Sebelum masuk ke pembahasan saya akan menjelaskan sedikit tentang harddisk, Apa itu Harddisk? Harddisk adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penyimpanan, semua data yang ada di komputer baik berupa document, music, video, maupun gambar itu akan tersimpan diperangkat tersebut.

Harddisk ini adalah penyimpanan non-volatile memory yang berarti ketika ada data yang disimpan pada harddisk tersebut ketika perangkat komputer dimatikan data tidak akan hilang.

Kembali ke pembahasan awal tentang bagaimana cara untuk mengatasi partisi harddisk yang hilang, biasanya partisi hilang ketika perangkat tersebut habis diinstall ulang. Nah kali ini saya juga mendapat masalah tersebut akan tetapi masalahnya ketika laptop direstart atau dimatikan partisi harddisk juga hilang kembali, langsung saja masuk ke cara bagaimana mengatasi partisi yang hilang :

  1. Tahan tombol WIN + R (Run)
  2. Ketikkan dengan diskmgmt.msc
  3. Lihat dibagian tersebut, biasanya ada partisi dengan letter driver C:, dan lihat disampingnya apakah ada partisi lain yang belom dikasih letter, nah digambar bawah ini ada partisi data yang menggunakan letter E:

memperbaiki partisi harddisk hilang

  1. Klik kanan Change driver letter and paths

memperbaiki partisi harddisk hilang

  1. Nah, dimenu change driver letter and paths klik Add dan pilih letter, bisa dikasih letter A-Z
  2. Kemudian klik OK
  3. Lihat di File Explorer apakah partisi yang sudah di Add tadi terdeteksi

Dan ada lagi masalah yang saya alami setelah diinstall ulang windows partisi nya jadi hilang dan sudah mencoba cara yang diatas juga tidak work, ketika direstart atau dimatikan partisi tersebut kembali hilang.

Cara mengatasi partisi yang hilang ketika perangkat direstart ataupun dimatikan :

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Aomei partition
  2. Jika sudah download aplikasinya, buka aplikasi Aomeinya
Artike Lainnya  Mengenal Satuan Jenis Kapasitas Penyimpanan Data

  1. Nah, jika sudah dibuka seperti digambar diatas, pilih partisi mana yang tidak terdeteksi di File Explorer
  2. Lihat gambar dibawah, klik kanan pada partisi yang tidak terbaca
  3. Klik Advance, dan kemudian unhide partition
  4. Jika sudah tinggal Apply dan OK
  5. Restart perangkat apakah sudah kembali normal

memperbaiki partisi harddisk hilang

Ini adalah sedikit cara bagaimana mengatasi partisi yang hilang, dan cara permasalahan diatas tersebut sudah saya alami sendiri. Informasi diatas semoga bisa membantu kalian menangani permasalahan yang terjadi biasanya ketika perangkat sehabis diinstall ulang.