Di era Modern Saat ini, Content Marketing merupakan salah satu metode pemasaran produk berbasis digital yang diklaim paling efektif belakangan ini. Metode ini digunakan oleh 91% marketers perusahaan besar maupun kecil yang bermain dalam platform digital. Seiring perkembangan era komunikasi digital kegiatan pemasaran pun bergeser kepada platform-platform digital salah satunya yang paling populer adalah media sosial. Media sosial adalah alat untuk berpromosi bisnis yang terbukti efektif. Banyak pebisnis lebih memilih promosi online karena promosinya lebih mudah dan cepat.

Seiring dengan pesatnya perkembangan didunia digital, telah mengubah cara atau teknik banyak pelaku usaha mempromosikan produknya ke customer. Karena itu pembuatan konten marketing yang menarik sangat di perlukan untuk kemajuan bisnis. Melalui konten marketing yang menarik, akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Terlebih saat ini pengguna media sosial sangat banyak , mulai dari kalangan remaja sampai orang dewasa bahkan satu orang bisa memiliki 2 akun lebih media sosial. Lalu bagaimana menciptakan konten yang menarik bagi calon customer? Seperti apakah Konten tersebut?. Maka dari itu pada Kesmpatan kali ini saya akan berbagi tips tentang konten yang menarik customer supaya tidak bosan apa yang kita tawarkan ke media sosial. Berikut ulasannya:

  • Buatlah Konten Yang Berkualitas dan Sesuai Tren

Untuk membuat konten yang berkualitas, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah apa yang sedang menjadi trend di mesin pencari google. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mencari tahunya melalui Google Trends. Setelah Anda mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis Anda.

  • Konten Harus Mendefinisikan Audiens Anda

Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan dimana mereka biasa berkumpul akan mustahil bagi Anda untuk memiliki kesempatan menciptakan konten yang benar-benar mendidik, menghibur, dan mengubahnya pola pikir audiens. Pastikan konten yang Anda buat haruslah mampu mendefinisikan target audiens Anda.

  • Repurpose Konten Anda

Anda mungkin berpikir bahwa setiap konten yang dibuat harus merupakan konten original. Hal ini tentunya benar, akan tetapi terkadang melakukan repurpose untuk konten yang sudah pernah dibuat sebelumnya juga dapat menjadi sesuatu yang menarik.

  • Promosikan dan Distribusikan Konten Anda

Tugas Anda tentunya tidak berhenti saat Anda berhasil membuat konten yang hebat saja. Setelah konten telah dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk mendistribusikannya. Distribusi konten dapat dilakukan melalui sosial media, website, blog, dan channel promosi lainnya. Pastikan Anda mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak audiens yang didapatkan.

  • Tetapkan Tujuan Anda

Semua pemilik bisnis yang ditanya mengenai apa yang diharapkan dari konten marketing yang dibuat, Pasti mengatakan, “peningkatan penjualan.” Lebih banyak orang mengetahui apa yang Anda lakukan, dan siapakah Anda. Contoh: Saat di tahap awal Anda akan menargetkan dibuat biasa akan berupa pengenalan-pengenalan akan bisnis, company profile, dan lainnya.

Artike Lainnya  Nonaktifkan Editor Gutenberg dan kembalikan Classic editor

Segera setelah brand awareness sudah dicapai, Anda mungkin akan mulai menetapkan tujuan menjadi peningkatan penjualan, maka di sini konten yang dibuat berupa promo-promo, dan sebagainya. Menentukan tujuan akan menentukan arah konten marketing yang telah dibuat.