Diera yang modern saat ini siapa yang tidak mengenal internet, tempat mencari informasi apapun yang kita butuhkan untuk mempermudah pekerjaan kita. untuk mengakses internet atau browsing kita tentunya perlu yang namanya browser. Sekarang ini banyak sekali browser yang bermunculan, tetapi untuk menemukan aplikasi browser yang pas dengan diri kita kadang sangat membingungkan, maka dari itu saya akan memberi daftar aplikasi terbaik menurut pandangan saya pribadi. Oke langsung saja yang pertama

1. Google chrome

aplikasi browser google chrome

Yang pertama masuk dalam daftar 10 aplikasi browser terbaik adalah google chrome, Saat ini orang orang sangat banyak yang menggunakan aplikasi google chrome dari yang di PC maupun di handphone karan bisanya sudah satu paket dengan sistem Android yang memang berasal dari perusahaan raksasa Google. Aplikasi ini memberikan fitur yang lumayan banyak diantaranya game dinosaurus, ketika koneksi kita putus supaya tidak bosan menunggu koneksi kita tersambung lagi ke internet bisa dengan bermain game ini.

2. Firefox

aplikasi browser mozilla firefox

Berdiri pada tahun 2002 dikembangkan oleh perusahan Mozilla. menerapkan beberapa standar web termasuk html4, html5, XML, XHTML, CSS, JavaScript dan DOM. Beberapa fitur yang tersedia contohnya akses tombol pintas, pemblokiran pop up, private browsing dan lain sebagainya.

3. Opera

aplikasi browser opera

Berasal dari Oslo Norwegia dikembangkan oleh Opera software, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 pada awalnya hanya bisa digunakan sistem berbasis Microsoft windows. Tetapi untuk sekarang Opera dapat dijalankan diberbagai sistem operasi misalnya windows, linux mac os dan lain sebagianya. Untuk fitur keamanan dan privasi opera menggunakan protokol SSL dan TSL, protocol akan memberikan informasi keamanan situs yang diakses di address bar. protokol ini juga akan memeriksa situs yang diakses mengandung phising dan malware atau tidak.

4. Microsoft Edge

aplikasi browser microsoft edge

Aplikasi ini merupakan browser bawaan dari Microsoft windows 10, browser ini sebagai alternatif pengganti internet Explorer yang terlanjur usang dan rentan terhadap keamanan. Aplikasi ini memiliki fitur yang kekinian salah satunya streaming konten 4K di Netflix dan terintegrasi langsung dengan software microsoft. Tetapi banyak pengguna windows memilih browser ini jadi pilihan kedua karena dari segi kecepatan kurang bisa diandalkan.

5. UC Browser

aplikasi browser uc browser

Siapa yang tidak kenal uc browser? uc browser sangat terkenal sebagai pengguna mobail karena fitur fiturnya sangat cocok. salah satunya proses download yang sangat cepat dan mampu mengkompres data sehingga dapat menghemat kuota internet. mode malam dan akses kontrol video dengan gerakan juga fitur yang disediakan oleh browser ini.

6. Safari

aplikasi broser apple safari

Browser yang satu ini tidak asing lagi bagi pengguna Macbook dan juga Iphone karena dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc, tetapi tenang bagi pengguna windows bisa kok merasakan menggunakan aplikasi ini untuk versi windows. Pertama diluncurkan pada tahun 2007 di San Francisco. Safari memiliki keamanan yang cukup tinggi dan juga dibekali Nitro Engine untuk mengelola aplikasi berbasi web agar lebih cepat ditampilkan.

7. Tor

aplikasi browser tor

Di kembangkan oleh The Tor Project rilis pertama kali pada tahun 2002. Tor menggunakan jaringan yang dinamakan onion routers untuk melindungi privasi dan anonimitas anda. Penyedia layanan internet anda tidak bisa mengetahui aktivitas yang dilakukan selama berselancar di Internet ataupun alamat yang dikunjungi.

8. Baidu

aplikasi browser baidu

Baidu didirikan oleh Robin li dan Eric xu pada tahun 2000 yang berpusat di kampus baidu terletak di Distrik Haidian Beijing RRC. Baidu juga merilis layanan seperti Wikipedia yang dinamakan Baidu baike. memiliki fitur mendeteksi apakah situs yang diakses terdapat virus atau tidak. aplikasi ini juga menyediakan fitur download video tanpa aplikasi tambahan.

9. Maxthon

aplikasi browser maxton

Perusahaan Maxthone Ltd asal Tiongkok yang berbasis di Beijing mengembangkan aplikasi browser yang dinamakan maxthon, diluncurkan pertama kali pada tahun 2005. Browser ini dapat berjalan di windows, Android, Mac, Ios, dan Linux. Memiliki interface yang sederhana dan memiliki ukuran yang kecil cocok untuk perangkat anda yang mempunyai spek minimum.

10. Vivaldi

aplikasi browser vivaldi

Jon Stephenson von Tetzchner dan Tatsuki tomita mantan pendiri dan CEO Opera Software mendirikan perusahan sendiri yang dinamakan Vivaldi technologies mengembangkan aplikasi Vivaldi Browser. Pertama kali muncul pada tahun 2016, memang belum lama seperti browser yang sudah saya sebutkan sebelumnya tetapi memiliki segudang fitur yang cantik terdapat tema yang disediakan jika bosan dengan yang itu itu saja. Memiliki antarmuka yang minimalis dengan ikon dan fonta dasar serta skema warna yang dapat diubah.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai pilihan 10 Aplikasi Browser terbaik di tahun 2020, tinggal disesuaikan dengan pilihan masing masing yang cocok untuk digunakan. untuk saat ini aplikasi browser yang paling populer adalah google chrome dan firefox. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat bisa share artikel ini ke media sosial kalian. Terima Kasih