Hola para pengguna ponsel abad ini tau kan ya kalo di dalam posel Smartphone kalian ada chipset prossesor yang sangat penting untuk menunjang kinerja ponsel itu, apalagi yang doyan nge-game, doyan streaming, doyan sosialita di medsos butuh performa lebih agar semuanya lancar jaya tanpa ada nge-lag diantara kita. Chipset Prossesor ini ibarat jantung dan otak dari ponsel, yang mengirimkan data ke seluruh bagian komponen ponsel agar bekerja secara maksimal sehingga performa serta respon dari ponsel di dapat seutuhnya.

Salah satu chipset prossesor yang kita kenali yaitu chipset Snapdragon yang sudah dari 2007 mengeluarkan generasi pertama dan berkembang terus sampai saat ini. Perkembangan dari Chipset ini sudah kami rangkum ya di bawah ini, selamat membaca !

  1. Snapdragon 2 series
    Salah satunya Snapdragon 212 Mobile Platform, Chipset Snapdragon ini sudah mendukung 4G LTE untuk kecepatan unduh hingga 150 Mbps, juga bisa dipakai dual SIM LTE, Kamera hingga 8 MP, Quick charge 2.0, Streaming Video HD dengan cepat, daya tahan baterai sepanjang hari serta pengisian daya cepat. Dari level tinggi ke rendah chipset ini merupakan kasta terendah dari pada yang lain akan tetapi masih bersaing dengan kompetitor chipset model lain.
  2. Snapdragon 4 series
    Kami ambil Snapdragon 460 Mobile Platform level teratas dari Snapdragon seri 4, sudah jelas chipset ini akan lebih memiliki performa dibanding seri 2 diantaranya peningkatan CPU 70% lebih besar serta GPU 60% membuat kinerja perangkat lebih cepat dan stabil, Sistem AI yang membuat perangkat lebih canggih serta menawarkan pengalaman fotografi yang bagus. Tracking lokasi semakin akurat dan konektivitas semakin stabil.
  3. Snapdragon 6 series
    Seri Snapdragon yang mulai meningkatkan performa untuk game, hasil dari penangkapan foto juga lebih detail dalam warna yang hidup dan nyata. Konektifitas juga sudah ditingkatkan untuk download hingga 600 Mbps dan upload hingga 150 Mbps. Seri Teratas dari seri 6 yaitu Snapdragon 675 Mobile Platform.
  4. Snapdragon 7 series
    Mulai terpasang 5G didalam chipset ini sehingga kecepatan konektivitasnya semakin cepat yaitu untuk download hingga 3,7 Gbps dan 1,6 Gbps untuk Upload, jadi untuk gaming online sangat direkomendasikan agar selalu terhubung dan stabil. Sudah memakai USB type C juga sehingga support USB 3.0 dan 3.1.
  5. Snapdragon 8 series
    Seri terakhir dan paling baik di tahun ini yaitu Snapdragon 865 Mobile Platform, memberikan kinerja perangkat lebih intuitif, cerdas dan responsif, terdapat juga asisten suara yang lebih baik dibanding sebelumnya. Kemampuan kamera sampai dengan 64 MP membuat detail foto lebih baik dibanding sebelumnya. Serta Elite gaming yang bisa membawa game destop ke seluler dengan grafik ultra.
Artike Lainnya  Perbedaan kecepatan SSD NVME dengan SSD Sata

Ya itulah perkembangan generasi chipset snapdragon yang sampai sekarang masih merajai sebagai chipset untuk smartphone di android. dengan perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan chipset snapdargon ini juga akan merambah dunia laptop maupun komputer.