Laptop yang mengalami panas pada mesin adalah masalah paling umum yang terjadi. Mengapa bisa demikian? Secara singkat, penjelasannya adalah karena laptop memiliki body atau fisik yang ramping dibanding dengan komputer. Laptop mempunyai fungsi yang sama dengan komputer, namun dikemas dalam fisik yang lebih kecil dan simpel. Komputer terdiri dari beberapa bagian diantaranya seperti monitor dan CPU yang terpisah sehingga memiliki ruang yang lebih luas untuk komponen-komponenannya. Sebuah CPU memungkinan terjadinya sirkulasi udara yang lebih besar karrena bagian ruang yang luas tersebut. Selain itu juga, kipas pada komputer memiliki bentuk yang lebih besar sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

Laptop memiliki fisik yang lebih ramping, karena komponen-komponen yang ada di dalamnya diletakkan sangat padat. Kepadatan dari komponen-komponen inilah yang menyebabkan laptop mudah cepat panas dibandingkan dengan komputer karena sirkulasi udara yang kurang. Inilah beberapa penyebab laptop cepat panas, berikut diantaranya :

  • Laptop berbeda dengan komputer ketika waktu penggunaan. Apabila komputer kalian bertahan hingga lebih dari satu hari tanpa dimatikan, akan tetapi tidak dengan laptop. Semakin lama laptop digunakan, maka panas yang akan muncul semakin besar pula. Panas pada laptop bisa bertambah jika kalian menggunakannya untuk games dan kerja berat yang lainnya seperti desain grafis.
  • Posisi atau letak laptop saat digunakan juga sangat mempengaruhi. Laptop memiliki lubang sirkulasi udara pada bagian bawah atau pada bagian samping, atau bahkan keduanya. Apabila kita menggunakan laptop dengan posisi yang menutupi sirkulasi udara tersebut, maka laptop akan cepat panas. Posisi peletakan laptop yang bisa cepat menimbulkan panas yang besar misalnya jika kalian menggunakan laptop di atas kasur, atau di atas bantal. Bahan yang empuk pada kasur akan menutupi bagian bawah dan samping laptop sehingga sirkulasi udara terhalangi. Maka dari itu, laptop akan cepat panas.
  • Fungsi kipas yang tidak normal. Funggsi kipas yang tidak normal saat mendinginkan komponen laptop seperti processor, RAM komputer, memori, dan sebagainya. Apabila kipas laptop tidak lagi berfungsi normal, sudah dipastikan laptop kalian akan cepat panas. Apa penyebab kipas bisa tidak normal? Hal ini terjadi biasanya karena adanya kotoran yang menempel, sehingga kipas tidak lagi berputar kencang seperti biasa.
  • Thermal paste sudah kering. Thermal paste merupakan pengatur suhu pada processor. Jadi fungsi dari alat ini sebenarnya sama seperti dengan kipas pada laptop. Jika kipas pada laptop untuk mendinginkan hampir seluruh komponen di dalam laptop, maka thermal paste hanya mendinginkan processor laptop saja. Jika thermal paste sudah mengering, maka bisa dipastikan laptop kalian akan cepat panas.
Artike Lainnya  Kumpulan aplikasi pemutar musik terbaik Untuk PC

Itulah beberapa diantaranya penyebab laptop kalian bisa cepat panas. Dari penyebab-penyebab di atas tadi, merupakan penyebab umum kenapa laptop bisa menjadi panas. Maka tingkat kepanasannya pun masih bisa dikatakan dalam taraf wajar. Apabila laptop kalian mengalami panas yang luar biasa dan tidak wajar, maka hal itu bisa jadi indikasi terjadinya kerusakan pada komponen dalam laptop kalian.

Lantas bagaimana mengatasi laptop yang panas tersebut? terdapat beberapa cara mengatasi laptop cepat panas dan mati sendiri. Salah satu diantarnya cara yang paling umum adalah dengan menggunakan kipas. Ada kipas khusus laptop yang berfungsi juga sebagai tatakan laptop ketika kalian sedang menggunakannya. Kipas laptop juga berfungsi memberikan udara pada kompone-komponen laptop kalian sehingga tidak terlalu panas saat digunakan.

Yang pada intinya, agar menghindari laptop yang panas, kalian jangan melakukan hal-hal yang tersebut di atas. Cobalah untuk menaruh laptop kalian pada alas yang tidak menghalangi sirkulasi udaranya saat digunakan. Jangan sampai menaruhnya di atas kasur, di atas bantal, ataupun di atas selimut.

Cara mendinginkan laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan koin. Mengapa dengan koin? Karena koin mengandung bahan yang dapat menyerap panas. Tapi koin yang digunakan juga bukan sembarang koin. Koin yang bisa berfungsi untuk mendinginkan laptop adalah koin yang terbuat dari tembaga, yaitu koin 500 rupiah yang berwarna kuning.

Cara mendinginkan laptop dengan menggunakan uang koin pertama kali dicoba oleh orang Jepang. Orang tersebut memposting cara ini di media sosialnya, twitter. Pda saat itu mulai banyak yang mencoba cara ini untuk mendinginkan laptop. Dan hasilnya ternyata lumayan efektif.

Bagaimana caranya ? Cara untuk mendinginkan laptop dengan koin adalah, cukup dengan menaruh beberapa koin di atas laptop kalian. Koin-koin ini bisa kalian letakkan di tempat kosong diantara layar dan keyboard pada saat kalian gunakan. Selain itu juga, kalian bisa meletakkan laptop kalian pada tumpukan koin. Jadi laptop kalian akan beralaskan koin-koin tersebut. Tentu cara ini bisa kalian lakukan apabila kalian memiliki koin yang sangat banyak.

Artike Lainnya  Jadwal Sholat dan imsak kota semarang

Kenapa uang koin bisa mendinginkan laptop yang panas? Hal ini dikarenakan koin tersebut terbuat dari tembaga. Ternyata tembaga memiliki daya serap panas lebih besar jika dibandingkan dengan alumunium sebagai bahan laptop. Bisa dibayangkan, jika sebagian panas laptop akan menuju koin yang bersentuhan dengannya. Maka semakin banyak koin yang kalian gunakan, panas laptop juga akan semakin cepat turun.

Jadi mulai sekarang, jika kalian memiliki uang koin 500 yang berwarna kuning, cobalah untuk dikumpulkan. Siapa tahu akan berguna nantinya untuk mendinginkan laptop anda dengan cara yang sangat alami.

Itulah tips mendinginkan laptop menggunakan uang koin, untuk bisa menerapkan tips ini tentunya memerlukan waktu yang lumayan lama jika kalian tidak memiliki koin 500 yang berwarna kuning. Terlebih lagi koin 500 berwarna kuning sudah susah untuk dicari.