Istilah headset, headphone, earphone tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi tau gak kalau ketiga barang tersebut sebenarnya berbeda? Meskipun ketiga benda tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media output suara, namun pada hakikatnya ketiga benda tersebut memiliki perbedaan secara fitur dan bentuk. Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan ketiga benda tersebut agar kita tidak salah menyebut mereka.

  •  Headphone

Nah dalam perbedaan headphone headset dan juga earphone adalah fungsinya. Dibanding dengan headset dan earphone, headphone merupakan benda yang murni sebagai alat output audio. Dimana headphone tidak memiliki fungsi lain selain merupakan alat untuk mengeluarkan suara. Biasanya headphone memiliki kualitas suara yg lebih baik karena headphone di produksi hanya fokus pada satu fungsi utama. Biasanya brand yang mengeluarkan headphone juga merupakan brand yang fokus pada audio seperti Audio Technica, Bose, JBL, Takstar dan sebagainya.

at8

Headphone juga memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan desain dan pasar sendiri. Biasanya headphone yang ditujukan untuk penggunaan waktu yang lama akan didesain dengan bentuk yang besar sehingga tidak mengganggu telinga kita (Over Ear), sedangkan untuk penggunaaan biasa, akan disesuaikan dengan selera dari pengguna (contoh On Ear).

on-ear-vs-Over-ear

  • Headset

Sesuai dengan namanya, headset berarti satu set untuk kepala. Sebenarnya untuk headset itu mirip dengan headphone, namun mendapat tambahan fitur yaitu microphone.

Artike Lainnya  5 game android terbaik 2020

perbedaan headphone headset earphone

Hal ini ditujukan untuk memudahkan penggunanya dalam menggunakan Headset khususnya untuk proses komunikasi. Maka dari itu saat kalian membeli headset gaming kalian menyebutnya “Headset gaming” bukan “Headphone gaming” yaa karena headset gaming itu memiliki mic yang kita gunakan untuk berkomunikasi saat kita bermain game. Jadi secara sederhana, sebuah headphone yang memiliki microphone disebut dengan Headset.

  • Earphone

Nah untuk yang satu ini biasa kita temui di perangkat mobile atau smartphone. Karena biasanya saat kita membeli sebuah smartphone kita akan mendapat earphone juga di dalam kemasan kotak smartphone (tidak semua smartphone).

perbedaan headphone headset earphone

Secara simple, earphone memiliki fungsi yang sama seperti headset, bahkan fungsionalitas dan fiturnya sama. Hanya saja form factor dan desain yang berbeda dimana headset lebih universal mencakup semua, namun earphone lebih spesifik ke device yang lebih kecil dimana sebuah headset biasanya on-ear atau over-ear, sedangkan untuk earphone memiliki desain in-ear, yaitu perangkat earphone berada didalam daun telinga ketika digunakan.

Itulah di perbedaan headphone headset dan earphone yang perlu kalian ketahui agar tidak lagi salah dalam menyebutkan masing masing nama perangkat tesebut. semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.