Facebook, Inc adalah sosial media online asal Amerika dan juga perusahaan jejaring sosial berbasis di Menlo, California, AS. Facebook adalah suatu layanan jejaring sosial yang awalnya diluncurkan sebagai Face Mash pada bulan Juli tahun 2003, dan kemudian diganti nama menjadi Facebook pada 4 Februari 2004. Sejarah Berdirinya Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman – teman di asrama kuliahnya di Universitas Harvard yaitu Eduardo Saverin, Andrew Mc Collum, Dustin Moskowitz dan Chris Hughes.

23 Oktober 2003, merupakan titik awal seorang mahasiswa psikologi Universitas Harvard, Mark Zuckerberg untuk memasuki dunia jaringan sosial dimana ia mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Facemash.com sendiri merupakan situs yang memperbolehkan pengunjungnya (kebanyakan dari mahasiswa Harvard) untuk membandingkan 2 gambar mahasiswa yang mana yang lebih “hot” (cantik) dan mana yang tidak.Sejarah Facebook berlanjut, untuk membuat dan menyelesaikan situs ini Mark Zukerberg meretas jaringan komputer milik Harvard, dan kemudian menyalin gambar-gambar pribadi. Saat itu Harvard tidak memiliki “buku wajah” atau “face book”. Situs Facemash miliki Mark kemudian menarik 450 pengunjung dengan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertamanya.

Situs tersebut dengan cepat dibagikan kepada beberapa grup server kampus, tetapi beberapa hari kemudian dinon aktifkan oleh administrator Harvard. Karena ia tidak secara resmi mendapatkan izin maka tidak aneh banyak pihak yang merasa dirugikan. ‘Face book’ adalah direktori siswa yang memuat foto dan informasi dasar. Pada masa itu tidak ada database siswa yang online melainkan hanya berupa berkas cetak dan direktori online pribadi. Zuckerberg menghadapi ancaman pengusiran dan dituduh dengan penerobosan keamanan, pelanggaran hak cipta dan melanggar privasi individu.

Artike Lainnya  Cara Live streaming Easyworship dengan VMIX

Tuduhan tersebut pada akhirnya dibatalkan oleh Dewan Administrasi Harvard dan Zuckerberg menghabiskan proyek utamanya di semester tersebut dengan menciptakan alat studi sosial sebelum ujian akhir sejarah seni. Ia mengupload semua gambar seni ke satu website yang masing – masing mencantumkan bagian komentar korespondensi, lalu membagi situsnya dengan teman – teman sekelasnya, dan orang – orang kemudian mulai saling berbagi catatan.

Pada tanggal 11 Januari 2004, Zuckerberg mendaftarkan domain thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Mark juga mengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah situs web yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam Universitas. Ia menyadari bahwa Harvard membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengimplementasikan sistem tersebut, sedangkan ia da teman-teman Harvard-nya hanya membutuhkan waktu seminggu

Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker. di bulan Juni 2004 Mark Zuckerberg dan juga rekan-rekannya memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Disana mereka juga dibantu oleh Adam D’Angelo dan juga Sean Parker. Di pertengahan 2004 juga the facebook milik Mark Zuckerberg mendapatkan investasi dari Pieter Thiel, salah seorang pendiri PayPal.

Artike Lainnya  Counter-Strike: Global Offensive Major Championship

Sejarah Facebook berlanjut ke tahun 2005, the facebook mendapatkan dana segar, dan di tanggal 23 agustus 2005 the facebook pun mengganti nama domainnya sendiri menjadi Facebook.com, nama tersebut mereka beli dari Aboutface.com dengan harga US$ 200.000. Di tahun 2005 Facebook mulai memperluas jangkauannya ke kalangan pelajar sekolah menengah atas, dan hanya membutuhkan waktu 15 hari, sebagian besar sekolah di Amerika Serikat telah menjadi anggota dari Facebook. Dalam sejarah Facebook, di akhir tahun 2005 Facebook telah mencapai sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di Amerika, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Rico, Australia, Selandia Baru dan juga Irlandia.

Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners.  Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia. Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook.

Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook. Pada tahun 2008 dalam sejarah facebook diluncurkan Facebook Chat yang memungkinkan pengguna untuk lebih terhubung secara instan dengan teman – teman dan keluarga. Konsepnya secara esensial tidak berbeda dari ZuckNet. Disana juga ada fitur Peope You May Know, Facebook Wall, dan Facebook Connect diluncurkan di tahun yang sama. Saat ini Facebook sedang merencanakan untuk menggabungkan Instagram dan WhatsApp bersama agar para pengguna ketiga aplikasi ini bisa berkomunikasi lintas aplikasi.

Artike Lainnya  Ternyata uang koin bisa mendinginkan suhu laptop

.