Kali ini saya akan membahas pengertian dan jenis Avometer sebagai alat pengukur komponen elektronika, Avometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan, hambatan, dan arus listrik.

Fungsi avometer ini cukup banyak dan dimanfaatkan oleh teknisi untuk melakukan berbagai macam pengukuran dengan satu alat dan Avometer ini banyak dimanfaatkan sebagai alat ukur yang digunakan pada bidang elektronika kelistrikan dan yang lainnya.

Avometer Adalah alat untuk mengukur ampere, volt, dan ohm. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 3 fungsi dari avometer atau multimeter berdasarkan kegunaan dari ketiga jenis alat ukur yang ada di dalamnya.

Volt Meter

Volt meter adalah fungsi pada avotmeter yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik dengan satuan volt. Volt meter bisa mengukur tegangan AC dengan batas maksimal 250 V.

Volt Meter bisa mengukur tegangan listrik dengan cara menghubungkan kabel ujung ground dengan ujung positif. Pada saat menggunakan alat ini harus hati – hati dan harus mengetahui batas ukur tegangan disesuaikan agar tidak mudah rusak.

Ohm Meter

Ohm meter adalah fungsi pada avotmeter yang digunakan untuk mengukur tahahan atau hambatan listrik yang merupakan daya untuk menahan aliran arus listrik. Ohm meter pada alat ini juga bsia berguna untuk mencari tahu komponen pada suatu rangkaian dalam kondisi terhubung atau tidak.

Pengecekan avometer untuk mengukur tahanan atau hambatan ini adalah dengan menghubungkan kedua kabel probe ke ujung resistor.

Ampere Meter

Dan yang terakhir adalah fungsi dari ampere meter, alat ini berfungsi untuk mengukur nilai arus listrik yang mengalir dan bisa mengukur aliran arus listrik pada rangkaian tertutup dengan satuan mili ampere. Namun avometer ini hanya bisa mengukur Arus listrik yang terbilang kecil.

Artike Lainnya  ANTIVIRUS WINDOWS 10 TERBAIK UNTUK PENGGUNA BARU

Cara pengukuranya yaitu menghubungkan avometer dengan memasang seri kabel probe pada suatu rangkaian, sebelum memasang kabel probe ini Anda harus memutus rangkaian terlebih dahulu kemudian menyambungkannya kembali dengan menambahkan amperemeter di antara bagian yang diputuskan.

Cukup sekian informasi mengenai Avometer yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.