Dalam penggunaan notebook kita tak mungkin bebas dari berbagai masalah. Mulai dari notebbok yang lemot hingga kipas notebook yang berisik. Pada pembahasan kali ini saya mengambil tema tentang bagaimana cara mengatasi kipas notebook berisik.

Memang kipas yang dipasang pada notebook kadang mengeluarkan suara yang lebih kencang dibanding sebelumnya, suara tersebut biasanya membuat pengguna merasa takut dengan notebooknya apakah mau rusak atau lainnya. Memang permasalahan tersebut kadang juga berdampak pada perangkat notebook anda.

Sebenarnya suara yang bisik tersebut timbul dari berbagai sebab, yang perlu diketahui terlebih dahulu ialah apa yang menyebabkan kipas notebook berisik. Selanjutnya bagaimana mengatasi kipas yang mengeluarkan suara berlebihan, ini penting sekali agar menyelamatkan notebook anda dari kemungkinan rusak pada perangkat kerasnya.

Suara yang berisik pasti akan menggangu fokus pengguna saat sedang melakukan suatu pekerjaan, atau sedang bermain game. Yuk kita simak terlebih dahulu apa penyebabnya:

  • Kipas notebook sudah lawas/tua
  • Kipas notebook dalam keadaan kotor
  • Notebook bekerja sangat berat, sehingga kipas berusaha untuk mendinginkannya
  • Pendingin pada kipas sudah habis / hilang

Setelah mengetahui apa yang menjadikan kipas notebook mengeluarkan suara yang bising, selanjutnya tentang bagaimana menanganinya dengan benar. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mengurangi suara notebook yang terlalu keras, lebih lebih saat melakukan aktifitas yang berat dalam notebook. Nah, simak cara berikut ini untuk mengatasinya:

  1. Ganti Kipas Notebook Kipas Notebook Berisik karena usia yang tua atau bisa karena sudah usang. Hal ini perlu sekali untuk diatasi, mengingat perangkat inti pada notebook seperti prosesor harus membutuhkan pendingin. Jika usia kipas notebook sudah tua, lebih baik segera di ganti dengan kipas yang baru agar komponen notebook yang lain bisa aman. Untuk menggantinya anda bisa mencoba sendiri atau bisa juga membawa notebook anda ke tempat perbaikan notebook.
  2. Gunakan Cooling pad Cooling pad dapat memberikan udara dari bawah notebook sehingga sirkulasi udara pada notebook akan teraliri udara tambahan dari cooling pad. Hal ini penting sekali karena kadang perangkat keras pada notebook bekerja penuh hingga sangat panas dan kipas tidak mungkin mendinginkannya tanpa pendingin tambahan seperti cooling pad.
  3. Gunakan Sistem Operasi Ringan Jika notebook yang anda miliki hanya memiliki spesifikasi yang rendah mungkin anda tidak perlu memaksakan kinerjanya. Hal ini berlaku bagi pengguna notebook RAM dibawah 2GB dengan prosesor dibawah 1,4 Ghz. Karena jika tetep memaksa sistem akan dapat ngehang dan mungkin saja pekerjaan yang sedang dilakukan belum tersimpan bisa hilang jika sampai notebook tiba-tiba mati.
  4. Seringlah Membersihkan Notebook Rutin lakukan pembersihan pada komponen minimal 1 bulan. Ketika notebook jarang dibersikhkan, kipas terdapat debu yang menempel, hal itu dapat menghambat perputaran kipas, sehingga suara kipas terdengar sangat berisik. Melakukan pembersihan komponen notebook secara berkala cukup efektif untuk menjaga notebook anda tetap dalam kondisi baik.
  5. Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai Yang menimbulkan sara keras pada kipas, kipas berputas secara cepat. Hal tersebut dikarenakan aplikasi yang berjalan pada notebook sangat banyak. Untuk mengatasinya anda bisa menghentikan aplikasi yang tidak terpakai, mungkin anda perlu membuka aplikasi yang paling penting saja demi keselamatan notebook anda, cara ini tergolong sederhana tapi sangat efisien.
Artike Lainnya  5 Rekomendasi keyboard komputer 2020

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara mengatasi kipas notebook yang berisik, kipas yang bising tersebut memang mudah diatasi namun anda tidak boleh menyepelekan suara tersebut. Memang suara tersebut juga memiliki arti bahwa notebook anda sedang bermasalah atau terlalu berjalan keras. Silahkan dicoba untuk mengatasi kipas notebook yang berisik, sekian artikel yang saya sampaikan, terima kasih.