Sebuah lagu yang sudah dibuat, direkam, bahkan divideokan sangat perlu untuk dipublikasikan, agar masyarakat bisa mendengar dan menyukai karya yang sudah susah payah dibuat oleh musisi. Dalam memasarkan sebuah karya musik, jika di era sebelumnya rilisan fisik seperti kaset dan CD menjadi sebuah cara untuk melejitkan suatu karya, di zaman yang serba online seperti sekarang ini, platform online khusus untuk musisi menjadi hal yang perlu digunakan untuk menyebarluaskan karya tersebut. Bagi kalian juga yang suka mendengarkan musik-musik favorit, bisa menggunakan platform-platform berikut:

1. Spotify

Spotify adalah layanan streaming musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari artis di seluruh dunia. Spotify juga merupakan salah satu platform streaming musik terbesar dan yang paling populer saat ini. Banyak orang yang memilih Spotify sebagai teman mendengarkan musik sehari-hari baik secara gratis ataupun berlangganan. Ini kesempatan besar untuk memasukan karya musik kalian yang sudah direkam ke dalam Spotify dan berpeluang untuk didengarkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Agar lagu bisa masuk ke dalam Spotify, kamu harus bekerjasama dengan pihak yang sudah bermitra secara resmi dengan Spotify. Pihak-pihak ini bisa kamu temui di kota tempat tinggal kamu. Mereka tidak hanya membantumu mem-publish karya, namun juga akan membantumu menghitung statistik pendengar dan jumlah royalti yang kamu dapatkan dari jumlah pemutaran lagu kamu. Belum lagi jika karya kamu dilirik oleh pihak Spotify pusat, karya kamu bisa masuk ke dalam chart yang dibuat Spotify dan berkesempatan untuk didengarkan lebih banyak orang.

Artike Lainnya  7 game jadul komputer untuk nostalgia

2. ITunes

ITunes adalah sebuah peranti lunak dari Apple Inc. yang bisa memutar, mengorganisasi serta membeli lagu. ITunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad. Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling sering berinovasi dan penggunanya di Indonesia dan dunia juga sangat luar biasa

banyaknya. Bagi kalian yang ingin karya musiknya didengar sekaligus berjualan lagu yang sudah kalian rekam, bisa memanfaatkan iTunes. Itunes juga tidak jauh berbeda dengan Spotify, kalian perlu mencari pihak yang sudah bekerjasama dengan iTunes agar karya kalian bisa masuk ke dalamnya. Biasanya pihak tersebut sudah menyediakan paketan yang bisa memasukan ke platform Spotify dan iTunes serta beberapa platform musik lain sekaligus.

3. YouTube

Dizaman sekarang siapa sih yang tidak tau Youtube? Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orangtua sudah mengenal platform yang satu ini. Tidak hanya lagu, namun karya kalian juga bisa dipublikasikan dalam bentuk video melalui YouTube. Platform gratis ini bisa berpengaruh besar bagi band atau musisi solo untuk melejitkan nama jika memiliki konten yang menarik. Kalain bisa membuat video klip, video lirik, dan bahkan rekaman video perform kalian sebagai musisi untuk di-upload di YouTube. Selain itu, mudahnya melakukan sharing ke platform lain juga akan menguntungkan kalian.

Jika channel YouTube kalian sudah besar, maka kalian juga bisa memonetasi konten video tersebut, sehingga tidak hanya karya kalain yang tersebar luas tapi kalian juga bisa mendapatkan pemasukan uang dari monetasi video YouTube seperti halnya youtuber-youtuber pada umunya.

4. Soundcloud

Nah, Jika kalian merasa terlalu susah untuk memasukkan lagu ke Spotify atau membuat video untuk YouTube, kalian bisa mencoba alternatif lain, yaitu Soundcloud untuk menampung hasil karya musik kalain. Soundcloud sangat mudah digunakan dan siapa pun bisa meng-upload musik mereka di sini. Nggak jarang banyak musisi yang melejit karena karya sederhananya di-upload di Soundcloud dan disukai oleh produser musik lalu menjalin kerjasama untuk masuk label rekaman.

Artike Lainnya  Cara install CMS wordpress di xampp (localhost)

Musik di Soundcloud juga mudah di-share ke platform lain dan fitur komentar yang bisa langsung menuju ke detik mana lagu yang diputar juga menambah seru saat menggunakan platform ini. Ya, itulah dia platform-platform musik digital yang bisa kalian gunakan untuk mempublikasikan karya kalian, baik itu lagu asli buatan kalian, atau cover lagu yang sudah adadan lain sebagaianya. Atau bagi kalian yang sukanya mendengarkan musik yang sudah jadi dan siap didengarkan juga bisa menggunakan platform-platform tersebut. Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.