Sudah menjadi kebiasaan semua orang ketika bepergian dimanapun tempatnya pasti yang dibawa adalah handphone, karena dapat digunakan untuk menghubungi seseorang ketika ada suatu urusan penting, bermain game, bermain sosial media, atau digunakan untuk hal lainnya.

Sebelum bepergian, tak lupa juga mengisi daya baterai handphone sampai penuh. Walaupun terkadang daya baterai sudah habis saat kita masih dalam perjalanan jauh. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya kita langsung menggunakan powerbank untuk mengisi baterainya.v!!!v

Namun tahukah Anda, jika menggunakan powerbank untuk mengisi daya handphone pasti ada dampak positif dan dampak negatifnya. Apakah dampak-dampak tersebut bagi kita, mari kita simak bersama.

1. Dampak Positif Menggunakan Powerbank

  • Solusi Ketika Listrik Mati

Saat listrik di rumah mati dan baterai handphone habis, powerbank bisa menjadi solusi utama karena dengan powerbank baterai handphone kita bisa terisi kembali.

  • Mudah dan Praktis

Menggunakan powerbank untuk mengisi daya ponsel memang memiliki manfaat, salah satu manfaat powerbank dapat mempermudah dan mempercepat saat ingin mengisi baterai handphone.

Menggunakan power bank sangat mudah dan cepat karena Anda hanya perlu mencolokkan kabel charger ke power bank kemudian tinggal mengisinya ke handphone. Sangat mudah dan praktis.

  • Penggunaan Berulang kali

Daya pada sebuah power bank memiliki kapasitas yang berbeda-beda, ada yang 5.000 mAh, 10.000mAh dan masih banyak varian lainnya.

Artike Lainnya  3 cara membersihkan google drive android yang penuh

Untuk saran saja, menggunakan power bank hanya saat keadaan darurat, seperti saat listrik mati atau saat bepergian jauh. Supaya baterai dan hp kamu selalu bagus dan awet.

  • Multiple Port USB Charger

Selain kapasitas daya yang berbeda, powerbank juga terdapat banyak varian colokan USB, ada yang 2 colokan USB, ada yang memiliki 4 colokan USB bahkan ada juga yang lebih.

Powerbank yang memiliki banyak colokan USB pastinya memudahkan Anda, karena dapat digunakan mengecas handphone yang banyak sekaligus.

Dampak Negatif Menggunakan Powerbank

  • Durasi Pengisian yang Lama

Power bank dengan kapasitas daya yang besar cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi daya power bank hingga penuh, dan ini dapat membuat sedikit membosankan karena menunggu.

Saat mengisi daya handphone dengan powerbank yang KW juga memakan waktu lama, dan ini tentunya sangat mengulur waktu. Jadi, disarankan membeli powerbank dengan kualitas original.

  • Menyebabkan Panas pada Handphone

Penggunaan power bank yang berlebihan juga dapat membuat handphone menjadi cepat panas, apalagi jika powerbank yang anda gunakan KW tentunya akan membuat handphone menjadi lebih panas.

Hal ini dikarenakan daya yang masuk ke handphone tidak sesuai dengan standar pengisian yang disarankan, akibatnya handphone bisa menjadi panas.

  • Dapat Menyebabkan Baterai Drop

Power bank yang memiliki kualitas kurang baik atau power bank KW yang Anda gunakan dapat menyebabkan baterai ponsel menjadi rusak dan drop.

Hal itu dikarenakan pengisian power bank tidak dapat mengisi dengan sempurna, apalagi jika Anda mengisi baterai dengan powerbank sekaligus Anda menggunakan handphone untuk bermain game, hal ini sangat tidak disarankan karena dapat merusak baterai dan juga dapat membuat kondisi baterai menjadi drop.

  • Dapat Merusak Komponen Handphone

Tidak disarankan menggunakan power bank terlalu sering karena dapat merusak komponen pada ponsel Anda. Lebih baik jika mengisi daya handphone dengan charger asli/bawaan, karena lebih cepat dan bagus.

Artike Lainnya  PC dan Kursi Gaming termewah: Acer Predator Thronos

Penggunaan powerbank baiknya hanya saat keadaan darurat, seperti saat lampu mati atau saat bepergian jauh. Supaya performa baterai handphone Anda tetap bagus dan awet.

Terlalu sering mengisi daya handphone menggunakan powerbank memiliki resiko yang harus di hindari, pasalnnya banyak merek powerbank dengan kualitas KW yang beredar di pasaran saat ini. Arus powerbank saat mengisi daya ke handphone kita biasanya tidak stabil, sehingga mengakibatkan panas berlebih, baterai terisi lama, dan kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan baterai handhopone menjadi drop. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.