saat ini HP / smartphone sangat mendukung kamu untuk menjadi fotografer. Ponsel pintar ini didesain dengan resolusi kamera yang sangat mumpuni. Kamera smartphone yang makin canggih membuat mobile photography semakin populer. Namun, banyak yang masih belum memanfaatkan aplikasi kamera. Jika kamu memahami cara foto yang bagus hanya dengan Kamera smartphone, hasilnya bisa setara dengan foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer profesional

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa saat ini banyak orang lebih suka mengambil foto melalui kamera HP dibanding kamera profesional :

  • HP merupakan perangkat wajib yang akan kamu bawa kemana-mana setiap saat;
  • Kamera HP telah mengalami peningkatan drastis dari sisi software, hardware serta teknologi yang disematkan untuk meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan;
  • Sebagian orang merasa ribet kalau harus membawa kamera DSLR/Mirrorless setiap saat;
  • Kamera profesional terbilang sangat mahal dan tidak semua orang rela merogoh kocek sebanyak itu.

Berikut cara atau tips agar foto yang kalian hasilkan setara dengan fotografer profesional walaupun kalian masih pemula, yuk simak dengan seksama

Kenali kemampuan – plus minus kamera hp anda

Pintar-pintarlah memilih smartphone yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Harga HP yang lebih mahal belum tentu berbanding lurus dengan kualitas kamera yang disematkan, bisa jadi ada HP yang lebih murah dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Jaga kebersihan lensa hp anda

Pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kamera HP atau Smartphone. Mengapa demikian? Sebab tanpa disadari bisa saja tangan kita berkeringat menyentuh lensa kamera utama di Smartphone Anda.Karena, noda minyak atau keringat tersebut pada akhirnya akan meninggalkan noda tipis di bagian lensa tanpa kita sadari. Coba gunakan tisu bersih untuk membersihkan lensa kamera agar tidak mengganggu hasil foto nantinya

Artike Lainnya  Cara memperbaiki keyboard laptop

Pastikan Cahaya yang Menerangi Objek Cukup

Minimnya cahaya akan memaksa kamera untuk mem-push ISO ke tingkat yang lebih tinggi. Imbasnya, foto akan terlihat berbintik dan buram atau istilahnya noise Jadi, usahakan lokasi pengambilan foto tersedia cahaya yang cukup. Coba nyalakan lampu jika ada atau buka jendela agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.

Cari Fokus dengan Mendekati Objek

Salah satu keterbatasan memotret menggunakan Android adalah resolusi. Saat kamu menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, maka resolusi akan cenderung menurun. Hasilnya, foto akan tampak lebih buram dan tidak cerah.

Nah, bagaimana cara mencari fokus untuk mendapatkan hasil foto yang indah? Gunakan cara manual yaitu dengan mendekatkan HP atau layar kamera HP ke objek. Dengan cara manual ini, resolusi kamera tidak akan berkurang sehingga hasil foto pun lebih maksimal.

Cari posisi yang stabil


Pegangan yang stabil sangat krusial untuk mobile photography, apalagi untuk mengambil foto dalam kondisi low light. Kalian bisa gunakan mobile tripod untuk menstabilkan smartphone.

Tapi jika tidak ada, bisa gunakan objek seperti dinding, meja dan sebagainya. Jangan lupa nyalakan self-timer jika ingin mengambil foto dari kamera yang ditaruh di meja atau lemari yang jauh.

Kenali Waktu Jeda Shutter (Shutter Lag)

Processor DSLR dirancang bisa secepat kilat mengambil dan memproses foto sesaat setelah tombol shutter ditekan, sementara kamera HP memiliki apa yang disebut dengan shutter lag, yaitu waktu jeda antara tombol shutter mulai ditekan hingga kamera mulai mengambil dan memproses foto.

Waktu jeda ini disebabkan karena kemampuan prosesor HP yang memang dirancang bukan sepenuhnya untuk melakukan pengambilan foto secara cepat. Karena alasan inilah, kenali waktu jeda dan usahakan tangan kamu tetap stabil dan tidak bergerak sesaat setelah tombol shutter ditekan hingga file foto terbentuk.

Artike Lainnya  Cara install Microsoft Office All In One di Android

Mengatur Fitur ISO

ISO adalah sebuah fitur dalam kamera HP Android yang berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka semakin tinggi tingkat sensitivitas lensa terhadap cahaya dan sebaliknya. Pengaturan ISO bergantung dengan cahaya di sekitar objek. Jika cahaya disekitar objek cukup, maka kamu bisa mengatur ISO ketingkat yang rendah. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi noise pada foto. Sebaliknya, jika objek berada pada area yang minim cahaya, maka atur ISO ketingkat yang lebih tinggi. Fungsinya adalah agar objek foto terlihat dengan jelas. Kelemahannya adalah kamu akan melihat banyak noise pada hasil foto karena semakin tinggi ISO akan semakin meningkatkan kontras

Matikan atau Nyalakan HDR pada Saat yang Tepat

Hampir semua kamera smartphone saat ini memiliki mode auto HDR (High Dynamic Range) yang jika diaktifkan akan menerapkan filter ini jika dibutuhkan. Jadi, bagian gelap dan bagian terang di foto kalian akan terlihat seimbang.

Cobalah Memotret dengan Angle yang Tidak Biasa

Idealnya, sebuah foto diambil pada eye level atau sebagaimana mata memandang. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih kreatif, ubah sudut tembakan dengan memotret dari ketinggian atau dengan meninggikan kamera (bird eye) atau menurunkan kamera serendah-rendahnya 

Aktifkan Grid untuk Mendapatkan Komposisi Rule of Third yang Pas

Salah satu faktor mengapa foto terlihat bagus adalah komposisi, dan salah satu komposisi dalam dunia fotografi adalah rule of third.adi, aktifkan Grid di pengaturan kamera HP agar kamu bisa mendapatkan komposisi rule of third yang akurat sehingga keindahan foto kamu naik kelas.

Gunakan Aplikasi Edit Foto yang Bagus

Android dan iOS memiliki segudang aplikasi edit foto yang bagus di store-nya. Pilihlah aplikasi yang bagus untuk editing foto

Artike Lainnya  Asisten Virtual AI terbaik: Google Assistant

Gimana, sekarang sudah ada gambaran kan? Silahkan berkreasi agar hasil foto kamu terlihat bukan asal-asalan Trik ini patut kamu coba dan sangat menarik khususnya ketika sedang melakukan perjalanan seperti traveling, touring atau hiking

Jangan cepat puas dan selalu mencoba sesuatu yang baru dari yang sudah pernah kamu coba. Semakin banyak kamu memotret menggunakan kamera hp maka kamu akan semakin peka dan semakin lihai dalam menggunakan fitur-fitur yang disematkan dalam kamera HP tersebut.