Dengan merawat harddisk dengan benar dan baik akan membuat hardisk tetap dalam performa yang baik serta awet dalam penggunaan normal. Harddisk adalah salah satu komponen yang penting dalam sebuah PC ataupun laptop, fungsi dari hardisk adalah untuk menyimpan data. Meskipun sekarang sudah tersedia SSD yang bisa dibilang lebih cepat kinerjanya, namun hardisk masih menjadi salah satu pilihan sebagai media penyimpanan paling favorit hingga saat ini.

Sebagai salah satu dari komponen elektronik, pastinya HDD juga akan rusak seiring dengan penggunaannya. Perlahan kesehatan dari hardisk juga akan berkurang dan akhirnya menjadi badsector. Meskipun pada akhirnya hardisk suatu saat pasti akan rusak, bukan berarti kita tidak perlu untuk melakukan perawatan. Banyak tips dan trik yang baik agar kalian bisa menjaga kesehatannya agar tidak cepat berkurang dan akhirnya rusak.

Berikut ini hal yang bisa memperpanjang usia dari HDD tersebut dan membuat HDD menjadi lebih awet. Untuk merawat HDD bisa dibilang susah-susah gampang, dalam hal ini bisa tergantung dari penggunanya. Bila ia telaten dan mempunyai sikap yang hati-hati, maka untuk menjaga kesehatan hard disk bukanlah hal yang sulit.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menjaga agar performa dari HDD tidak cepat turun dan akhirnya rusak.

  • Mematikan PC dan Laptop Dengan Benar

Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan memperhatikan cara mematikan perangkat kamu. Pastikan kalian melakukannya dengan cara yang baik dan benar sesuai prosedur. Hal inilah yang sering diabaikan oleh banyak pengguna.

  • Jangan Terlalu Banyak Membuat Partisi

Terlalu banyaj membuat sebuah partisiyang memiliki kapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa partisi. Dengan tujuan untuk memisahkan dan juga mempermudah untuk mengorganisir file-file yang berbeda. Contohnya adalah file sistem yang kita pisahkan dengan data pribadi agar tidak tercampur.

Artike Lainnya  4 Cara mudah merubah gambar jpg ke jpeg

Hal ini memanglah efektif, namun disarankan agar tidak membuat terlalu banyak partisi pada HDD. Hal ini justru akan membuat fragment hardisk juga ikut terbagi dan akan mengganggu proses read writenya. Disarankan cukup untuk membagi HDD menjadi 2 atau 3 partisi saja agar HDD tetap optimal.

  • Gunakan Laptop Di Tempat Yang Benar

Kebanyakan orang sering menggunakan laptop saat sedang diatas kasur. Hal ini adalah kebiasaan buruk yang dapat membuat perangkat mereka menjadi cepat rusak. Kenapa bisa begitu? Jika kalian menggunakan laptop diatas kasur atau bantal, maka udara panas yang ada pada laptop tidak akan bisa keluar dengan maksimal.

Hal ini mengakibatkan laptop menjadi cepat panas dan akhirnya overheat. Kemudian komponen dalam seperti hardisk lah yang akan terkena dampaknya dari panas yang berlebihan tersebut. Selalu gunakan laptop kalian diatas benda yang tidak menyebabkan sirkulasi udara panasnya tersumbat. Agar suhu perangkat bisa tetap terjaga dengan baik tanpa takut overheat.

  • Jangan Membiarkan HDD Sampai Overhear

Point ini adalah kelanjutan dari yang diatas. Saat sebuah perangkat PC atau laptop digunakan, maka ia akan menghasilkan suhu panas yang berasal dari kinerjanya. Namun ia sudah dirancang agar dapat membuat suhu tersebut bisa keluar dengan baik dan tidak membuat perangkat cepat panas. Jika sirkulasi udara tersebut terganggu, maka komponan dalam seperti hardisk atuapun prosesor akan mengalami overheat.

  • Menghapus File Sampah Secara Rutin

Seiring penggunaan HDD dari waktu ke waktu, maka akan tercipta sebuah file-file sampah yang tidak berguna di dalamnya. Hal ini bisa berasal dari berbagai proses yang terjadi atau bisa berasal dari berkas yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

  • Melakukan Defrag Hardisk Secara Rutin

Kemampuan hardisk akan menurun dari waktu ke waktu seiring dengan penggunaannya setiap hari. Nah, Defrag inilah suatu usaha yang berfungsi untuk menjaga kemampuan read dan write dari HDD agar sedikit kembali meningkat.

Artike Lainnya  Tips memilih Harddisk internal laptop yang baik

Dengan cara melakukannya secara rutin, maka kesehatan HDD akan lebih terjaga dan juga tidak cepat rusak. Hal ini juga bisa mencegah terjadinya badsector karena banyaknya data yang menumpuk.

  • Jangan Pernah Membiarkan Hardisk Penuh

HDD yang berfungsi sebagai media penyimpanan, tentu memiliki kapasitas yang bervariasi. Jika kalian adalah seseorang yang mempunyai hobi untuk mengoleksi foto, musik atau video disarankan agar memilih hard disk dengan kapasitas yang lumayan besar.

Selain itu juga usahakan agar tidak membiarkan hard disk terlalu penuh hingga mencapai tanda merah. Apabila ruang kosong yang tersedia hanya sedikit, maka akan membuat kinerja dari HDD menjadi semakin berat dan juga melambat.

  • Hindari Dari Benturan Keras

Point yang terakhir adalah, sebagai perangkat elektronik HDD tentunya sangat rentan terhadap benturan. Apalagi jika laptop sudah terjatuh, maka hal itu bisa mengakibatkan kerusakan bukan hanya pada hardisk tapi juga komponen lainnya.

Itulah beberapa tips untuk merawat harddisk  dengan baik untuk harddisk laptop dan pc, rawatlah Hardisk kalian sebaik mungkin karena perangkat ini sangat rentan sekali untuk mengalami kerusakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.