Pada dasarnya komputer terdiri dari Hardware, software, dan brainware. Ketiganya diperlukan agar komputer bisa beroperasi dengan baik. Adapun salah satu perangkat keras penting komputer yaitu keyboard. Keyboard adalah alat input yang digunakan untuk mengetikkan informasi ke komputer dan menjalankan berbagai instruksi atau perintah ke dalam komputer. Keyboard di Indonesia berarti finger board atau keyboard.

Perintah tersebut dapat berupa perintah dari setiap huruf, angka, dan simbol yang diketikan lalu menyampaikannya ke Central Processing Unit (CPU). Kemudian perintah-perintah tersebut akan di ubah menjadi suatu sinyal-sinyal digital sehingga perintah yang disampaikan tersebut dapat di mengerti oleh processor. Pada dasarnya, keyboard sendiri dibagi menjadi empat bagian, yakni:

  • Typewriter Key

Typerwriter key sendiri adalah tombol yang sama fungsinya dalam proses pengetikkan yang untuk mempermudah pengetikkan. Fungsi dari tombol tombol itu yaitu Back Space, Caps Lock, Delete, Esc, End, Enter, Home, Insert, Page Up, Page Down, Shift, dan Tab.

  • Numeric Key

Numeric Key adalah tombol-tombol yang ada pada keyboard dengan fungsi numerik atau penggunaan pengetikkan yang hubungannya dengan angka atau simbol simbol numerik lainnya. Numeric key ini akan berfungsi bila dalam posisi on dan jika off, maka tombol tersebut akan menjadi typerwriter key. Biasanya pada keyboard ini terdapat 80 buah.

  • Function Key

Tombol function key maksudnya adalah tombol-tombol yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan atau pengetikkan pada keyboard. Tombol ini terdiri dari 10 tombol untuk jenis keyboard yang memiliki jumlah tombol 80 buah, sedangkan 12 tombol untuk keyboard dengan jumlah jumlah 101 buah.

Jenis jenis keyboard Secara Fisik

  • Keyboard Serial

Jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. Fungsi dari keyboard serial ini biasa digunakan atau dipakai oleh komputer-komputer yang berjenis AT. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal. 5 Jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

  • Keyboard PS2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

  • Keyboard Wireless

Keyboard ini tidak menggunakan kabel untuk berhubung seperti biasanya sesuai dengan nama dari keyboard ini. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, Wifi, dan bluethooth. Untuk menghubungkannya dengan komputer, dibutuhkan sebuah unit pemancar dan penerima.

Artike Lainnya  Game seru yang tersembunyi di Google Doodle

Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya di pasang pada port USB atau serial pada SPU. Keyboard ini bisa dipakai oleh semua jenis komputer dan laptop

  • Keyboard USB

keyboard USB ini banyak pula digunakan oleh semua komputer atau laptop, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan adalah mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Disinilah fungsi port digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer atau laptop. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port usb yang lebih mudah bila dibandingkan dengan port dengan jarum-jarum. Selain rentan akan kerusakan keyboard ini memiliki kabel yang lebih tipis bila dibandingkan dengan versi keyboard sebelumnya.

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk Tombol

  • Keyboard QWERTY

Keyboard jenis ini didesain sedemikian rupa sehingga paling sering menjadi bottleneck saat mengetik (pada mesin tik mekanik).  Tata letak keyboard QWERTY ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi mesin tik komersial standar pada tahun 1905.

Pengambilan QWERTY di ambil dari 6 hurup secara berturut-turut setelah baris tombol alfanumerik. Walaupun lebar tata letaknya, namun keyboard QWERTY ini juga memiliki beberapa kelemmahan dan inefisiensi. Yang paling jelas dari tata letak QWERTY yang tidak efisien adalah mengetik huruf “a” yang paling sering digunakan, tetapi harus di pijit dengan jari kelingking, yang mana jari kelingking ini adalah salah satu jari iyang lemah.

  • Keyboard DVORAX

Jenis-jenis keyboard DVORAK pertama kali muncul di sekitaran tahun 1932an. Keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Berbeda dengan QWERTY yang membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.

Selain itu, tata letak DVORAK juga dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Artinya jenis-jenis keyboard ini lebih argonomik. Menurut uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

  • Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.

  • Keyboard MALTRON

Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.

  • Keyboard Numerik

keyboard ini biasanya di gunakan untuk memasukkan bilangan yang jumlahnya besar. Karena jika menggunakan keyboard ini, tata letak tombol-tombolnya dapat di jangkau dengan tangan dan akan lebih mudah.

Artike Lainnya  Cara menggunakan Whatsapp dark mode android

Dan keyboard kebanyakan digunakan oleh para accounting dalam memasukkan angka-angka jumlah besar pada komputer maupun laptop. Selain lebih fleksibel dan lebih mudah, menggunakan keyboard ini akan membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan dalam waktu singkat. Keyboard ini menggunakan port USB pada komputer maupun laptop, yang hanya mencolokkan USB pada keyboard kedalam port komputer maupun laptop.

  • Keyboard Alphabet

Pada keyboard ini, susunan tombol-tombol hurufnya disusun sesuai urutan alphabet. Akan tetapi, tingkat popularitas kalah saing dengan QWERTY. Biasanya keyboard ini dipakai untuk anak-anak yang ingin belajar mengetik karena disusun berdasarkan alphabet.

Keyboard ini memang disusun layaknya keyboard qwerty untuk memudahkan para user mengetik layaknya keyboard tersebut dengan format qwerty namun dengan susunan huruf alphabet.

  • Keyboard CHORT

Keyboard ini hanya memiliki 4-5 tombol. Jika ingin memasukkan suatu huruf lainnya, maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Penekanan tombol bersamaan ini sekaligus mengaktifkan keyboard untuk digunakan.

  • Keyboard Klockenberg

Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard sebelumnya yang sudah ada, dalam artian dibagi menjadi dua bagian, bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Keyboard ini dibuat lebih dekat atau lebih tipis dan dekat dengan meja, sehingga terasa lebih nyaman.

Tata letak pada keyboard ini tidak hanya mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan. Akan tetapi juga mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, sebab terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikan relatif lebih banyak untuk memakan ruang.

  • Epic-Bluetooth Virtual Keyboard

Keyboard ini adalah keyboard keluaran terbaru yang dinanti-nantikan oleh setiap user. Keyboard ini berbentuk epic bluethooth virtual. Keyboard ini muncul dengan lasar dan timbul laser di daerah datar seperti halnya senter.

Artike Lainnya  Cara uninstall aplikasi malware dengan software uninstaller ini

Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone ataupun tablet. Bentuknya seperti memiliki bentuk QWERTY dan akan memungkinkan bisa mengetik dengan 350 karakter Permenitnya.

Jenis keyboard berdasarkan Switch

  • Switch Membrane

Switch membrane ini biasanya digunakan pada keyboard umum dipasaran yang digunakan oleh berbagai kalangan, dan tentu saja harganya murah bahkan ada keyboard dengan membrane switch ini dijual dengan harga tak lebih dari Rp. 40.000,- dan teknologi membrane ini terdiri dari 3 lapis pegas karet. membrane switch ini karetnya yang berbentuk kubah, untuk pegas dan juga penahan dari tekanan kubah tombol keyboard ketika ditekan. Pegas karet ini biasa disebut dengan rubber dome. dan biasa juga digunakan untuk laptop karena bentuknya yang pipih atau tipis, salah satu kekurangan dari membrane keyboard ini adalah tidak adanya umpan balik ketika kita mengetik.

  • Switch Mechanical

Pada dasarnya mechanical switch ini sudah digunakan pada papan mesin ketik yang lama itu, prinsip kerjanya menggunakan pegas besi dan aluminium yang terdapat dalam kotak switchnya. dengan mekanik tersebut akan membrikan upan balik ketika mengetik dan juga mechanical switch ini banyak digunakan keyboard desktop karena bentuknya yang tebal. dan kekurangan dari jenis switch ini adalah harga dipasaran yang masih cukup mahal tergantung brand switchnya juga.