Mungkin kalian banyak yang belum tahu perbedaan kabel vga dan hdmi dari segi fungsinya. karena mungkin jika perbedaan secara fisik memang sudah cukuplah mudah untuk diketahui, nah dalam pembahasan artikel kali ini kita akan membahas fungsi dan teknologi yang ada didalam kedua jenis kabel tersebut.

Kabel VGA

Kabel VGA singkatan dari Video Graphics Array merupakan jenis kabel koneksi standar yang berfungsi untuk mengirim video dari komputer menuju ke proyektor atau monitor. Biasanya VGA diartikan sebagai jenis kabel, port, dan konektor yang biasanya digunakan untuk menghubungkan monitor ke kartu grafis. Meskipun masih banyak pengguna komputer yang menggunakan Kabel VGA, namun semakin lama VGA digantikan dengan DVI dan HDMI yang lebih baik. Perusahaan yang biasanya menghasilkan kartu VGA adalah ATI dan nVidia.

VGA memiliki prosesor tersendiri yang disebut Graphics Processing Unit (GPU). Karena sifatnya yang fleksibel, monitor yang bisa menggunakan konektor jenis VGA bisa digunakan oleh komputer lain. Jenis VGA yang sering digunakan adalah super VGA (SVGA). Konektor jenis ini memungkinkan penggunaan resolusi yang lebih besar dari 640 x 480, seperti 800 x 600 atau 1024 x 768.

VGA mempunyai 15 pin dan berbentuk trapesium. Kartu grafis yang terdapat pada komputer akan menampilkan rakitan dari komputer ke monitor atau projektor. Salah satu kelemahan dari sistem ini adalah akan terjadi error jika aplikasi yang digunakan membutuhkan resolusi yang melebihi resolusi yang disediakan. Walaupun begitu, masih banyak produsen software maupun hardware yang mendukung sistem VGA karena masih banyak digunakan.

Artike Lainnya  Pengertian Firewall Beserta Fungsinya

Kabel VGA merupakan gadget yang biasanya digunakan untuk mentransfer sinyal video. Kabel ini digunakan jika ingin menampilkan gambar ke sebuah monitor, layar televisi, maupun projektor. Kabel VGA mempunyai dua jenis yaitu konektor positif dan negatif. Kabel ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki garansi tanpa syarat. Konektor yang berada di ujung kabel VGA mempunyai 15 pin dengan bentuk trapezoid. Kabel ini sering digunakan pada perangkat elektronik seperti laptop, televisi, monitor, kartu video, dan perangkat lain.

Kabel HDMI

HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Kabel HDMI berarti suatu kabel yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat elektronik yang dapat mentranfer sinyal video dan audio kualitas tinngi (HD). Selama ini untuk menghubungkan antar perangkat video / audio, umumnya kita menggunakan kabel RCA (Radio Corporation of America), S-video (Separate-video / Super-video) atau kabel DVI(DigitalVisualInterface).

Berbeda dengan konektor VGA yang hanya bisa mengirimkan data gambar saja, HDMI bisa mengirimkan data gambar dan suara sekaligus. Dalam arti, Anda tidak perlu lagi menggunakan dua jenis kabel terpisah untuk mengirimkan data gambar dan suara ke perangkat TV atau monitor. Namun sekarang banyak perangkat-perangkat HD (seperti HDTV, Blue Ray player, HD DVD player, dll) yang memiliki sinyal video dan audio kualitas tinggi (HD) yang kurang bisa ditangani secara sempurna oleh kabel-kabel tersebut. Lalu muncullah kabel HDMI yang memang didesain untuk dapat mentransfer sinyal audio / video yang berkualitas tinggi tersebut.

HDMI sendiri masih terus berkembang hingga saat ini. HDMI disinyalir akan menjadi teknologi masa depan bagi perangkat saat ini. Ini terbukti dengan mulai adanya instalasi port HDMI pada perangkat portable seperti pada beberapa tablet ternama di pasaran saat ini. HDMI merupakan terobosan terbaru di dalam dunia audio dan video ketika para pengguna dapat menikmati sebuah kualitas solid tanpa harus direpotkan dengan kabel-kabel yang begitu mengganggu dan terkadang merusak pemandangan. Bila Anda belum pernah menggunakan HDMI, tidak ada salahnya Anda mencoba fitur HDMI untuk merasakan sensasi baru dan berbeda dengan perangkat Anda, baik itu tablet atau monitor komputer Anda

Artike Lainnya  Melihat map perang Cyber Online ( cyber threat map)

Nah itulah teman-teman perbedaan kabel VGA dan HDMI yang perlu kalian ketahui, jadi memang lebih banyak keuntungan yang didapatkan dari kabel hdmi daripada kabel vga. sekian artikel kali ini dan terima kasih.