Surat Lamaran Kerja merupakan surat atau sebuah dokumen yang memberikan gambaran mengenai Pengalaman kerja secara singkat, sekaligus menjelaskan mengenai daftar Riwayat Hidup yang umumnya digunakan untuk bahan referensi dalam melamar atau mencari Pekerjaan. CV yang memiliki tampilan menarik dan cukup sederhana memiliki keunggulan di dalam sebuah perusahaan untuk melakukan panggilan kerja atau interview berdasarkan data dan Pengalaman yang kita dapatkan.

Sebelum kita membuat CV yang harus kita lakukan adalah membuat Surat Lamarannya terlebih dahulu,tanpa surat Lamaran maka CV terlihat kurang lengkap dan tidak efektif. Berbagai Surat Lamaran yang kita buat harus dilengkapi nama perusahaan serta alamat, Tanggal pembuatan surat , pembuka surat dengan berisikan nama alamat dan sebagainya ( data diri yang termasuk umum ) kemudian Lampirkan – Lampirkan yang sebagaimana ingin anda lampirkan sebagai tambahan atau pendukung dalam melamar pekerjaan.

Surat Lamaran kerja adalah surat yang dikirim oleh perorangan, baik kepada orang lain maupun kepada lembaga /Instansi atau organisasi. Secara khusus, surat lamaran merupakan surat penyajian permohonan dari pihak pelamar kerja kepada sebuah badan usaha untuk memberikannya kesempatan untuk bekerja di badan usaha tersebut. Untuk mencapai tujuan ini, sebuah surat lamaran kerja biasanya dilengkapi dengan Daftar Riwayat Hidup sang Pelamar untuk memperkuat alasan bagi pihak pemberi kerja dalam mempertimbangkan permohonan yang diajukan oleh Pihak Pelamar

Artike Lainnya  cara sharing printer di windows

Untuk kalian yang ingin diterima kerja dengan baik, anda juga harus memiliki keahlian skill dalam membuat CV yang baik dan benar , yang harus kita lakukan dalam pembuatan CV, Berikut langkah – langkahnya :

  • Lengkapi Data Diri Pribadi

Yang pertama kali kita lakukan adalah melengkapi data diri sesuai KK, atau KTP. Ketikan Nama anda, Alamat lengkap, jenis kelamin, agama dan sebagainya. Untuk memudahkan informasi dengan benar biasanya kita akan diminta melakukan foto copy KK, KTP, atau bahkan Kartu mahasiswa sebagai bahan pendukungnya.

  • Lengkapi Data Pendidikan Formal

Data ini sangat dibutuhkan untuk Perusahaan mengenai Info yang diberikan berdasarkan Kualifikasi Pendidikan minimal, Biasanya pendidikan yang sering di cari adalah minimum pendidikan tamat SMK/SMA Sederjat , dan Jika itu perusahaan besar minimum kualifikasinya adalah Pendidikan tamat D3/S1. Dituliskan secara benar dengam melampirkan Foto Copy Ijazah Pendidikan Terakhir.

  • Lengkapi Data Riwayat Pengalaman Kerja

Mendapatkan Pekerjaan setelah menyandang gelar adalah sebuah keharusan. Para Fresh Graduate ini seperti dituntut untuk mendapatkan pekerjaan di tengah persaingan ketat dunia kerja. Mereka harus berkompetisi, tidak hanya fresh graduate saja, tetapi juga dengan para pencari kerja yang sudah berpengalaman di bidangnya. Namun, tidak semua Perusahaan menginginkan Fresh Graduate, tetapi ada juga yang menginginkan yang sudah berpengalaman dibidang yang sama dalam waktu yang lama didalam satu organisasi yang sama.

Pengalaman kerja ternyata juga penting, Tidak membutuhkan waktu yang lama, tidak sulit untuk mengarahkan, dan lebih cepat dalam bekerja. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi atau ketentuan yang berlaku, jika perusahaan membutuhkan dengan memiliki suatu ketentuan dengan kriteria yang di cari adalah seorang Akuntansi atau Administrasi, maka ini sangatlah berpeluang untuk para lulusan S1 Akuntansi atau D3 Akuntansi sebagai Staf Administrasi, biasanya perusahaan menginginkan Pengalaman kerja minimal satu atau dua tahun bahkan lebih tergantung dari kebijakan Perusahaannya.

  • Berikan Data Penguasaan Bahasa
Artike Lainnya  Alat dan utilitas PDF Online untuk Mengonversi Dokumen Resmi Anda

Penggunaan Bahasa sangat di Pelukan di dalam sebuah Organisasi/Perusahaan. Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk Berkomunikasi dengan manusia lainnya. Dalam hal ini adalah kepada rekan kerja, atasan atau bawahan kita. Memiliki kemampuan Komunikasi penggunaan bahasa yang baik adalah sangat di perlukan di dalam kiteria Info Lowongan Kerja. Bahasa Indonesia sangat dibutuhkan dalam Kehidupan sehari hari apabila kita bertempat tinggal di Indonesia, sangat cocok untuk Perusahaan Perusahaan Lokal di Indonesia. Bagaimana dengan bahasa Luar? Apakah kita wajib ?Tentu! terutama dalam Bahasa Inggris, bahasa inggris kini menjadi bahasa Internasional di Dunia. Apabila Perusahaan Lokal yang memiliki hubungan kerjasama dengan Perusahaan Luar Negeri Bahasa Inggris wajib digunakan. Sebab atasan kita adalah seseorang dengan berwarganegara yang berbeda.

  • Foto Copy Lampiran- Lampiran Pendukung

Setelah kita selesai Membuat Surat Lamaran Kerja , dan CV yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mengcopy Lampiran Pendung meliputi :

  1. Pas Foto 3×4
  2. Foto Copy KK
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy Ijazah
  5. Foto Copy Sertifikat Sertifikat / Prestasi

Kita cukup melampirkan minimal 2 lembar Foto Copy an lalu kita serahkan berkas-berkasnya kepada yang Bersangkutan dengan memasukan berkas-berkas tersebut kedalam Amplop Cokelat yang biasanya tersedia di Toko ATK untuk perihal Pelamar Kerja.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda supaya anda mudah dalam pembuatannya untuk mencari kerja sesuai yang anda Inginkan. You Can Do it and Good Luck !