Kalian mungkin sering mendengar apa itu vpn, dan dalam belakangan ini banyak orang lebih dari sekedar mengetahui akan tetapi banyak menggunakan VPN. Namun apakah kalian tahu dibalik beberapa manfaat VPN yang digunakan untuk membantu aktifitas kita sehari hari terdapa hal menarik, dari mulai VPN itu lambat hingga membuat kita berselancar di internet secara anonim. VPN atau Virtual Private Network adalah suatu jaringan pribadi yang menggunakan media jaringan publik untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Jaringan pribadi virtual memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengirimkan dan menerima data sepanjang jaringan publik atau jaringan bersama seakan-akan komputer pengguna tersebut berhubungan dalam jaringan pribadi. Aplikasi yang berkomunikasi melalui “jaringan pribadi virtual” dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi.

manfaat vpn

source: niagahoster.com

Maka VPN ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan terutama dalam bagian IT. dan dalam hal ini VPN mendukung beberapa protokol diantaranya PPTP, L2PT, IPSec, SOCKS. dan secara dasar inilah fungsi utama dari dari VPN:

1. Confidentially (Kerahasiaan)
Dengan digunakannnya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melauinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

Artike Lainnya  Aplikasi video conference terbaik untuk remote worker

2. Data Intergrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Nah setelah kita mengetahui pengertian dan fungsi dasar dari VPN kita lanjutkan dengan beberapa manfaat dari VPN:

1. Remote Access

manfaat ini sangat berguna jika misalkan anda sedang berada diluar kantor kemudian harus mengakses data dari komputer kantor kita, maka kita dapat menggunakan VPN sebagai remote access ke komputer.

2. Enkripsi Perangkat

ini juga salah satu manfaat karena dengan ter-enkripsinya data informasi perangkat dapat meminimalisir dari kebocoran data atau penyadapan informasi.

3. Keamanan data dalam Jaringan Publik

ketika anda mungkin menggunakan wifi di public dan takut kalau mereka telah memanipulasi perangkat wifi kita dapat menggunakan VPN untuk mengenamankan data lalu lintas kita.

4. Bypass

Nah ini salah satu manfaat VPN yang paling sering digunakan pada khalayak umum, yakni bypass website yang diblokir oleh operator semacam website reddit, vimeo, vevo, atau website lainya.

Artike Lainnya  Paradigma pengguna sebagai antivirus komputer: Part 2

sama halnya dengan teknologi lainnya VPN juga mempunyai beberapa kekurangan misal akses yang sedikit lambat, keterbatasaan penggunaan dan juga setup VPN yang dibilang cukup sulit bagi orang awam. nah kita juga mau membahas beberapa contoh penyedia VPN gratis yang kalian dapat gunakan.

1. Tunnel Bear

Dengan menawarkan penggunaan vpn gratis sebesar 500 MB per bulan, dengan tampilan sederhana dan menarik kita dapat dengan mudah menggunakannya. tunner bear ini juga menyediakan versi yang berbayar sebesar US $ 60 pertahun. terdapat versi aplikasi android, ios, dan browser

2. Hide.me

Hide.me menawarkan vpn gratisan hingga 2 GB dengan 5 pilihan server diseluruh dunia. tampilan dari vpn ini juga cukup menarik dan mudah digunakan. hide.me juga menawarkan versi berbayar dengan harga US $ 5.14 per bulan. hide.me memberikan banyak pilihan versi aplikasi android, ios, windows macos dan juga amazon fire tv.

3. hostspot shield

nah ini dia salah satu penyedia vpn gratis yang terkenal didunia, dengan tampilan menarik dan juga mudah digunakan untuk versi berbayar dapat kalian langganan dengan harga 7,99 per bulan. untuk hostspot shield ini terdapat banyak versinya dari android, ios, macos, windows, dan juga chrome os.

4. 1.1.1.1

tak salah ketik memang ini nama produk vpn dari cloudflare salah satu pemain jaringan didunia yang terkemuka. untuk 1.1.1.1 sementara ini hanya tersedia untuk perangkat ios dan android dan juga gratis belum ada versi yang berbayar.

 

Nah itu dia teman teman dari pengertian dan manfaat vpn dan juga kita sudah membahas beberapa contoh penyedia vps yang gratis dapat digunakan kalian secara bebas untuk berbagai model perangkat. vpn ini jika digunakan dengan benar akan membawa manfaat yang sangat besar dan baik. akan tetapi jika digunakan untuk hal-hal negatif tentu itu akan membawa masalah kepada kita di kemudian hari. baik cukup sampai disini pemabahasan mengenai VPN.

Artike Lainnya  Mengenal jenis format file video atau film