Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan IPV4 dan IPV6. Bagi teman teman yang sering berkecimpung didunia network pasti tidak asing dengan namanya IP (Internet Protokol). Internet Protokol adalah sebuah aturan untuk mengatur komunikasi dari komputer satu ke komputer lain dalam jaringan internet. Fungsi dari IP Address dalam jaringan komputer yaitu alamat komputer yang dapat dihubungkan dengan komputer maupun jaringan lain. Seiring berjalanya waktu internet protokol telah mengalami perkembangan ditandai dengan munculnya Ipv4 dan Ipv6. Perbedaan yang paling sederhana dari Internet Protokol Versi 4 (IPV4) dengan Internet Protokol Versi 6 (IPV6) adalah dari jumlah binernya untuk Ipv4 memiliki jumlah 32 Bit dan untuk Ipv6 jumlahnya 128 Bit.

perbedaan ipv4 dan ipv6

IPV4 adalah jenis jaringan yang digunakan pada protokol jaringan IP/TCP memakai protokol versi 4. dikembangkan pada tahun 1970 dan mulai digunakan tahun 1981. Dapat memberi alamat IP sebanyak 4 miliar lebih, tetapi untuk sekarang dimana sudah semakin banyak pengguna komputer dan smartphone maka kebutuhan IP juga harus ditambah yaitu dengan munculnya ipv6

IPV6 adalah jenis jaringan yang digunakan pada protokol jaringan IP/TCP memaki protokol versi 6. Mulai dikembangkan pada tahun 1996 untuk mengatasi keterbatasan ip yang akan segera habis dari ipv4. Mulai digunakan pada tahun 1999 memiliki aspek mobilitas, keamanan, dan konfigurasi lebih baik dari sebelumnya.

Artike Lainnya  Cara install dan setting Bind9 di server Linux debian
Perbedaan IPV4 IPV6
Kapasitas 32 Bit 128 Bit
Ukuran header 20 Oktet 40 Oktet
Konfigurasi Manual Otomatis
Mobilitas Terbatas kemampuan roaming Tetap terjaga
Routing Menurun Efisien
Dipergunakan 1981 1999
IPsec Optional Mendukung
  • Mobile IP

Untuk dudukan mobile yang disediakan ipv4 agak kurang dibanding dengan ipv6 oleh sebab itu sering terjadinya roaming ketika beralih dari satu jaringan ke jaringan lain pada ipv4. Berbeda dengan ipv6 yang menyediakan dan mendukung sistem mobile dalam desain ip.

  • Keamanan

Fitur keamanan yang disediakan ipv4 yaitu Ipsec tetapi fitur ini hanya sebagai pilihan di ipv4 berbeda jika di ipv6 fitur keamanan Ipsec diwajibkan untuk implementasi ipv6.

  • Routing

Ketika routing berjalan ada pemeriksaan header MTU pada setiap hop switch dan router, ini menyebabkan performa pada ipv4 menurun pada ukuran dan tabel routing yang membesar. Berbeda yang dialami pada ipv6 karena memiliki routing yang lebih efisien serta kemampuanya mengelola tabel routing yang lebih besar.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan ipv4 dengan ipv6 semoga dapat bermanfaat. jangan lupa dibagian paling atas artikel ada tombol buat share artikel ini ke media sosial yang kalian miliki. Untuk melihat artikel teman teman saya yang lain bisa lihat pada bagian kanan layar anda terdapat judul yang ditampilkan. Terima Kasih.