Perlu kita ketahui semua hasil karya yang dibuat oleh seseorang pasti ingin memiliki perlindungan agar suatu saat ketika dipublish tidak akan dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hak Cipta yang sudah di atur dalam undang-undang bisa dipakai untuk karya musik, pentas, drama, desain hingga berupa gambar. Keleluasaan masyarakat dalam mengakses internet lalu mendownload konten juga perlu hati-hati karena bisa saja konten tersebut dilindungi Hak Cipta dan dikemudian hari Hak Cipta itu bisa saja berpotensi mendatangkan masalah.

Masalah yang paling sering kita tau kemungkinan besar pemblokiran konten yang kita publish di website atau yang lain, jika konten tersebut sangat krusial bisa jadi dibawa ke ranah hukum baik berupa tahanan penjara atau membayar denda yang besarnya sangat besar. Dari banyaknya gambar yang ada di internet, ternyata ada beberapa situs yang memberikan karyanya untuk dipakai secara bebas tanpa ada Hak Cipta, jadi untuk kalian yang ingin menggunakan suatu karya dari seseorang tanpa melanggar bisa medownload dari situs tersebut, apakah saja situs tersebut yaitu

1. Pexels

tempat download gambar tanpa copyright

Situs ini memberikan stock foto gratis untuk seseorang yang ingin membuat produk desain yang indah, dengan kualitas foto yang tinggi dan gratis. Sumber foto yang ada di situs ini tak lain yaitu dari komunitas fotografer yang tergabung di dalam pexels dimana data foto mereka di masukan ke data dari situs ini, sehingga semua orang bisa mendownload gambar ini dan menggunakannya secara bebas

Artike Lainnya  10 aplikasi browser terbaik 2020

2. Pixabay

tempat download gambar tanpa copyright

Situs selanjutnya ialah Pixabay yang didirikan pada November 2010 sudah menawarkan lebih dari 1.188.454 foto, ilustrasi dan vektor. Semua file ini bisa digunakan tanpa persyaratan atribusi dan juga untuk tujuan komersial. Pengunjung dari situs ini sebagian besar blogger, desainer grafis, penulis, jurnalis dan pengiklan.

3. Pikwizard

Pikwizard.jpg

Situs web ini merupakan pemain baru dalam hal perpustakaan foto yang bisa diakses secara gratis, karena sudah dipastikan bahwa sudah ada 30.000 stok foto yang bisa di download tanpa ada biaya sepeserpun. Pikwizard juga menawarkan edit foto secara online jika foto yang anda inginkan dirasa kurang, akantetapi fitur dari edit foto ini terbatas ya, jika mau yang premium kalian harus berlagganan terlebih dahulu.