internet atau kuota paket data kalian telah habis. Segera untuk membayar tagihan internet atau beli kuota paket data kalian.
  • Atau kalian juga bisa menggunakan koneksi internet alternatif, bisa dengan menggunakan jaringan seluler dari operator lain, atau menggunakan jaringan Wi-Fi.

Itulah 3 cara untuk mengatasi gagal download pada google drive, semoga cara diatas dapat menangani masalah kalian. Dan artikel ini bisa bermanfaat juga bagi pembaca. Terimakasih.