Belakangan ini Virtual Reality semakin populer di masyarakat, bukan hanya di kalangan para gamer, hal ini dikarenakan sektor bisnis dan pendidikan mulai menggunakan Virtual Reality. Fenomena ini membuat para developer berlomba-lomba menciptakan berbagai perangkat Virtual Reality.

Berawal dari beberapa tujuan yang beragam di atas, menjadikan Virtual Reality sebagai salah satu sektor pasar yang menguntungkan bagi para developer software untuk meramaikan pasar dan kemajuan Virtual Reality itu sendiri.

Dengan banyaknya konten Virtual Reality yang bertebaran di pasaran, tentunya para developer hardware juga tidak mau kalah untuk menyediakan kebutuhan Virtual Reality di tengah tingginya permintaan akan teknologi ini yaitu perangkatnya, dari spesifikasi menengah hingga memiliki spesifikasi yang tinggi.

Jika Anda sedang mencari referensi perangkat Virtual Reality yang bagus dan berkualitas, berikut ini merupakan rekomendasi perangkat Virtual Reality beserta spesifikasinya.

  • Sony Playstation VR

rekomendasi perangkat virtual reality

Perangkat Virtual Reality yang direkomendasikan dari Sony ini bernama Project Morpheus, juga mendukung penggunaan dengan Playstation 4. Sudah lebih dari 2 tahun Sony merilis perangkat Virtual Reality dengan nama Sony Playstation VR, spesifikasinya sendiri menggunakan layar OLED 5,7 inci dan layar LCD 5 inci yang berguna untuk mempertajam sudut pandang penglihatan pengguna, dan untuk meminimalkan kemungkinan gambar yang ditampilkan buram.

  • Razer OSVR

rekomendasi perangkat virtual reality

Perangkat ini dibuat agar kompatibel dengan Android, Linux, Windows dan banyak lagi. Ternyara fitur tersebut diciptakan developer Razer OSVR agar para gamer dapat menikmati konten game Virtual Reality secara bebas hanya dengan satu perangkat dari Razer OSVR.

  • Oculus Rift

Pelopor perangkat Virtual Reality dari Facebook ini menawarkan visual yang sangat realistis. Kacamata ini dapat dihubungkan ke laptop Anda. Koneksi pada laptop ini tidak hanya untuk menghubungkan konten ke perangkat Virtual Reality, tetapi juga memudahkan orang lain yang ingin melihat konten Virtual Reality yang Anda mainkan melalui layar laptop Anda.

Artike Lainnya  Daftar games seru yang bisa kamu mainkan di Zoom Meeting

Kacamata Virtual Reality ini juga dilengkapi dengan sensor dan LCD Zero latency yang dapat membuat pengguna tidak merasa mual saat menjelajahi dunia Virtual Reality.

  • Samsung Gear VR

Sesuai dengan namanya, perangkat ini diciptakan untuk produk smartphone, mulai dari Smartphone Samsung Note 4 hingga Samsung Galaxy S6 ke atas. Samsung Gear VR juga dilengkapi dengan micro USB dan mendukung layar super AMOLED. Tentunya rekomendasi perangkat Virtual Reality ini sangat menarik untuk dicoba.

  • Homido VR

rekomendasi perangkat virtual reality

Ketika Anda ingin membeli perangkat Virtual Reality yang kompatibel dengan semua smartphone Android dan Iphone, kacamata Virtual Reality buatan dari Homido ini bisa menjadi pilihan Anda. Perangkat Virtual Reality ini memiliki bentuk dan mekanisme yang sama dengan Google Cardboard, yaitu tidak menggunakan mesin. Dengan bentuk dan mekanisme itulah yang membuat perangkat Virtual Reality terlihat unik dan menarik.

Homido VR memiliki sudut pandang pengilhatan 100 derajat, dan terdapat 3 pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Homido VR merupakan perangkat Virtual Reality dengan harga terjangkau yang memiliki kualitas bagus. Menariknya, semua konten aplikasi Virtual Reality di Play store dapat dinikmati menggunakan perangkat Homido VR.

Rekomendasi perangkat Virtual Reality di atas merupakan daftar perangkat Virtual Reality dengan spesifikasi dan keunggulan yang berbeda-beda. Sebelum Anda membeli, pastikan cari tahu terlebih dahulu review masing-masing perangkat tersebut di Youtube. Sehingga nanti Anda tidak menyesal ketika sudah membelinya. Semoga bermanfaat.