Printer adalah suatu perangkat yang befungsi mengubah data digital komputer (text/gambar) ke dalam bentuk fisik. Hasil cetakan tersebut menggunakan media kertas atau kain. Seiring perkembangan jaman printer sekarang ini bukan hanya bisa mencetak data komputer, namun bisa sebaliknya, Yaitu mengubah hardcopy(foto/dokumen) menjadi softcopy(file dalam komputer) hal tersebut biasa kita kenal “scan”. Fungsi lain dari printer bisa digunakan sebagai mesin fotocopy.

Berikut beberapa jenis printer yang paling sering kita jumpai . . .

  • InkJet Printer

Printer jenis ini menggunakan tinta untuk membuat tuisan atau gambar sesuai perintah dari komputer dengan cara menyemprotkan tinta tersebut ke atas kertas. Karena menggunakan sistem semprotan kualitas tulisan atau gambar yang dihasil dari cetakan printer jenis ini cukup bagus. Tinta yang disemprotkan kering hanya dalam hitungan detik.

mengenal jenis jenis printer

Contoh Printer InkJet

  • LaserJet Printer

Printer LaserJet atau yang biasa kita sebut printer laser. Jenis printer ini menggunakan teknologi laser. Cara kerja printer ini yaitu Laser disinarkan pada sebuah drum toner yang kemudian akan membentuk titik – titik membentuk ttulisan atau gambar sesuai perintah dari komputer. Printer ini menggunakan sejenis bubuk tinta(serbuk). Kelebihan printer laser ini adalah dari segi kecepatan mencetak.

Contoh Printer LaserJet

  • Dot Matrix Printer

Pada jenis printer Dot Matrix ini tidak menggunakan tinta cair ataupun serbuk melainkan menggunakan pita. Kemudian di dalam printer ini ada sebuah panel yang terdapat jarum – jarum, panel ini kemudian membentur pada pita dan menghasilkan titik – titik yang saling berhubungan dan membentuk sebuah text pada kertas. Printer dot matrix ini biasa kita jumpai pada sebuah toko atau minimarket. Printer ini biasa digunakan untuk mencetak nota pembelian yang memiliki beberapa lapis kertas. Karena salah satu kelebihan printer Dot Matrix ini yaitu bisa mencetak beberpa lapis kertas sekaligus.

Artike Lainnya  Menampilkan komputer lain di Network Discovery Windows

mengenal jenis jenis printer

Contoh Printer Dot Matrix

  • Thermal Printer

Printer thermal, kalian pasti sering menjumai printer satu ini ada di kasir swalayan, supermarket ataupun di toko. Printer jenis ini memang cocok digunakan untuk mencetak nota penjualan. Karena printer ini dapat mencetak dengan cepat dan juga tidak berisik(tidak seperti printer Dot Matrix). Cara kerja printer ini yaitu dengan mengeluarkan panas pada pin pada printhead yang kemudian melelhkan lilin dan melekatkan pada kertas khusus.

mengenal jenis jenis printer

Contoh Printer Thermal

Itulah dia jenis jenis printer yang kita sering temui, semoga bermanfaat ulasan diatas dan bisa sedikit membantu teman – teman semua untuk mengenal jenis – jenis printer.