Inilah beberapa tips untuk memilih laptop terbaik untuk kalian beli karena pada dasarnya perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, membuat hampir segala pekerjaan perlu ditunjang teknologi, salah satunya adalah notebook atau laptop. Di zaman sekarang dengan teknologi yang sangat canggih seperti ini, memilih laptop harus berhati-hati.Jika dulu mungkin kamu hanya beli dengan mempertimbangkan kapasitas baterai, layar, ruang penyimpanan, dan seringkali banyak di antara para calon pembeli yang kurang memahami dengan benar spesifikasi laptop yang akan dibeli.Hanya karena “kata orang merek ini bagus”, mereka lalu membelinya, atau karena harga yang mahal, sehingga banyak yang beranggapan bahwa laptop tersebut pasti bagus. Sayangnya, setelah digunakan spesifikasi laptop tersebut terlalu tinggi alias tidak sesuai dengan kebutuhan. Alhasil, secara tidak langsung kita membuang uang untuk hal yang tidak kita perlukan.

Tren penggunaan laptop bahkan bisa disejajarkan dengan penggunaan ponsel. Hampir setiap orang apalagi kelas pekerja maupun pelajar rata-rata sudah memiliki laptop. Karena hal ini dinilai sebagai cara untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba digital. Ujian sekolah saja saat ini sudah mulai digital, kemudian pendaftaran layanan masyarakat juga sudah mulai digital, jadi gak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-hari.

Nah karena keberadaan dan fungsi laptop itu sangat penting, ada baiknya kamu membeli laptop yang berkualitas. Agar tidak salah pilih, simak tips dasar di bawah ini sebelum masuk ke intinya.

Artike Lainnya  Download Driver Untuk Semua Merk Printer dengan Hardware Ids

Tempat mencari laptop baru dengan kualitas yang bagus

Sebelum membeli laptop baru ada baiknya perhatikan dulu di mana tempat kamu membelinya, jangan asal membeli saja. Risiko jika membeli di tempat asal-asalan, takutnya itu barang refurbish alias barang bekas rusak yang diperbaiki lagi. Duh jangan sampai deh kamu kena penipu kaya gitu.

Jika ingin yang berkualitas sudah pasti membeli di counter resmi. Misalnya kamu mau beli Macbook, ya bisa pergi ke Ibox. Atau kalau mau membeli Asus bisa mengunjungi gerai resminya. Tapi sayangnya, biasanya harga yang mereka berikan adalah harga pasti, jadi tidak bisa ditawar-tawar lagi. Namun, kamu tidak perlu khawatir barangnya refurbish, karena unit yang dijual dalam kondisi baru, prima, dan masih disegel.

Selain gerai resmi, kamu juga bisa mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan elektronik yang terkenal. Di setiap kota-kota besar pasti ada tempat perbelanjaan seperti itu. tinggal kamu pintar-pintar memilih toko mana yang terpercaya. Informasi bisa didapat di berbagai forum-forum atau website di internet.

  • Laptop Baru Atau Bekas

Sebelum kamu membeli laptop, kamu harus menentukan terlebih dahulu, apakah kamu akan membeli laptop baru atau bekas? Tentu ini akan berkaitan dengan alokasi dana yang akan kamu keluarkan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhanmu

pertama kamu harus memperhatikan kebutuhanmu sendiri, mau dipakai untuk apa laptop yang kamu beli nantinya. Untuk mempermudah kita bagi ke dalam tiga kategori utama yaitu :

    • Laptop Kantoran

Untuk kebutuhan – kebutuhan ringan seperti browsing, dengerin musik, tugas, atau sekedar memainkan game – game ringan saja. Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, cukup untuk memenuhi keperluan – keperluan yang berhubungan dengan office.

    • Laptop Grafis

Kebutuhan kamu adalah berhubungan dengan grafik dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan word processing dan juga memainkan game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja.

Artike Lainnya  TIPS CARA MEMBONGKAR PASANG LAPTOP

Kamu lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan bermain game-game berat, dengan jangka waktu cukup lama, membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan jernih dan tajam. Sesekali digunakan menonton film dengan kualis tinggi seperti blueray.

  • Memilih Sistem Operasi

Tips selanjutnya ada pada sistem operasi. Sebelum membeli laptop mungkin sering sekali dihadapkan dengan kebingungan ketika memilih sistem operasi dari laptop tersebut, terutama bagi orang yang awam dengan dunia teknologi.

Sistem operasi ada banyak sekali, namun ada beberapa sistem operasi yang biasanya terjual beserta laptopnya, namun ada juga laptop yang dijual tanpa sistem operasi, jadi kamu harus membeli lisensi dari sistem operasi yang kita inginkan

  • Memilih Ukuran

Sebelum kita melihat harga dari sebuah laptop, kita juga memperhatikan ukuran dari laptop yang akan kita pilih. Ukuran laptop memiliki banyak varian, dari yang terkecil sampai terbesar. Itu semua digantungkan sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya, laptop dikategorikan dari ukuran layarnya

  • Tentukan Spesifikasi

Laptop memiliki beberapa bagian didalamnya, ada Prosesor, Hard drive, RAM, VGA dan lainnya. Semua bagian tersebut merupakan penunjang dari kinerja setiap laptop. Semua bagian tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Komponen utama dari laptop yaitu prosesor. Prosesor merupakan otak dari setiap laptop.Prosesor mempunyai banyak sekali varian, dari termurah sampai termahal. Prosesor setahu saya hanya ada dua merk ternama yaitu Intel Corporation dan AMD. Kedua merk ternama ini memang saling beradu kualitas terutama di bidang hardware.

Kedua prosesor ini memiliki karakter dan harga yang berbeda. Prosesor Intel memang lebih mahal dari AMD, namun performa dari keduanya tidak jauh berbeda. Kedua merk tersebut juga bersaing dalam bidang RAM maupun VGA Card.

  • Memilih Merk

Sebelum kamu membeli laptop pastikan merk sebuah laptop yang akan kamu beli tersebut terjamin sekali kualitasnya. Karena ada beberapa laptop yang menjual barangnya di luar spesifikasi yang tersedia. Setiap vendor / merk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak semua merk memiliki kinerja yang sama walaupun spesifikasi laptopnya sama. Itulah pentingnya memilih merk apakah untuk laptopmu.

  • Pastikan Garansi & Service
Artike Lainnya  Tips memilih Harddisk internal laptop yang baik

Dan yang pentin untuk tips memilih laptop terbaik untuk kalian beli adalah garansi. Garansi adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Atau Dell dengan pedenya, ketika laptop Anda rusak, bakalan diganti dengan baru. Dalam membeli laptop pastikan juga ketersediaan service center-nya, usahakan letak service centernya tidak jauh atau minimal ada di kota kalian. Ini akan mempermudah jika nanti ada kendala atau kerusakan pada laptop yang dibeli, sehingga kerusakan atau kendala yang ada bisa cepat diatasi.

  • Cek Dulu Sebelum Meninggalkan Toko

Untuk tips satu ini, tentu saja hanya bisa dilakukan kamu yang membeli laptop secara offline, yakni di toko laptop. Untuk satu hal ini termasuk penting, karena untuk menghindari hal-hal yang kurang nantinya. Entah itu troubel,keyboard rusak,touchpad trouble,dan masih banyak lagi, Nah untuk itu mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang akan membeli laptop.

Mungkin itu dahulu tips cara memilih laptop terbaik yang cocok untuk Anda yang akan membeli laptop. Perlu diketahui, semua poin-poin di atas penting. tapi lumayan lah bisa buat bahan pertimbangan untuk nantinya menentukan laptop seperti apa yang bakal kamu beli nanti. Jadilah pembeli yang cerdas, jangan sampai salah pilih. Nantikan kelanjutan tips berikutnya. Semoga bermanfaat.