Semua kemudahan yang didapat dari Smart TV didasarkan pada penggunaan sistem operasi pada perangkat. Sistem operasi sebelumnya dikenal dan digunakan oleh perangkat elektronik seperti komputer dan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas di perangkat tersebut.

Windows, Linux, MacOS adalah beberapa sistem operasi yang banyak diterapkan pada komputer, baik desktop maupun laptop. Sedangkan smartphone biasanya menggunakan sistem operasi berbasis Android dan iOS (iPhone only).

Sistem operasi pada Smart TV belum begitu populer dibandingkan dengan sistem operasi komputer dan smartphone yang memang sudah lama terkenl di masyarakat. Seiring berjalannya waktu dengan perkembangan Smart TV yang terus meningkat, menjadikan masyarakat mulai mengenal sistm operasi pada Smart TV.

Sebagai otak utama pengoperasian Smart TV, terdapat beberapa sistem operasi yang umumnya digunakan oleh Smart TV sebagai berikut ini:

1. Android TV

sistem operasi smart tv

Android TV adalah sistem operasi dari Google Android yang telah dikonfigurasi untuk menjalankan berbagai hal di Smart TV. Perbedaan antara Android TV dan Android di perangkat seluler juga cukup jelas. Dimana Android TV hanya fokus mencari berbagai konten yang bisa dinikmati melalui layar TV. Aplikasi pendukung Google Play Store dan Google Assistant juga disematkan pada Android TV.

Terdapat beberapa vendor seperti Sony, Philips, dan Sharp yang sudah mengusung Android TV sebagai sistem operasi utama di Smart TV mereka. Sebelum menggunakan Android TV sebagai sistem operasi utama, vendor Sony, Philips, dan Sharp menggunakan sistem operasi lokal seperti Sony dengan Sonny Apps, Philips dengan Net TV, dan Sharp dengan Smartcentral.

Artike Lainnya  Game simulasi truck terbaik untuk komputer

2. Firefox OS

Firefox OS adalah sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Mozilla. Pada tahun 2013 sistem operasi ini dirilis, pada awalnya sistem operasi ini hanya digunakan untuk beberapa produk elektronik seperti smartphone, komputer, kemudian diterapkan ke Smart TV.

Panasonic secara resmi mengumumkan kolaborasi antara Smart TV dan Firefox OS pada tahun 2014, dan akan memproduksi Smart TV di masa mendatang. Sebelumnya Panasonic sudah menggunakan sistem operasi miliknya sendiri yaitu sistem operasi Viera Connect.

3. Tizen OS

Tizen adalah sistem operasi terbuka berbasis Linux dan WebKit Runtime. Setelah MeeGo dan Limo dihentikan Intel dan Samsung mendukung Tizen untuk membuat proyek baru. Kehadiran Tizen OS sendiri merupakan kombinasi dari MeeGo dan Limo tersebut.

Dirilis sekitar tahun 2013, Tizen diharapkan menjadi pesaing utama Android Google. Sekarang perangkat sistem operasi Tizen digunakan secara eksklusif untuk Samsung Smart TV.

4. webOS

sistem operasi smart tv

WebOS adalah sistem operasi dengan nama Oven webOS di LG webOS. Sistem operasi berbasis Kernel Linux dibangun pada tahun 2009 oleh Palm. Kehadiran WebOS sebenarnya menggantikan sistem operasi Palm OS yang dihentikan. Pada tahun 2010 WebOS diakuisisi oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat yaitu HP dengan tujuan menjadikan OS ini sebagai bagian utama dari semua produknya. Hingga akhirnya pada tahun 2013 WebOS secara resmi diambil alih oleh LG.

Sebelum WebOS, LG Smart TV menggunakan Google TV atau Netcast sebagai sistem operasinya. Namun, sejak pengambilalihan WebOS dari HP pada tahun 2013, LG kemudian merealisasikan produk Smart TV mereka pada tahun 2015 yang berbasis WebOS. WebOS diyakini memiliki tampilan yang jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan sistem operasi lain yang terlalu rumit.

Artike Lainnya  Fitur unggulan yang ada di teknologi NFC

Demikianlah 4 sistem operasi yang disematkan pada teknologi Smart TV. Semoga bermanfaat.