Apa itu RDP, RDP adalah protokol untuk menghubungkan satu dengan komputer lain secara remot. Data yang akan dikirimkan melalui RDP sistem operasi akan mengenkripsikan data tersebut sebelum ditransmisikan melalui port TCP, akses remote menggunakan port 3389. Pada praktek kali ini rdp kita menggunakan local dengan oracle virtualbox. kamu juga bisa menggunakan rdp ini secara online seperti google cloud, alibaba cloud, amazon web service, microsoft azure, vultr, ovh, digital ocean dan masih banyak provider cloud lainnya.

Untuk praktek lokal setting rdp windows pc atau laptop milik kalian memiliki spesifikasi yang mendukung, seperti mendukung virtualisasi mesin, ram minimal 4gb, dan penyimpanan ruang kosong sebesar 20 gb dalam sistem.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara Remot desktop Windows 2003 Server dari client windows 8.1 pro, sebelum ke tutorial pastikan dulu windows server kalian sudah terhubung dengan windows client kalian dengan cara ping, baik jika sudah lanjut tutorial.

  • Pertama setting dulu untuk Remote desktop diaktifkan caranya Klik start pilih my computer klik kanan pilih properties

cara setting rdp windows

  • Pilih tab Remote Centang keduanya pada Remote assistance dan remote desktop

  • Disini kita mau remote windows 2003 server kita dari windows 8.1 klik start search remote desktop

cara setting rdp windows

  • Masukan ip address windows 2003 server yang sudah di setting 192.168.10.101 klik connect
Artike Lainnya  Cara Memulihkan Lupa Password Pada Laptop

  • Masukan username dan password windows 2003 server yang sudah kita buat cara setting rdp windows
  • Remot desktop berhasil berhasil disetting

  • Windows 2003 server berhasil di remote, karena system remote bawaan windows tidak realtim seperti teamviewer dan any desk jadi windows yang di remote tidak terganggu jika masih tetap menjalankan aktifitas komputer. Disini windows 8.1 pro mengetes dengan cara membuat folder baru pada desktop dan berhasil.

cara setting rdp windows

Demikian tutorial cara setting rdp windows dengan oracle virtualbox, semoga bermanfaat Terima Kasih. dan jika sudah bisa mengkonfigurasi rdp di lokal mungkin kamu bisa mencobanya secara online dengan provider yang tersebut diatas karena mereka biasanya menyediakan saldo trial dan juga bisa digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama.