Ketika kalian sedang belajar mengenai jaringan tentu saja kita kita belajar mengenai cara merancang suatu jaringan yang baik agar berjalan dengan lancar, akan tetapi ketika kita akan merancang langsung pada project itu akan mendapatkan resiko yang besar. maka dari itu kita perlu software khusus yang digunakan untuk merancang mendesain dan menguji rancangan jaringan yang kita buat telah benar-benar bekerja dengan baik tanpa ada masalah. untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai software simulasi lab jaringan.

sebenarnya untuk software lab jaringan sangatlah banyak dan beragam sesuai kebutuhan kita, ada yang berbayar dan ada yang gratis dari software simulasi lab jaringan yang sederhana hingga kelas enterprise yang digunakan untuk ujian sertifikasi Network engineer. akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas beberapa software lab jaringan yang sudah sangat terkenal, dan juga kita akan praktek cara menggunakannya. akan tetapi untuk praktek penggunaan masing-masing software lab jaringan tersebut akan dibahas dilain kesempatan. nah langsung saja kita membahas mengenai software lab jaringannya ya.

 

1. GNS3

GNS3 atau Graphical Network Simulator 3 adalah aplikasi lab simulator jaringan yang populer. aplikasi ini dibuat pada tahun 2008. dalam perkembangannya aplikasini terus memperbarui fitur-fiturnya seiring perkembangan teknologi jaringan yang semakin maju. fitur dari gns3 diantaranya virtuasiasi os, mendukung container docker, integrasi dengan wireshark, build in perangkat simulasi dan VPCS, dan lainya. Dan aplikasi ini bersifat free dan open source jadi kalian bebas download software simulasi jaringan ini. jika kalian ini menggunakan software simulasi lab ini silahkan lihat rekomendasi perangkat untuk bisa menggunakanya.

Artike Lainnya  Tips untuk memilih laptop gaming murah dan berkualitas

OS: windows 7/ lebih baru, MacOS Maveric/atau lebih, Linux Debian Based(rekomendasi)
Processor: minimal 2 core/ lebih, intel VT enabled
RAM: 4 GB
Penyimpanan: lebih dari 2 GB

 

 

2. EVE-NG

EVE-NG atau Emulated Virtual Enviroment Next Generation merupakan salah satu aplikasi lab jaringan yang multivendor dan juga sangat lengkap hingga kelas enterprise seperti lab firewall checkpoint, paloalto, cisco nexus DC Juniper router vMX dll. aplikasi ini tersedia dalam edisi komunitas dan edisi profesional dimana dapat dibeli dengan harga US $ 107,79/tahun. akan tetapi untuk versi komunitas sudah lebih dari cukup jika kalian gunakan untuk belajar dalam lab jaringan ini. untuk instalasinya juga tidak terlalu sulit karena sudah berbentuk vm jadi kita tinggal mengimport saja ke dalam vmware workstation player. berikut spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk instalasi EVE-NG

OS: Ubuntu Xenial Xerus LTS 64bit/terbaru dengan Librari kushus
atau bisa dengan VMWare ESXCi 6.0/terbaru
Processor: Intel VT-x/EPT Supported

simulasi lab jaringan

3. Cisco Packet Tracer

Software simulasi lab jaringan ini dibuat oleh cisco untuk membantu belajar mengenai jaringan terutama yang ikut dalam kegiatan Cisco Networking Academy, software ini juga dilengkapi dengan simulasi dari perangkat-perangkat cisco. software ini cukup mudah dalam penggunaannya dan juga tidaklah terlalu tinggi spesifikasi hardware yang dibutuhkan dalam menjalankan software ini.

 

Sekian untuk pembahasan mengenai artike tentang software lab jaringan. nantikan contoh software lab jaringan pada artikel part kedua ya..