Fitur kamera seringkali menjadi perhatian khusus produsen smartphone. Meski kini fitur dan spesifikasi kamera sudah canggih, hasil jepretan seringkali tidak memenuhi harapan pengguna.

Untuk meningkatkan kualitas jepretan kamera ponsel yang dihasilkan, diperlukan lensa tambahan sebagai aksesoris untuk menunjangnya agar fungsi kamera dapat maksimal. Untuk itu, berikut penjelasan ini singkat dan rekomendasi lensa tambahan untuk ponsel Anda.

1. Jenis-jenis lensa tambahan

Anda pelu mengetahui jenis lensa yang Anda butuhkan atau ingin Anda gunakan, karena untuk pertimbangan sebelum langsung membelinya untuk ponsel Anda. Jenis-jenis lensa tambahan untuk ponsel yaitu:

  1. Lensa makro, untuk kebutuhan pemotretan jarak dekat.
  2. Lensa wide angle, untuk menangkap gambar dengan sudut pandang yang lebih luas.
  3. Lensa fish eye, untuk mendapatkan hasil jepretan kamera yang lebih besar, bulat, dan seperti lingkaran.
  4. Lensa telephoto, untuk memotret objek yang jauh dengan hasil fokus yang tajam.
  5. Lensa mikroskop, untuk mengambil dari dekat atau sangat dekat dan mendapatkan detail dari objek yang difoto.
  6. Menjelajahi fitur dan spesifikasi yang dimilikinya

Setelah mengetahui jenis-jenis lensa, Anda tetap perlu mengecek dan mengetahui fitur dan spesifikasi produk yang akan Anda beli. Misalnya seperti bentuk dan bahan lensa, diameter lensa, aperture kamera, tingkat resolusi, fitur zooming, fitur Wifi, dan lain sebagainya. Selain itu, periksa juga kesesuaian produk yang Anda inginkan dengan tipe smartphone yang Anda miliki.

Artike Lainnya  Pengertian dan fungsi Router Jaringan

2. Pertimbangkan harganya dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Lensa tambahan untuk HP dibanderol dengan harga yang sangat variatif, mulai dari terjangkau puluhan ribu, hingga jutaan rupiah. Itu semua tergantung pada fitur dan spesifikasi yang dimilikinya. Namun, alangkah baiknya dalam hal ini Anda memilih lensa yang sesuai dengan budget Anda, dan sesuaikan kualitas kamera dengan lensa yang akan dibeli, serta jangan tergiur dengan produk yang terlalu murah, karena kualitasnya tidak bisa dipastikan.

  1. 10 Lensa Tambahan Untuk HP Terbaik
  2. Sony DSC-QX10
  3. Nikon Lensbong Macro Prosumer
  4. Aukey PL-A1
  5. Exolens Pro by Zeiss
  6. Apexel Wide Angle Macro Lens
  7. Polaroid CL3
  8. 50x Tripod Zoom Lens
  9. Olloclop Telephoto
  10. Moto Hasselblad True Zoom
  11. Lesung TX-801

Cara memasang lensa tambahan di ponsel Anda pada dasarnya akan tergantung pada jenis lensa yang Anda pilih. Namun, secara umum, memasang lensa tambahan di ponsel cukup mudah. Cukup dengan memasangkan cincin atau magnet yang sudah dilengkapi dengan double tap di sekitar area lingkaran lensa kamera ponsel Anda, setelah itu pasang lensa tambahan dan siap digunakan.

Model lain yang lebih universal adalah model clip atau klip. Anda hanya perlu menyesuaikan lubang kamera dengan ujung lensa sebelum menjepit. Meski familiar, model jenis ini sering meninggalkan goresan di sekitar lensa. Untuk mencegahnya, coba gunakan lapisan karet atau pilih lensa yang sudah memiliki pelindung.

Sama seperti Anda merawat lensa kamera digital, lensa kamera tambahan perlu dirawat dengan cermat untuk menghindari goresan di lensa dan di sekitar lensa. Hal yang perlu diperhatikan agar lensa tidak tergores adalah saat membersihkan lensa dari kotoran. Sebaiknya Anda selalu menggunakan kain lensa khusus dan menggunakan cairan pembersih yang aman dengan alkohol. Usahakan juga untuk menyimpannya di dalam kantong kain atau fiber optic agar tetap aman, dan menggunakan karet atau kapas sebagai bantalan untuk menjepit lensa juga bisa digunakan agar lensa lebih aman.

Artike Lainnya  10 pemutar MKV gratis untuk Windows / MacOS / Android

Itulah rekomendasi lensa tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menunjang aktivitas fotografi Anda. Setidaknya penggunaan lensa tambahan ini bisa menghindarkan Anda dari membeli smartphone yang lebih mahal.