Untuk sebagian orang Google Scholar / Google Cendekia mungkin masih terdengar asing, karena memang hanya orang-orang tertentu yang menggunakannya. Tetapi siapa yang tidak kenal Google? Google merupakan salah satu perusahaan besar berbasis TI yang saat ini telah merambah ke banyak lini pekerjaan manusia. Dari mulai mesin pencari web dan email sampai ke mesin penerjemah bahasa. Termasuk salah satunya yang penting dan perlu diketahui oleh kalangan akademisi adalah Google Scholar. Perbedaan Google Scholar dengan Google yang paling utama terletak pada filter pencariannya. Google adalah mesin pencari yang akan menampilkan semua hal di internet yang berkaitan dengan kata kunci yang diinput oleh user. Sedangkan Google Scholar hanya akan menampilkan hal yang berhubungan dengan materi ilmiah. Google cendekia tidak akan menampilkan hasil pencarian seperti video, blog pribadi, iklan dan masih banyak lainnya.

Google memang membuatnya untuk memperluas jaringan penggunaan. Seperti yang sudah kamu ketahui, Google merupakan alat untuk mencari berbagai macam hal yang kamu inginkan berdasarkan kata kunci. Mesin pencarian ini hingga sekarang masih terus digunakan secara masif dan menjadi mesin pencarian yang efektif karena membantu penggunanya melakukan pencarian halaman situs dalam waktu yang cukup singkat. Google Cendekia melakukan pencarian di jurnal-jurnal internasional, bahkan hingga ke website universitas. Belajar melaluinya memang sangat mudah.

Google cendekia diluncurkan pada tahun 2004. Bermula dari diskusi antara Alex Verstak dan Anurag Acharya, kemudian dikembangkan dengan pembangunan web indeks utama Google. Pada tahun 2006, ditambahkan fitur pada Google cendekia. Fitur-fitur tersebut adalah import kutipan dan manajemen kepustakaan. Tentu tidak sampai disitu saja, google terus mengembangkan google cendekia hingga yang terbaru yang dapat kita akses melalui scholar.google.com dan masih akan terus dikembangkan lagi mengikuti perkembangan zaman.

Artike Lainnya  Perbedaan Email dan Gmail pada android

Dalam menulis tulisan ilmiah, tentunya kita menggunakan sumber referensi sebagai acuannya. Untuk mendapatkan sumber referensi yang terpercaya, kamu bisa memanfaatkan Google cendekia. Google cendekia (bahasa Inggris : Google Scholar) layanan yang disediakan oleh Google dengan maksud memudahkan user untuk melakukan pencarian terhadap materi-materi pelajaran, jurnal ilmiah, buku, dan lainnya yang berupa teks dalam berbagai format publikasi. Keberadaan Google cendekia ini sangat berguna bagi palajar, mahasiswa, peneliti atau akademisi lainnya dalam mencari bahan bacaan dan referensi. Google Scholar dapat diakses dengan url scholar.google.com

Ketika pertama kali berkunjung, mungkin kamu akan merasa senang karena tampilan websitenya yang sederhana. Google Cendekia ternyata memang didesain menyerupai Google pada umumnya. Hanya di sini dikhususkan bagi siapa saja yang sedang mencari jurnal ilmiah. Google cendekia mempunyai kelebihan di antaranya: memberikan cara mudah untuk mencari sumber literatur akademis secara luas, membantu mengidentifikasi penelitian yang relevan dari seluruh penelitian akademis, dan membantu penyusunan artikel seperti yang dilakukan peneliti. Keberadaan google cendekia sangat membantu peneliti dan akademisi untuk mendapatkan sumber literasi yang mendukung penelitian. Penelitian

yang terbaru dan paling relevan dari kata kunci yang dimasukkan akan ditampilkan di halaman pertama. Selain itu banyak fitur yang dapat dimanfaatkan user saat mengakses Google cendekia. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan di Google Cendekia.

1. Cari

Pada menu ini kamu bisa melakukan pencarian secara spesifik. Misalnya kamu sedang mencari artikel dengan judul tertentu. Kamu bisa mengetikkan judul itu pada Google Cendekia yang kemudian mesin Google akan menampilkan sumber yang relevan dan berkaitan dengan judul jurnal tersebut. Kamu bisa langsung membacanya dan penelitian yang kamu lakukan akan berjalan dengan mudah. Ada ratusan ribu jurnal yang tersimpan di database mesin pencarian ini, jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Artike Lainnya  3 merk printer yang terbaik untuk kelas menengah

mengenal google scholar

2. Temukan

Ketika kamu mencari kutipan tertentu dalam sebuah makalah, kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengetikkan kutipan yang sedang kamu cari, maka judul buku atau makalah yang menyimpan kutipan itu akan muncul dengan sendirinya. Kamu tidak perlu lama menunggu karena Google Cendekia yang akan melakukannya untukmu. Sumbernya pun dari sumber yang cukup terpercaya.

3. Telusuri

Di beberapa website jurnal, ada banyak jurnal yang bisa kamu baca, tapi hanya terbatas. Beda halnya dengan Google Cendekia di mana kamu bisa melakukan penelusuran makalah atau buku secara utuh tanpa harus mengeluarkan uang. Biasanya makalah ini sudah dibeli oleh Google dan kamu bisa mempelajarinya dengan Cuma-cuma. Dengan begitu kamu bisa belajar dari keseluruhan buku dan ini yang membuat belajar dengan menggunakan Google adalah hal yang menyenangkan.

4. Pelajari

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mempelajari makalah dan jurnal di bidang apa pun. Kamu mungkin tidak diizinkan untuk mengunduh makalah itu karena memang milik orang lain. Namun, kamu masih bisa menyimpannya di perpustakaan Google di akunmu sehingga kamu akan mudah menggunakannya lagi ketika sedang online. Tidak perlu khawatir akan kehilangan pencarian.

Itulah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan pada Google Cendekia. Selain mendapatkan artikel, Google juga bisa kamu manfaatkan untuk menemukan jurnal dan penelitian.