Harddisk, bagian komponen penting pada komputer. Tempat menyimpan data dan windows berjalan. Hardisk tidak bisa selamanya berjalan dengan normal, ada waktunya hardisk itu perlu diganti. Masa pakai harddisk berbeda beda tergantung pemakaian, kualitas harddisk dan mereknya. Ada beberapa opsi yang saya kasih untuk mengecek performa atau kesehatan dari hardisk dari teman teman semua.

1. Menggunakan WMIC

Sangat mudah untuk mengecek kondisi harddisk menggunakan cara ini karena tidak perlu menginstal software tambahan, sudah disediakan fitur ini dari windows. Tapi masih banyak orang jarang menggunakan cara ini, mungkin karena tidak terlalu yakin dengan hasilnya dan tampilan yang sangat simpel.

  • pertama buka dialog pencarian dengan cara tekan tombol windows + R
  • Tuliskan “CMD” untuk membuka command prompt di windows
  • Tuliskan “WMIC” terus Enter
  • Berikutnya ketikan perintah “diskdrive get status” tekan Enter
  • Kemudian kondisi harddisk ditampilkan

Ini adalah cara yang praktis untuk dilakukan, jika muncul notif “OK” berarti harddisk dalam kondisi baik, bila yang muncul “Pred Fail” siap siap sisihkan uang untuk mengganti dengan harddisk baru.

2. Menggunakan CHKDSK

Sama seperti sebelumnya cara ini disediakan oleh windows, prosesnya system akan men scan disk yang dipilih untuk menemukan kesalahan atau error system dan bad sector jika ada.

  • Masuk file eksplorer pilih disk yang akan di scan
  • klik kanan pilih properties masuk tab tool
  • Pada error checking klik check
Artike Lainnya  Review aplikasi Flip transfer antar bank gratis

3. Menggunakan aplikasi tambahan

Banyak sekali aplikasi gratis untuk cek performa dan kesehatan hardisk yang tersedia di internet dan bermacam macam fitur yang disediakan. Ada yang perlu install tapi ada yang menyediakan versi portable nya juga. Saya akan memberi tahu beberapa saja yang sudah saya ketahui.

  • Harddisk Sentinel

https://www.hdsentinel.com/download.php

  • Crystaldiskinfo

https://crystalmark.info/en/download

Dengan mengetahui kondisi harddisk yang sedang kita pakai jadi tidak perlu khawatir jika tiba tiba mengalami kerusakan karena kita sudah berjaga jaga terlebih dahulu dengan cara membackup filenya. Teman teman dapat menggunakan tool yang sudah saya sampaikan diatas untuk mengecek Harddisk, jika tidak memerlukan detail fitur tambahan tool yang disediakan windows saya rasa sudah cukup. Jika ada pertanyaan mengenai hardisk bisa tulis di kolom komentar dibawah. Jika kurang puas bisa konsultasi dengan datang langsung ke toko kami Excellent computer Semarang ataupun Excellent computer Salatiga kami dengan hati siap membantu. Terima Kasih