Hai sobat. Biasanya sobat semua ada yang akan melakukan instalasi jaringan LAN, baik untuk di kantornya atau di Lab komputernya. Karena kondisi saat ini yang hampir memaksa kita untuk serba digital atau online. Nah.. kali ini mau sharing untuk cara menghitung atau memperkirakan kebutuhan bahan, saat akan melakukan instalasi jaringan LAN, namun kali ini fokus untuk intalasi lab komputer dulu ya.

Artikel ini nanti dibagi menjadi beberapa part rencananya, biar gak bosan baca tentunya, hehehe. Ok lanjut. Sebelum melakukan instalasi jaringan LAN Lab. Komputer, ada baiknya diperhatikan beberapa hal ini dulu ya :

  • Ruangan

Berapa ukuran ruangan yang akan diinstalasi. ini merupakan salah satu hal dasar yang wajib diketahui untuk menentukan langkah selanjutnya.

  • Mebelair (meja)

Berapa ukuran meja yang akan di pasang di ruangan (PxLxT). karena mungkin sobat akan menggunakan meja dan kursi yang sudah ada. atau lebih baik lagi jika menggunaka mebelair yang kustom buat sendiri sesuai dengan tema dari lab komputer itu sendir.

  • Jumlah perangkat /server dan client

Hitung jumlah titik client yang akan di pasang di dalam lab, ini ada kaitannya dengan meja. Biasanya 1 meja akan dipasang untuk berapa klien. Dan jangan lupa juga untuk server, di lab tersebut ada gak server yang akan di pasang, namun umumnya ada. Biasanya dipasaang pada meja guru.

  • Layout meja di dalam ruangan

Yang di maksud layout disini adalah tata letak pemasangan meja nya, mau dipasang dengan bentuk bagaimana. Saat penentuan layout meja ini pertimbangkan juga tata letak dari meja, dimana nanti akan sangat mempengaruhi jalur instalasi kabel jaringan dan listrik. Usahakan nanti tata letak kebel rapi dan aman, sehingga kabel tidak terinjak oleh user (siswa) dan juga tersembunyi, jadi nanti rapi.

  • Tentukan dimana Switch Hub akan di pasang

Setelah tahu berapa jumlah client yang akan di pasang, tentunkan jumlah port switch nya, lalu tentukan lokasi di mana switch akan di pasang. Perkirakan ditaruh agak tengah, ini tujuannya untuk bisa menghemat jumlah meter kabel UTP nya yang nanti akan di pasang.

  • Tentukan dimana MCB akan di pasang

Penentuan ini hampir sama dengan penentuan pemasangan pada switch hub, tambahannya cari tempat / lokasi yg mudah juga dijangkau dan aman.

  • Sumber listrik utama

Ini sangat perlu, karena sebaiknya jalur instalasi listrik diambilkan dari sumber listrik utama sendiri. Bukan memakai sumber listrik yang ada di ruangan (biasanya jalur kabel listrik yg ada di ruangan ukurannya kecil, berisiko jika dipakai untuk jumlah client yang banyak, bisa panas)

Artike Lainnya  Inilah manfaat komputer dalam kegiatan sehari hari

Selanjutnya bahas bahan apa saja yang akan di pasang untuk instalasi jaringan :

  1. Kabel UTP
  2. Konektor RJ45
  3. Switch Hub
  4. Kabel listrik

Kabel listrik untuk client dan untuk ambil dari power utama tolong dibedakan ya sobat, untuk kabel power dari panel utama ke MCB saran menggunakan minimal 3 x 2,5mm sedang kan untuk kabel client minimal 2 x 2,5mm.

  1. Stop kontak
  2. Box MCB / Rumah MCB
  3. MCB
  4. Kabel Duct
  5. Fisher + Baut
  6. Isolasi listrik

Nah jika sudah, tahap selanjutnya kita gambar dulu layout ruangannya ya sobat. Didalam gambar ini mulai didetailkan informasinya, gambar menyangkut informasi yang disampaikan di atas..seperti layout meja, layout jalannya (jalur) kabel, titik switch hub dipasang, titik dimana box mcb dipasang. Selanjutnya nanti kita mulai menghitung kebutuhan setiap bahan yang di gunakan ya. nantitikan artikel selanjutnya, atau jika sobat ingin membuat lab komputer jaringan dengan excellent bisa menghubungi kami di: wa.me/6281230020203