Layanan ibadah streaming langsung adalah bagian besar dari kehidupan kita saat ini. Ada banyak dari kita yang melakukannya untuk pertama kali dan berada di bawah tekanan untuk membuatnya siap dalam waktu kurang dari satu atau dua minggu tanpa memiliki pengetahuan sebelumnya tentang hal itu. Banyak dari kita, berpikir kita tidak akan pernah melakukan ini, menjadi pro dalam semalam. Namun, masih banyak orang di luar sana mencari solusi yang mudah dan murah. Saya telah menemukan beberapa opsi berbeda yang gratis. Di blog ini, saya akan memandu Anda mengatur streaming langsung menggunakan vMix versi dasar gratis dan mengirimkannya ke halaman atau grup Facebook Anda atau saluran Youtube Anda. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangkapan layar atau menggunakan tangkapan layar atau menggunakan NDI (antarmuka perangkat jaringan).

Jika Anda memiliki perangkat lunak presentasi EasyWorship, dan Anda memiliki kamera video dan kartu tangkap atau webcam, Anda dapat live streaming feed kamera Anda dan juga memiliki lebih banyak teks pertiga yang lebih rendah. Anda juga dapat mengirim slide media atau presentasi yang Anda miliki di EasyWorship ke streaming langsung Anda.

1. Menginstal vMix

Anda dapat pergi ke situs web vMix dan klik Unduh di bagian atas halaman. Kemudian, klik untuk mengunduh versi terbaru vMix. Ini akan mencakup semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan ini. Setelah diunduh, instal dan buka dari ikon di desktop Anda atau dari menu mulai Windows Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur daripada apa yang datang dengan versi dasar vMix, Anda dapat memeriksa versi berbayarnya juga. Itu akan memberi Anda akses ke hal-hal seperti resolusi video yang lebih tinggi dan banyak lagi. Saat ini Anda juga bisa mendapatkan uji coba gratis versi Pro selama 60 hari.

2. Menyiapkan EasyWorship dan vMix

Membuat Umpan Video di EasyWorship

Membuat umpan di EasyWorship mengharuskan Anda untuk memiliki kamera yang terhubung ke komputer Anda melalui kartu ambil atau koneksi USB atau dibangun ke monitor komputer. Setelah kamera Anda diatur dengan komputer Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat umpan di EasyWorship.

  1. Buka EasyWorship
  2. Buka tab Media
  3. Klik pada Umpan
  4. Klik tanda plus di bagian bawah perpustakaan Feeds (ini membuka jendela feed baru)
  5. Beri nama umpan Anda di bagian atas
  6. Klik tarik turun di bawah Perangkat Input dan pilih kamera Anda (pratinjau Anda sekarang akan ditampilkan di sebelah kiri)
  7. Klik OK

3. Membuat Tema Teks Ketiga Bawah

Anda dapat mengirim umpan yang Anda buat secara langsung dengan memilih umpan itu dan mengklik Go Live di bagian atas EasyWorship. Jika Anda ingin memasukkan lirik lagu ketiga rendah, tulisan suci, atau catatan khotbah, Anda dapat membuat tema yang akan memudahkan untuk diterapkan ke lagu, tulisan suci, atau presentasi apa pun. Langkah-langkah pada dasarnya akan sama untuk membuat lagu, tulisan suci, atau tema presentasi, jadi untuk contoh ini, saya hanya akan memandu Anda melalui pembuatan tema lagu.

  1. Di EasyWorship, buka tab Media
  2. Klik pada Umpan
  3. Klik kanan umpan yang Anda buat
  4. Pilih Salin ke Tema
  5. Pilih Tema Lagu (atau Anda dapat memilih Tulisan Suci atau Presentasi di sini)
  6. Buka tab Tema
  7. Klik kanan tema umpan yang baru saja Anda buat
  8. Pilih Edit Tema Lagu
  9. Klik pada slide di sebelah kanan untuk memilih kotak teks
  10. Klik dan seret bagian atas, penanda ukuran tengah ke bawah ke bagian bawah slide
  11. Klik OK

Menambahkan Tema ke Lagu

Anda dapat menambahkan tema yang Anda buat ke lagu tertentu dengan menambahkan lagu ke jadwal Anda, lalu seret dan lepas tema ke lagu itu dalam jadwal. Jika Anda ingin menggunakan tema pada semua lagu Anda, Anda dapat mengaturnya sebagai tema lagu default dengan mengklik kanan pada tema dan memilih Set as Default Song Theme. Dengan begitu, lagu apa pun yang menggunakan tema default akan menggunakannya dan latar belakang akan menjadi umpan Anda dan teks akan berada di sepertiga bagian bawah slide.

4. Tambahkan EasyWorship ke vMix melalui Display Capture

Anda dapat menangkap layar Output EasyWorship di vMix dengan sangat mudah dan streaming langsung ke halaman / grup Facebook Anda atau saluran Youtube. Jika Anda menggunakan komputer yang sama untuk menjalankan EasyWorship dan vMix, ini akan menjadi cara termudah dan masih memungkinkan Anda untuk menampilkan output EasyWorship di proyektor atau layar TV Anda.

  1. Buka vMix
  2. Klik Tambahkan Input di sudut kiri bawah
  3. Pilih NDI / Desktop Capture
  4. Klik Capture Desktop Lokal di bagian atas
  5. Pilih tampilan yang akan dihasilkan oleh EasyWorship Anda
  6. Klik OK
  7. Go Live ke lagu Anda di EasyWorship

Ketika EasyWorship Anda aktif, dan Anda telah menambahkan input, Anda akan melihat output di tampilan kanan atas di vMix.

5. Tambahkan EasyWorship ke vMix via NDI

Anda juga dapat menangkap output EasyWorship di vMix menggunakan NDI dan mengalirkannya ke halaman / grup Facebook Anda atau saluran Youtube. Anda dapat menggunakan NDI sebagai input dalam vMix apakah Anda menggunakan komputer yang sama atau bahkan jika Anda menggunakan dua komputer yang berbeda, satu menjalankan EasyWorship dan yang lainnya vMix, di jaringan yang sama.

Sebelum menambahkan input ke vMix, Anda harus membuat perubahan di EasyWorship sehingga mengirimkan output melalui NDI.

  1. Buka EasyWorship
  2. Klik menu Edit
  3. Klik Opsi
  4. Klik menu dropdown untuk Output Monitor
  5. Pilih Aliran NDI
  6. Go Live ke lagu Anda di EasyWorship

Sekarang EasyWorship mengirimkan NDI, Anda dapat menambahkan input itu ke vMix.

  1. Buka vMix
  2. Klik Tambahkan Input di sudut kiri bawah
  3. Pilih NDI / Desktop Capture
  4. Pilih aliran EasyWorship NDI
  5. Klik OK

6. Streaming Langsung dari vMix

Layanan ibadah streaming langsung adalah bagian besar dari kehidupan kita saat ini. Ada banyak dari kita yang melakukannya untuk pertama kali dan berada di bawah tekanan untuk membuatnya siap dalam waktu kurang dari satu atau dua minggu tanpa memiliki pengetahuan sebelumnya tentang hal itu. Banyak dari kita, berpikir kita tidak akan pernah melakukan ini, menjadi pro dalam semalam. Namun, masih banyak orang di luar sana mencari solusi yang mudah dan murah. Saya telah menemukan beberapa opsi berbeda yang gratis. Di blog ini, saya akan memandu Anda mengatur streaming langsung menggunakan vMix versi dasar gratis dan mengirimkannya ke halaman atau grup Facebook Anda atau saluran Youtube Anda. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangkapan layar atau menggunakan NDI (antarmuka perangkat jaringan).

Jika Anda memiliki perangkat lunak presentasi EasyWorship, dan Anda memiliki kamera video dan kartu tangkap atau webcam, Anda dapat live streaming feed kamera Anda dan juga memiliki lebih banyak teks pertiga yang lebih rendah. Anda juga dapat mengirim slide media atau presentasi yang Anda miliki di EasyWorship ke streaming langsung Anda.

A. Facebook

Ada beberapa cara untuk mengatur streaming untuk Facebook. Anda dapat masuk ke akun Facebook Anda di vMix atau menggunakan server RTMP khusus.

  1. Di vMix, klik gigi pengaturan di sebelah Stream di bagian bawah
  2. Di sebelah Tujuan, pilih Facebook dan kemudian Anda dapat masuk, atau pilih server RTMP Kustom dan itu akan meminta URL dan Kunci Stream.
  3. Dapatkan URL dan Kunci Stream dari Facebook dan rekatkan ke vMix pada halaman pengaturan aliran. (Anda bisa mendapatkannya saat memulai Video Langsung di Facebook)
  4. Klik Simpan dan Tutup
  5. Klik Stream
  6. Saat Anda melihat pratinjau aliran Anda di Facebook, klik Go Live

B. Youtube

  1. Di vMix, klik gigi pengaturan di sebelah Stream di bagian bawah
  2. Di sebelah Tujuan, pilih Youtube dan kemudian Anda dapat masuk, atau pilih server RTMP Kustom dan itu akan meminta URL dan Kunci Stream.
  3. Dapatkan URL dan Kunci Stream dari Youtube dan rekatkan ke vMix pada halaman pengaturan aliran. (Anda bisa mendapatkannya saat memulai Video Langsung di Youtube)
  4. Klik Simpan dan Tutup
  5. Klik Stream
  6. Saat Anda melihat pratinjau aliran Anda di Youtube, klik Go Live