CorelDraw merupakan sebuah program komputer editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada. Secara umum, Corel Draw (ditulis:CorelDraw) berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Permasalahan yang dihadapi yaitu tidak semua orang bisa dan memiliki uang lebih untuk membeli sebuah software CorelDraw yang harganya terbilang fantastis. CorelDraw mempunyai beberapa versi mulai dari versi 1 sampai yang terbaru adalah CorelDraw Graphics suite 2019 atau X9 yang mana versi full version aslinya dibanderol $699 atau sekitar 9,5 jutaan. Bagi desainer yang sudah punya nama dan memiliki klien tetap mungkin hal ini bukanlah menjadi masalah, namun bagi desainer yang baru meniti karir hal ini menjadikan kendala bagi mereka untuk membeli software CorelDraw ini.

Nah berikut aplikasi open source alternatif dari Corel Draw yang setidaknya punya kemampuan hampir menyamai Corel Draw. Apa saja itu?

  • Inkscape

software alternatif pengganti coreldraw

InkScape merupakan aplikasi open source untuk desain grafis berjenis vector. Inkscape memiliki fitur yang paling dekat dengan Corel Draw. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Linux dan Windows. Inkscape sendiri memiliki lisensi dibawah GPL (General Public License), yang bertujuan untuk menjadi software pengolah grafis dengan standar XML, SVG, dan CSS. Yang dimaksud SVG sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari Scalable vector Graphics dan merupakan format file untuk menampilkan grafik dalam membangun web yang berbasis XML (Extensible Markup Language). InkScape termasuk populer, alternatif orang yang menggunakan CorelDraw dan Adobe Illustrator.

  • Xara Xtreme

unnamed

Xara Xtreme merupakan alternatif Corel Draw yang lumayan powerfull. Namun sayangnya saat ini aplikasi Xara Xtreme yang opensource nan gratis itu hanya berjalan di Linux, FreeBSD, dan OS-X. Xara terdiri dari banyak sekali fitur tools desain grafis. Dan xara pun termasuk aplikasi vector yang lumayan paling ringan dan cepat di dunia. Dan walaupun di linux tapi GUI nya pun sudah sangat user friendly.

  • Apache OpenOffice Draw

software alternatif pengganti coreldraw

OpenOffice merupakan salah satu tools yang dibundling ke dalam aplikasi pengolah dokumen dari OpenOffice. Fitur-fiturnya memudahkan dalam membuat image berbasis vector. Walaupun tidak sepowerfull CorelDraw tapi jika Anda kreatif pun bisa menghasilkan image sekelas CorelDraw. Ada beberapa fitur CorelDraw yang dimasukkan ke dalam OpenOffice Draw seperti 3D Controller membuat shape image (gambar bentuk) memiliki seolah-olah tampilan 3D. Di OpenOffice Draw pun sudah tersedia fasilitas import beragam jenis format gambar seperti GIF, PNG, WMF, BMP, JPEG and TIFF.

Artike Lainnya  Layanan Streaming Film Terpopuler di Indonesia