Garskin adalah Stiker yang menutupi seluruh casing penuh pada body laptop dengan tampilan kombinasi berbagai tekstur, gambar karakter, polos, dan berbagai warna. Bahan yang digunakan untuk membuat garskin biasanya berbahan dasar vinyl.

Salah satu aksesoris laptop yang populer ini banyak dijual di pasaran karena memiliki sejumlah peminat dari berbagai kalangan. Namun, kita perlu berhati-hati dengan penjual yang menawarkan garskin tiruan.

Garskin tiruan cenderung berwarna agak buram dan tidak memiliki logo garskin yang cerah dan mengkilap di bagian bawah. Selain itu, harga yang ditawarkan juga lebih murah.

Garskin dipasang di laptop bukan hanya tanpa tujuan. Garskin yang dipasang pada laptop tidak hanya memberikan kesan yang menarik dan unik, tetapi garskin atau pelindung ini melindungi casing dari berbagai hal yang tidak kita inginkan, contohnya melindungi dari goresan, terkena tumpahan air, dan berbagai kelebihan lainnya. Namun, selain penggunaan garskin yang memiliki kelebihan, ternyata memasang aksesoris satu ini pada laptop juga memiliki kekurangan.

Sebelum Anda menggunakan Garskin, ketahui kelebihan dan kekurangan menggunakan garskin pada laptop dibawah ini.

  • Kelebihan

Kelebihan atau manfaat yang didapat saat menggunakan Garskin, antara lain yaitu:

  • Mempercantik Penampilan

Kehadiran Garskin membuat laptop semakin menarik karena warna atau karakter favorit yang melekat. Tidak hanya tampilan laptop saja yang berbeda, beberapa goresan yang terdapat pada casing laptop dapat tertutupi.

  • Tidak Mudah Luntur

Warna Garskin dengan kualitas original biasanya akan bertahan beberapa tahun dan tidak akan pudar meski digunakan di luar ruangan.

  • Melindungi dari Debu

Garskin dapat memberikan kenyamanan pada Anda, karena debu tidak akan bersentuhan langsung dengan laptop. Seperti yang kita tahu, debu tidak hanya dapat mengganggu penampilan sebuah laptop tetapi dengan ukurannya yang kecil juga dapat merusak berbagai elemen penting pada sebuah laptop.

  • Tahan dari Keringat

Garskin mampu melindungi sebuah laptop dari keringat pengguna ketika memegangnya atau bersentuhan dengan laptop.

  • Anti Listrik Statis

Pernahkah Anda tersengat listrik saat menyentuh laptop? Hal itu terjadi karena laptop merupakan perangkat elektronik yang hidup karena adanya arus listrik. Namun, ketika Anda menggunakan Garskin, kemungkinan tersengat listrik lebih kecil.

  • Tahan Tumpahan

Garskin melindungi laptop dari cipratan atau tumpahan benda cair yang dapat merusak laptop. Dengan bahan vinyl waterproof agar air yang tumpah tidak terserap oleh Garskin.

  • Tahan dari Goresan

Goresan pada body laptop merupakan hal yang harus dihindari karena membuat laptop terlihat tidak terawat dan meninggalkan cacat. Tentu hal tersebut membuat Anda kurang percaya diri saat mengoperasikannya di ruang publik. Dengan menggunakan Garskin, casing laptop Anda bisa terlindungi.

  • Kekurangan

Selain kelebihan menggunakan Garskin yang sudah saya sebutkan di atas, menggunakan Garskin juga memiliki beberapa kekurangan.

  • Satu Kali Pemakaian

Pemakaian Garskin hanya digunakan satu kali. Garskin yang dilepas tidak dapat dipasang kembali ke body laptop.

  • Menutupi Logo

Logo pabrikan laptop biasanya diletakkan di casing agar mudah dilihat. Namun, ketika menggunakan Garskin yang menutupi seluruh body laptop, secara tidak langsung menutupi keberadaan sebuah logo.

  • Tidak berbekas lem

Bekas yang dimaksud adalah perekat atau lem dari garskin akan menempel pada casing laptop ketika Garskin dilepas. Perekat pada Garskin memiliki daya rekat yang kuat sehingga tentu akan meninggalkan bekas yang biasanya sulit dibersihkan.

Artike Lainnya  Cek performa harddisk komputer di windows 10

Melindungi body laptop menggunakan garskin memberikan lebih banyak keuntungan daripada kerugian. Jadi jangan khawatir ketika Anda memutuskan untuk menggunakan Garskin di laptop Anda. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.