Di era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan teknologi berbasis telekomunikasi semakin berkembang pesat. Definisi telekomunikasi yaitu teknik yang digunakan untuk menyampaikan sebuah data atau informasi secara cepat. Seiring berkembang nya zaman, komunikasi dijalankan menggunakan jaringan nirkabel (wireless) meskipun sampai saat ini jaringan kabel masih tetap digunakan.

Apa itu wireless?

Wireless Network adalah sebuah jaringan yang menghubungkan telekomunikasi antara perangkat satu dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan media kabel sebagai penghantarnya. Wireless menggunakan media gelombang radio atau suara. Dengan menggunakan gelombang elektromagnetik melalui sebuah pemancar, informasi yang disampaikan dapat diterima meskipun dari jarak yang sangat jauh. Akan tetapi, menangkap gelombang tersebut dapat terkendala jika cuaca buruk. Di karenakan gelombang tersebut sangat bergantung pada kondisi cuaca. Solusi nya adalah dengan membuat banyak pemancar pada setiap jarak tertentu. Namun, meskipun cara itu dapat mengurangi nya akan tetapi akan terganggu jika ada elemen yang menghalangi.

Penggunaan jaringan wireless sudah sangat banyak digunakan pada era saat ini. Di setiap kehidupan sehari-hari pun sudah menggunakan teknologi wireless ini, misalnya pada remot yang biasa digunakan untuk mengganti channel televisi juga sudah menggunakan sistem wireless.

Salah satu keunggulan menggunakan jaringan wireless ini adalah kemudahan saat pemasangan nya. Karena, pins, memasang jaringan wireless tidak memerlukan banyak kabel untuk membangun koneksinya. Pins bisa berjalan di internet tanpa harus menghubungkan kabel, cukup dengan sinyal WiFi anda sudah bisa mengakses internet kapan pun dan dimana pun.

Fungsi wireless network ini mampu menjangkau area yang lebih luas dan anda bisa meminimalisir biaya pemasangannya karena jaringannya tidak banyak menggunakan kabel. Selain biaya pemasangannya yang murah, proses pemasangannya pun sangat mudah, bisa di indoor maupun outdoor. Terdapat fitur bernama wireless acces point (WAP) yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data dan mampu menguhubungkan jaringan lokal dengan wireless.

Artike Lainnya  Cara Upload File Di Google Drive untuk di download orang lain

Prinsip kerja wireless sendiri yaitu jaringan wireless memiliki transreceiver berbentuk adaptor yang dimana adaptor tersebut akan mendeteksi jaringan wireless di sekitar perangkat melalui alat khusus pendeteksi sinyal. Saat sudah terdeteksi, sistem akan langsung menghubungkan.