Kesuksesan sebuah organisasi ataupun bekerja ditentukan oleh team work yang solid, ada beberapa personal yang didalam team yang harus bergerak saling menunjang untuk majunya organisasi, didalam organisasi ada pembagian tugas kepada team dipimpin oleh leader yang akan mendistribusikan tugas kepada anggota teamnya masing-masing dan anggota team akan menjalankan tugas dengan seksama berikut memberikan laporannya by data, laporan harus dilengkapi dgn SOP kegiatan dari awal hingga akhir yang dapt dirinci minimal sebagai berikut :

1.Lakukan brifing kecil sebelum memberikan tugas kepada team 5W + 1 H

  • What : apa tugas yang harus dilakukan harus jelas, berapa titik, bahannya, perlengkapan yang dibutuhkan apa saja.
  • Who : siapa yang akan melaksanakan tugas tersebut bisa dikerjakan secara personil atau team, jika pekerjaan personil namun dikerjakan team akan kurang efektif, apakah harus tandem, atau team kecil, team besar
  • When : kapan tugas tersebut dilaksanakan, apakah bisa dimulai pagi hari atai siang hari atau malam, weekday atau week end, kapan bisa start & kapan target selesai apabila bisa diselesaikan sebelum target waktu yang ditentukan maka teamakan memuaskan customer.
  • Why : mengapa tugas tersebut dilaksanakan berikan penjelasan diawal agar team memahami, sehingga personal faham yang harus dilakukannya, dalam kondisi khusus permintaan user, kerahasiaan data, keamanan data, aplikasi-aplikasi khusus yang tdk umum, dikarenakan hal-hal tersebut harus dilakukan dengan sangat hati-hati.
  • Where : lokasinya harus jelas dimana detailnya, (Alamat jalannya, gedung lantai berapa, divisi apa, Contact person, Usernya siapa) moda transportasi yang dipakai motor-mobil-kereta-kapal-pesawat terbang, pastikan ticket, Pintu berapa akan masuk, stasiun mana, terminal mana, persiapan perjalanan jangan sampai terlambat dan Identitas diri harus selalu ada, jika hal-hal ini terjadi pasti akan menyia-nyiakan waktu, agar tidak salah alamat yang mengakibatkan menunda pekerjaan, membuat bad mood pelaksana tugas tersebut
  • How : bagaimana tugas ini dilaksanakan, apakah dikerjakan personal atau team, ketemu siapa, syarat kompetensi personil, administrasi yang harus dipenuhi apa saja, (ID card , minimum ijazah, competence certification , work experience dan sebagainya)
    1. Peralatan yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan tugas tersebut harus dibuat Check list sehingga tidak akan ada ketinggalan ataupun kendala yang berarti dilapangan
    2. Personil yg ditunjuk harus siap dan tidak menolak dengan berbagai alasan yg tidak dapat diterima baik itu secara personil maupun team.
    3. Keaktifan team, inisiasi, inovasi, invensi sangat menentukan suksesnya tugas yang diberikan sehingga menunjang kemajuan organisasi.
    4. Berkerja team akan sangat ringan dan hasilnya insya allah akan lebih bagus dibanding tidak mau bekerja sama dengan team.
    5. Komunikasi adalah hal utama dalam team work, komunikasi sangat penting antar anggota team, dengan divisi lain, maupun dgn atasan, tersumbatnya komunikasi akan membuat tersendatnya team, personal yang apatis akan membuat jengah anggota team lainnya yang akhirnya org lain nanti tidak akan care terhadap personil tersebut.
Artike Lainnya  Cara install Microsoft Office All In One di Android

Padahal manusia hidup selain sebagai makluk individu juga sebagai makhluk sosial yg pasti membutuhkan bantuan orang lain dari lahir sampai mati, (maka untuk melancarkan komunikasi dibutuhkan keaktifan personil yang bersangkutan – lingkungan yang care – motivasi dari leader)