Komputer di era sekarang ini merupakan barang umum, dimana perannya ada dimana-mana dan di semua sektor kehidupan. Artinya semua orang membutuhkan komputer dalam aktifitas mereka atau pekerjaan mereka. Banyak program tercipta di komputer untuk membantu berbagai macam kebutuhan manusia yang beragam, mulai dari hanya sekedar menulis, browsing internet, bermain game, sampai ke hal yang khusus seperti editing video, server web, paramadik, dll.

Dengan berbagai macam aplikasi program tersebut, munculah program-program yang merugikan atau diciptakan untuk maksud merusak. Mencuri data, bahkan ancaman dan berbagaimacam criminal lainnya. Teknologi memang bermata dua, dapat digunakan untuk kebaikan atau manfaat, dapat juga digunakan untuk kejahatan atau kerugian.

Ancaman itu kita kenal dengan sebutan Virus Komputer. Virus komputer lahir bahkan sejak komputer itu sendiri lahir dalam arti dia juga selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi komputer. Dari tahun ke tahun juga semakin berkembang dan berevolusi.

paradigma pengguna antivirus komputer

Banyak program Anti virus yang diciptakan baik untuk membasminya maupun untuk mencegah virus. Akan tetapi selalu anti virus lahir setelah virus sendiri lahir. Artinya anti virus diciptakan butuh menganalisa terlebih dahulu perilaku atau sifat-sifat dari virus yang telah beredar untuk dibuat pola atau biasa disebut definition dalam anti virus yang digunakan untuk mengenali sekaligus memperbaiki file ataupun sistem dampak dari virus tersebut. Walaupun sekarang antivirus sudah dibekali dengan teknologi heuristic artinya dapat mengenali virus tersebut walau belum ada di dalam definition antivirus. Teknologi heuristic mampu membaca setiap pola-pola kerja dari setiap program yang berjalan di sistem dengan mencocokkan dengan sifat-sifat yang umum dilakukan oleh virus. Oleh karena heuristic hanya mampu mendeteksi dari sifat-sifat umum, kalua ada sifat khusus yang baru dari virus yang baru juga maka antivirus tidak bisa menanganinya artinya komputer terkena virus. Maka dari itu penting untuk kita selalu mengupdate definition antivirus agar komputer bisa menangkat ancaman virus-virus yang baru.

Artike Lainnya  Jenis Desktop Environment Linux [linux series: #3]

Dari hal inilah kinerja Antivirus selalu diagung-agungkan, user selalu mencari antivirus paling baik, paling bagus untuk dipasang di komputer mereka. Padalah tidak ada antivirus yang benar-benar anti terhadap virus, karena setiap antivirus punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah dalam hal ini muncul paradigma bahwa “User selalu mencari antivirus terbaik dan menyalahkannya jika terjadi kebobolan virus”

Ini lah topik yang kita angkat. User selalu menyalahkan antivirus jika terjadi kebobolan atau terkena virus. Padahal antivirus itu yang memasang siapa, yang memilih siapa, yang paling penting yang membuat komputer rentan terhadap virus siapa?

Jawabanya ya user sendiri. Antivirus bertugas hanya membantu user untuk mengawasi program-program yang mungkin terindikasi virus, dan membutuhkan update-update definition terbaru. Selebihnya kita yang menguasai komputer. Bahkan kita pernah juga mematikan antivirus dengan sengaja untuk menjalankan suatu program khusus missal crack, keygen, dan semacammnya. Ataupun kita browsing-browsing internetan yang tidak menutup kemungkinan komputer kita bisa terpapar virus dari aktifitas kita.

Ada sebuah solusi ektrim agar komputer kita tidak terkena virus, yaitu jangan pernah memasukkan media data ke komputer semisal flashdisk, cd, harddsik external, jangan pernah internetan, jangan pernah menginstal program yang tidak jelas asal usulnya dan tidak tau fungsinya. Dan yang paling ektrim jangan pernah hidupkan komputer.

Ya, hal-hal yang saya sebutkan merupakan asal muasal kenapa virus terpapar di komputer kita. Karena komputer kita terhubung ke media lain. Tapi apa kita juga akan blok semua media itu. Tentu tidak akan produktif kerja kita karena kita tetap perlu media itu semua. Maka dari itu kita butuh asisten yaitu antivirus untuk mengawasi kerja program-program di komputer kita. Tugas kita adalah Memilih antivirus yang cocok untuk komputer kita, sesuaikan dengan spesifikasi komputer kita mulai dari sistem operasi sampai ke dukungan hardware kita. Untuk itu kita harus tau sistem requirement dari antivirus yang kita pilih. Selalu update antivirus kita sehingga selalu siap menghadapi ancaman virus-virus yang baru. Dan yang terakhir pelajari Teknik-teknik pencegahan , keamanan komputer dan pahami karakteristik virus bekerja. Untuk detailnya nanti kita sambung ke part 2.

Artike Lainnya  Cara install linux ubuntu 15.04 desktop

Bagi user-user yang mempunyai masalah terhadap virus kita dari Excellent Computer siap membantu baik untuk pencegahan maupun telah terkena virus.