Hai sobat oline, masih melanjutkan artikel yang sebelumnya mengenai pengertian software, setelah kamu memahami pengertian software, alangkah baiknya kamu juga mengetahui fungsinya dan jenis jenisnya, pada dasarnya perangkat lunak pada komputer memiliki dua fungsi utama. Fungsi yang pertama sebagai pemroses data, perintah atau instruksi khusus. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil kerja yang diinginkan. Selain itu, fungsinya adalah untuk sarana interaksi yang mengkoneksikan pengguna dengan perangkat kerasnya.

Dalam membantu pengoperasian sistem komputer, software mempunyai fungsi-fungsi khusus, antara lain:

  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga bisa dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi serta juga sistem pendukung pada komputer.
  • Mengatur tiap-tiap hardware yang terdapat pada komputer sehingga bisa bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang terdapat pada komputer.
  • Perangkat lunak juga berfungsi ialah sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga bisa dimengerti oleh hardware.
  • Software ini juga bisa mengidentifikasi suatu program yang terdapat pada sebuah komputer.

Bagaimanapun juga, sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya. Ada banyak sekali contoh software yang dipakai oleh pemilik komputer untuk kegiatannya sehari-hari, baik itu software gratis maupun yang berbayar. Adapun beberapa contoh software adalah sebagai berikut:

  • Software System

Terdapat sejumlah perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi komputer. Contohnya adalah Linux, Mac dan Windows. Sistem operasi Windows lebih banyak digunakan karena harganya lebih murah daripada Mac serta linux yang banyak berbagaimacam distro yang ditunjunkan untuk berbagai kepentingan.

  • Software Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

  • Software Browser

Browser adalah Sebuat program atau software yang digunakan untuk menjelajah dunia maya internet dalam konteks computer. Beberapa contoh perangkat lunaknya adalah Opera Mini, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome dan sebagainya.

  • Software Anti Virus

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Sebagai contoh adalah AVG, Norton, Avast, Smadav dan sebagainya.

Artike Lainnya  Yuk berkenalan dengan Mechanical Keyboard